Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, May 19, 2016

Ragam Tanaman Obat Untuk Burung Serak


Tipsburung.com - Banyak sekali tanaman obat yang bisa Anda jumpai di sekitar pekarangan atau lingkungan Anda. Sebab pada umumnya, tanaman obat ini tumbuh secara liar namun ada juga yang memang dengan sengaja ditanam dengan tujuan tertentu.

Tanaman obat dimaksud bukan hanya untuk manusia, namun juga untuk burung. Untuk burung yang mengalami serak, ada beberapa tanaman obat yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Daun saga
Pohon saga (Abrus precatorius) menghasilkan daun yang berukuran sangat kecil dengan biji berwarna merah dengan sedikit warna hitam di atasnya. Daun tanaman ini mengandung banyak nutrisi dan vitamin penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, protein, kalsium oksalat, glisirizin, flisirizinat, polygalacturomic acid dan pentosan. Kandungan lainnya ialah saponin dan flavonoid.

Atas kandungan inilah maka daun saga  ini dapat dijadikan obat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, utamanya sebagai obat antisariawan yang sangat popular. Bahkan tanaman obat ini juga bisa dijadikan obat jantung berdebar, keringat dingin, dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, daun tanaman ini juga bisa mengobati serak pada burung. Karenanya, jika Anda mempunyai burung mengalami serak, segera berikan daun ini. Caranya adalah rebus daun saga yang telah dicuci bersih terlebih dahulu lalu sekitar 10 menit kemudian angkat dan dinginkan. Setelah itu, air rebusan daun saga ini bisa Anda berikan pada burung yang serak sebagai ganti air minumnya.

Saat sore hari, air ini harus diganti sebab dikhawatirkan air sudah dalam kondisi basi. Anda bisa menggantinya dengan air biasa atau air sisa rebusan tadi yang sebelumnya telah dimasukkan ke dalam kulkas. Dan biasanya, jika serak burung bukan karena penyakit yang berat, kurang dari satu minggu suara burung sudah kembali seperti semula.

Daun mengkudu
Mengkudu sudah lama dikenal sebagai tanaman obat namun jarang yang memperharikannya. Padahal jika dimanfaatkan, baik daun maupun buahnya sangat bagus untuk tubuh bahkan bisa menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan.



Tanaman mengkudu ini merupakan jenis pohon cemara tropis di mana buahnya mengandung banyak zat penting seperti asam lemak, lignan, alkaloida, beta-sitosterol, flavonoid, iridoid, dan sejumlah nutrisi lain seperti vitamin A, potassium, dan lain sebagainya. Sedangkan daunnya, mengkudu kaya akan antioksida, enzim, selenium, vitamin A, terpenoid, xeronine, glikosida, dan lain sebagainya.

Karena kandungan di atas, daun mengkudu bisa mengobati beberapa penyakit pada manusia seperti tekanan darah tinggi, kanker, dan perut kembung pada bayi. Daun mengkudu juga berkhasiat sebagai anti inflamasi dan memperlambat proses penuaan.

Untuk burung, daun ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi burung serak. Caranya hampir sama dengan daun saga di atas. Ambil daun mengkudu muda secukupnya, bersihkan dan cuci lalu rebus dengan air. Tunggu sekitar 10 menit lalu angkat dan dinginkan. Selanjutnya berikan pada burung sebagai pengganti air mimumnya.

Pemberian air rebusan daun mengkudu ini dilakukan setiap hari di pagi hari saat burung baru dientas dari jemuran. Sore harinya, air bisa diganti dengan yang baru sebab biasanya sudah basi.

Rimpang kunyit
Kunyit tidak hanya dikenal sebagai rempah-rempah namun juga bisa dijadikan obat. Hal ini disebabkan karena rimpang kunyit ini mengandung banyak senyawa yang sangat baik untuk kesehatan manusai. Beberapa di antarnya ialah kurkuminoid yang di dalamnya mencakup kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin (minyak asiri), dan lain sebagainya.



Atas kandungan di atas, rimpang kunyit mempunyai banyak manfaat obat seperti mencegah kanker, mencegah Alzheimer, mengobati tifus, mencegah anemia, mengurangi resiko diabetes, dan lain sebagainya.

Untuk burung, rimpang kunyit ini juga bisa dijadikan obat antiserak. Caranya adalah ambil satu buah rimpang kunyit berukuran kecil, kupas, lalu parut. Selanjutnya, peras hasil parutan dengan menggunakan air lalu peras hingga menghasilkan cairan yang kental. Air inilah yang nanti diberikan pada burung sebagai pengganti air minum. Pemberiannya bisa dilakukan pada pagi hari setelah burung dientas dari tempat jemur. Sore harinya air kunyit ini dapat diganti dengan yang baru.

Rimpang jahe
Sama seperti kunyit, jahe bukan hanya dikenal dengan fungsinya sebagai rempah namun juga sebagai tanaman obat. Hal ini disebabkan karena tanaman ini banyak mengandung senyawa yang sangat baik untuk kesehatan manusia seperti gingerol, zingiberol, kurkumen, bisabolena, minyak atsiri zingiberena (zingirona), resin pahit, dan filandrena.

Dalam pengobatan tradisional, rimpang jahe ini berkhasiat mengatasi beberapa penyakit seperti hipertensi, penyumbatan pembuluh darah, menetralkan radikal bebas, dan lain sebagainya. Jahe ini pun mampu mengatasi burung serak karena dapat melegakan tenggorokan burung.

Caranya adalah kupas jahe seukuran jempol lalu tumbuk dan seduh dengan segelas air panas. Selanjutnya tunggu sampai dingin lalu berikan pada burung pada pagi hari. Air bisa diganti setiap sore dan pagi hari.

Rimpang kencur
Ini pun termasuk tanaman rempah yang juga bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi keluhan kesehatan manusia. Sebab rimpang tanaman ini mengandung banyak gizi yang sangat penting bagi tubuh seperti vitamin C, vitamin B kompleks, beta karoten, kalsium dan zat aromatik.

Beberapa manfaat rimpang kencur ini antara ialah ialah sebagai anti-jamur, anti-bakteri, antioksidan, an juga bisa menurunkan lemak dalam tubuh. Di samping itu, rimpang kencur juga bisa mengobati penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Untuk burung serak, kencur juga bisa Anda manfaatkan karena bisa mengatasi gangguan pada tenggorokan burung.

Adapun cara penyajian dan aturan pemakaiannya sama persis dengan jahe di atas. Ambil kencur seukuran jempol, kupas hingga bersih. Selanjutnya, keprok atau tumbuk lalu seduh dengan segelas air panas. Dinginkan, lalu berikan pada burung. Air bisa diganti setiap pagi dan sore.

Demikian sejumlah tanaman obat yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi gangguan serak pada burung berkicau. Karenanya, sebelum Anda memberikan obat-obatan bebas pada burung, lebih baik Anda memanfaatkan tanaman ini terlebih dahului. Sebab selain murah, pengobatan dengan menggunakan tanaman obat ini tanpa efek samping.

Ragam Tanaman Obat Untuk Burung Serak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment