Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, May 10, 2016

Setelan Tanpa EF, Proses Burung Mabung Bisa Selesai Lebih Cepat

Burung mabung tanpa EF bisa selesai lebih cepat

Tipsburung.com - Pernahkah Anda mendengar bahwa burung mabung harus mendapatkan asupan yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Sebab pada masa mabung ini, burung mengalami peremajaan fisik dan psikis yang tentunya perkembangannya sangat ditentukan oleh asupannya. Untuk itu, banyak orang yang menganjurkan bahwa sebaiknya burung mabung harus diberikan jangkrik dan kroto dengan takaran lebih tinggi daripada setelan sebelum mabung.

Anggapan di atas tidaklah salah dan juga masuk akal. Sebab pada dasarnya, burung mabung ibarat burung yanh sedang berada dalam kondisi sakit yang tentunya tidak hanya membutuhkan perhatian lebih namun juga asupan vitamin dan gizi yang tinggi untuk mendukung proses pertumbuhannya selama mabung.  Namun dengan mencoba tidak memberika EF sama sekali ketika mabung juga bukan hal yang salah. Sebab, burung bisa semakin cepat merontokkan bulu-bulunya.

Banyak pembuktian
Sudah banyak pemain Murai Batu, pemain Kacer, dan pemain Cendet yang membuktikan resep ini. Dengan setelan tanpa EF selama proses mabung yang dimulai dari jatuhnya bulu pertama, membuat proses mabung menjadi sangat cepat, bahkan jauh lebih cepat dari biasanya. Hal ini disebabkan karena burung yang tanpa EF berada dalam fase ngedrops ehingga lebih cepat menjatuhkan bulu-bulunya. Kondisi bulu burung juga menjadi kering dan tidak sekuat sebelumnya akibat tidak adanya vitamin yang dikonsumsi burung. Kondisi ini membuat pori-pori burung menjadi lebih lebar dari ukuran bulu sehingga bulu burung pun mudah jatuh.

Belum banyak orang yang menggunakan metode ini, entah karena mereka tidak tahu atau karena hal lain. Bagi Anda yang baru memelihara burung, tentu saja metode ini sangat aneh. Namun untuk Anda yang seorang pemain atau paling tidak sudah belajar lebih serius mainan burung, tentu saja ini sudah menjadi rahasia umum. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mencobanya.


 burung mabung tanpa EF terlihat dari kotorannya yang berupa voer semua

Bagaimana caranya?
Selama proses mabung, sebaiknya Anda tidak memberikan jenis EF apapun, sekalipun hanya seekor EF seperti jangkrik. Selain itu, pilih voer dengan kandungan protein yang sangat rendah, kira-kira 14%. Sebab protein yang tinggi selain bisa membuat bulu burung menjadi kencang kembali, juga bisa menaikkan birahi burung. Hal ini bisa menghambat proses mabung dan bahkan bisa macet alias gagal mabung.

Pada Cendet, burung yang tanpa EF biasanya akan menjadi miyik dan tidak enak didengar. Sedangkan pada Murai Batu atau Kacer yang jinak, eskpresi manja juga seringkali ditunjukkan. Namun Anda jangan tergoda apalagi sampai prihatin dan memberikan EF. Biarkan saja burung menjadi seperti itu, yang penting Anda jaga kebersihan kandang dan voer. Kandang burung yang mabung sebaiknya tidak perlu dibersihkan setiap hari karena kotorannya bisa menguap dan ini bisa membantu mempercepat proses mabung. Namun paling tidak tiga hari sekali kotoran harus dibuang. Bahkan untuk voer dan air minum, sebaiknya diganti setiap hari, khususnya pada pagi hari.

Kapan pemberian EF dimulai?
Setelah bulu besar jatuh semua, seperti ekor dan sayap, Anda baru boleh memberikan jangkrik secara bertahap. Setelah itu, berikan pula EF lainnya seperti kroto atau ulat, namun sebaiknya porsi ulat tidak boleh terlalu banyak apalagi sering sebab bisa mengacaukan proses mabung burung. Karenanya, lebih baik Anda memberikan kroto saja karena ini lebih aman dan lebih banyak kandungan nutrisinya.

Intinya, saat burung mengalami proses mabung, sebaiknya EF langsung distop hingga semua bulu rontok. Pemberian EF baru dilanjutkan ketika bulu burung sudah mulai tumbuh. Hal ini bertujuan untuk memnuhi kebutuhan nutrisi burung dan membantu mempercepat proses pertumbuhan bulu burung.

Cara di atas sebenarnya tidak memberikan jaminan keberhasilan yang tinggi. Sebab, semua ini masih sangat bergantung pada cara perawatan Anda dan karakter serta riwayat mabung burung. Jika perawatan yang Anda berikan sangat baik dan karakter burung juga tidak rumit dan bahkan tidak pernah mengalami trobel bulu misalnya nyabut bulu ataut macet mabung, besar kemungkinan tips ini sangat manjur. Namun sebaliknya, jika burung termasuk ke dalam kategori burung abnormal, Anda tetap bisa mencoba tips ini dan optimis saja semoga berhasil.

Setelan Tanpa EF, Proses Burung Mabung Bisa Selesai Lebih Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment