Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, May 9, 2016

Teknik Memaster Love Bird Supaya Ngekek Panjang

Tipsburung.com - Burung apapun jika ingin menjadi bagus, harus dilakukan pemasteran. Sebab burung tidak akan bisa mempunyai lagu yang unik dan bagus jika ia tidak mendapatkan perawatan khusus dari sang empunya. Dan jika misalnya Anda menemukan burung tanpa dimaster namun ternyata bagus, tentu saja itu kasuistik. Bahkan saya pribadi meyakini bahwa burung ini tanap disadari oleh pemiliknya pernah mendengar suara-suara bagus meskipun hanya beberapa kali.


Khusus Love Bird, persoalan ini juga berlaku. Ada Love Bird yang bisa mempunyai bunyi dan ngekek yang sangat panjang padahal burung tersebut tidak pernah dimaster. Tanpa disadari, Love Bird tersebut pernah mendengar suara Love Bird yang ngekek panjang, entah dari indukannya maupun burung Love Bird lain. Ini menunjukkan bahwa pemasteran, sekalipun pada burung Love Bird, sangat penting.

Pada umur berapa Love Bird harus dimaster?
Burung Love Bird sebaiknya sudah dimaster sejak kecil. Bahkan jika Anda melolohnya sendiri, Anda bisa mengajarinya sejak ia sudah bisa nangkring hingga berumur beberapa bulan. Namun jika Anda memilih melolohkan pada indukannya atau membeli anakan dari orang lain, pemasteran bisa dimulai sejak Anda memiliki burung Love Bird tersebut. Dan idealnya, burung tersebut tidak lebih dari umur 3 bulan sebab kecerdasan burung Love Bird hanya pada waktu ia masih kecil.

Itulah alasannya mengapa banyak orang mengatakan bahwa memaster burung Love Bird harus dimulai sejak umur 3 bulan, bahkan kalau bisa harus kurang. Sebab pada umur tersebutlah anakan Love Bird ini baru keluar dari gelodok. Di samping itu, burung Love Bird pada usia itu adalah masa emas yang memberikan kesempatan pada Anda untuk memberikan masteran sesui yang Anda inginkan.

Apa saja suara masteran yang harus diberikan?
Pertama-tema tentu harus suara Love Bird asli yang ngekeknya panjang. Hal ini disebabkan karena pada saat lomba, burung Love Bird tidak dituntut untuk bisa menirukan suara burung lain namun penilaian juri lebih menitikberatkan pada durasi kekek dan durasi kerja. Karenanya, memberikan masteran suara burung Love Bird asli adalah sebuah keharusan dan paling utama karena ini merupakan lagu dasar bagi seekor Love Bird muda untuk bisa berprestasi.

Suara apa lagi yang cocok untuk masteran Love Bird?
Anda bisa mencari bebeapa suara burung lain yang mempunyai kedekatan dari sisi karakter dengan suara Love Bird. Anda bisa memasukkan suara belalang kecek, Cililin, Tengkek Buto, dan lain sebagainya. Suara-suara tersebut dibawakan dengan cara nembak, satu karakter dengan suara Love Bird yang nembak model ngekek.

Kapan waktu yang tepat untuk memaster Love Bird?
Memaster Love Bird tidak boleh dilakukan nonstop 24 jam karena ini bisa membuat burung merasa tidak nyaman dan akhirnya terganggu. Akibatnya, burung akan cenderung tidak akan menirukannya sehingga pemasteran yang Anda lakukan akan menjadi sia-sia. Adapun waktu yang paling baik melakukan pemasteran ialah sehabis dimandikan pada pagi hari atau setelah dijemur pada siang hari. Selain itu, Anda bisa menambah pemasteran pada sore hari menjelang malam. Masing-masing durasi pemasteran tidak lebih dari 3 jam.

Apakah efektif pemasteran menggunakan Mp3?
Tidak menjadi masalah sebab sepanjang suara Love Bird masteran yang Anda pakai bersih dan sangat mirip dengan suara Love Bird asli, itu sangat bagus. Namun pastikan, format Mp3 Anda tidak boleh monoton. Karenanya, editlah terlebih dahulu menggunakan software untuk memberikan jeda untuk beberapa menit. Jeda di sini bertujuan menghindari dan meminimalisir terjadinya gangguan pada burung Love Bird muda.

Selama pemasteran apakah Love Bird muda harus dikerodong?
Tergantung. Jika Anda memaster Love Bird muda ini pada saat jam istirahat seperti jam-jam siang, sebaiknya burung dikerodong. Biarkan Love Bird muda menyimak suara Love Bird sambil istirahat sebab ini memberikan hasil yang lebih baik karena burung bisa menyimak masteran lebih seksama.

Lalu bagaimana perawatannya?
Untuk perawatan Love Bird muda muda yang sedang menjalani tahapan pemasteran, sebaiknya dirawat seperti biasa. Penjemuran, mandi, pemberikan EF, dan rawatan lainnya terus dilanjutkan sebab tidak ada hal yang harus dirubah. Jika Anda menjemurnya setiap hari hanya 2 jam dan mandi setiap hari, hal ini tetap harus dilanjutkan. Begitu juga dengan pemberian jagung muda, kankung, dan jenis EF lainnya harus diberikan secara konsiten dan variatif sebab burung Love Bird muda sangat membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhannya.

Demikian cara memaster burung Love Bird supaya bisa mempunyai suara ngekek yang panjang. Pemasteran di sini mempunyai peran yang sangat penting dan karenanya harus dilakukan jika Anda ingin mendapatkan burung Love Bird yang mempunyai kekek panjang sebagaimana Anda inginkan. Dan dengan metode pemasteran yang baik, diharapkan Anda bisa berhasil dan mendapatkan hasil yang maksimal supaya burung Love Bird Anda mempunyai materi yang tidak kalah dengan Love Bird yang harganya jutaan.


Teknik Memaster Love Bird Supaya Ngekek Panjang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

intisuryapanel.web.id said...

terimakasih untuk tipsnya mudah2n lovebird muda saya bisa ekek panjang, soalnya saya sering masterinya saat dia tidur sampai pagi apakah boleh seperti terimakasih salam by solar panel jakarta

Post a Comment