Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, May 10, 2016

Teknik Paling Aman Pemasteran Kenari Agar Tidak Mblender

Tipsburung.com - Saat ini memang sudah jarang even lomba yang mengadakan kelas kenari sebagai kelas isian karena hanya fokus pada bunyi standarnya. Namun jika Anda mempunyai kenari isian, tentu saja sangat senang karena memberikan nuansa yang sama sekali berbeda dengan memelihara kenari biasa. Dengan kenari isian, Anda akan mendengarkan suara kenari yang penuh cengkok dan lagu yang berbeda, sesuai dengan suara masteran yang Anda berikan.

 

Dulu, suara ciblek dan prenjak adalah dua masteran yang sangat diminati oleh kenari mania. Hal ini memang sangat beralasan karena jika kenari membawakan kedua materi ini akan terdengar sangat indah di telinga. Belum lagi jika kedua materi ini dibawakan dengan full, tentu saja Anda akan seperti memelihara tiga burung sekaligus, ada ciblek, ada prenjak, dan ada kenari yang biasanya angkatannya tetap keluar.

Dalam perkembangannya, kenari dengan isian kedau burung ini mulai ditinggalkan, padahal kalau mau jujur kenari dengan kedua materi ini sangat yahud. Orang-orang kemudian beralih pada materi burung impor, Blackthroat (Serinus Atrogularis). Kenari dengan isian Blackthroat ini dianggap paling istimewa untuk saat ini karena mempunyai cengkok dan intonasi yang lebih bagus daripada ciblek dan prenjak.

Memaster Kenari tentu saja berbeda dengan memaster burung kicauan lainnya sebab kenari ini mempunyai sisi kerumitan dan keunikan tersendiri. Berikut penjelasannya.

Masteri kenari sedini mungkin
Untuk menjadi burung kenair yang full isian, sebaiknya kenari dimasteri sedini mungkin. Pada umumnya anakan burung disapih dan belajar makan sendiri sekitar umur 25 harian namun jika Anda ingin memasternya, sebaiknya umur 20-23 hari sudah disapih. Setelah itu, Anda bisa membantu melolohnya sendiri sebagai pengganti indukannya.

Untuk menjaga keorisinilan materi kenari kelak, ada sebagian orang menyapihnya pada saat anakan kenari umur 15 hari. Hal ini sangat masuk akal, sebab jika kenari anakan ini berlama-lama hidup dengan indukannya, secara otomatis anakan kenari ini akan selalu mendengar suara indukannya yang secara otomatis termaster suara aslinya. Nah inilah yang kadang berisiko dan membuat anakan kenari kelak menjadi mblender, atau tidak full materi alias ada materi aslinya.

Tempelkan dengan burung master
Jika Anda sudah mendapatkan kenari anakan dan Anda juga sudah mengondisikannya, tempel kenari tersebut dengan burung master, sesuai yang Anda inginkan. Misalnya Anda ingin materi ciblek saja, prenjak saja, atau full Blackthroat, maka tempellah kenari anakan tersebut dengan salah satu burung tersebut. Namun jika Anda ingin variatif, Anda bisa menggunakan dua burung sekaligus. Tetapi biasanya, orang-orang menggunakan suara ciblek saja atau ciblek dengan prenjak. Untuk materi Blackthroat, orang-orang biasanya tidak mencampurnya dengan materi lain.

Selain ketiga materi di atas, Anda juga bisa memilih materi lain sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda bisa menempel Kenari anakan ini dengan burung Love Bird gacor dan ngekek panjang supaya bisa menirukannya. Kenari isian Love Bird ini sangat unik jika nanti Anda dengarkan dan jika dijual harganya bisa mendekati kenari isian full Blackthroat.

Asingkan dari kenari standar
Entah dari kenari jantan atau betina, kenari anakan ini harus segera dijauhkan supaya tidak bisa mendengar suara kenari standar. Hal ini sangat berisiko membuat kenari anakan menjadi mbelender karena kenari akanan ini mempunyai tingkat kepekaan yang luar biasa untuk menirukan suara kenari standar. Maklum, suara ini adalah suara asli kenari sehingga sangat mudah direkam dan ditirukan.

Untuk mengantisipasi kenari anakan ini supaya tidak mendengar suara kenari standar, pastikan di lingkungan sekitar Anda tidak ada yang memelihara kenari standar. Selain itu, saat menjermur pun, Anda perlu menjaganya dengan sangat ketat, sebab dikhawatirkan ada kenari ucul atau lepas yang berkeliaran lalu berbunyi dan didengar oleh kenari anakan Anda. Ini bisa menghancurkan perjuangan pemasteran yang Anda lakukan selama ini.

Ruangan pun kalau bisa pakailah ruangan sendiri untuk mengondisikan kenari anakan ini supaya tidak mendengar suara kenari asli yang standar sekalipun hanya sayup-sayup dari jarak jauh. Sebab dikhawatirkan tetangga Anda tiba-tiba ada yang memelihara kenari standar tanpa Anda ketahui. Atau mungkin ada kerabat atau teman yang mampir dan membawa kenari standar. Semua ini bisa merepotkan Anda jika Anda tidak mempunyai suangan khusus untuk ruang pemasteran kenari.

Jangan diajak jalan-jalan jika belum berumur 10 bulan
Sampai kapan kenari anakan ini dikeluarkan? Setidaknya kenari bermateri atau isian ini tidak dikeluarkan sampai usia burung 7 bulan. Namun untuk lebih berhati-hati, sebaiknya jangka waktunya ditambah 3 bulan, menjadi 10 bulan. Sebab sebenarnya pada usia tersebut kenari anakan masih berisiko mblender jika bertemu dan mendengar suara kenari mblender apalagi kenari standar. Bahkan untuk kenari isian Blackthroat, harus dikasih jangka waktu yang lebih lama lagi hingga satu tahun. Hal ini disebabkan karena kenari dengan materi Blackthroat sangat rentan mengalami blender. Hal ini mungkin dikarenakan materi Blackthroat sangat susah dibunyikan oleh kenari.

Demikian cara pemasteran kenari supaya full materi dan tidak mblender. Dengan melakukan teknik ini, Anda mempunyai keberhasilan yang tinggi untuk membuat kenari Anda full materi. Selamat mencoba!!!

Teknik Paling Aman Pemasteran Kenari Agar Tidak Mblender Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment