Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, June 3, 2016

Rawatan Burung Kolibri Kelapa Hasil Tangkapan Agar Tidak Mati


Tipsburung.com - Burung Kolibri Kelapa atau yang juga popular dengan sebutan kolibri manggar merupakan jenis burung kolibri yang mempunyai postur lebih besar daripada jenis kolibri lainnya. Jika pada burung kolibri pada umumnya hanya berukuran telunjuk manusia dewasa, namun kolibri kepala ini mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar hingga tiga kali lipat. Bahkan ukuran paruhnya pun selain lebih panjang, juga lebih besar.

Kolibri kepala ini mempunyai kicauan yang sangat indah sehingga sangat disukai. Tidak hanya sebagai burung klangenan, kolibri manggar atau kolibri kelapa juga banyak dipelihara sebagai burung master. Karenanya, tidaklah heran jika burung ini sangat banyak yang memelihara.

Kolibri kelapa yang ada di pasaran kebanyakan adalah hasil dari tangkapan hutan sebab sangat sulit sekali untuk mendapatkan anakannya. Untuk itu, dibutuhkan rawatan khusus untuk menangani burung kolibri kelapa tangkapan hurtan ini sebab sangat rawan mati. Hal ini disebabkan burung ini masih mengalami stres berat dan belum beradaptasi dengan manusia.

Jika Anda pemikat atau bakul yang biasa mendapatkan setoran burung Kolibri Kelapa, ada beberapa cara atau tips yang dapat Anda lakukan supaya burung Kolibri Kelapa ini bisa hidup. Jika tidak, banyak dari burung Kolibri Kelapa Anda akan mati. Beberapa perawatan dimaksud ialah sebagai berikut.

Taruh dalam sangkar
Burung Kolibri Kelapa jangan langsung ditaruh dalam sangkar ombyokan sebab ini bisa menambah level stres burung Kolibri Kelapa, apalagi jika burung yang ada di sangkar tersebut banyak sekali. Karenanya, untuk menghindari stres berlebihan, sebaiknya burung Kolibri Kelapa yang baru ditangkap ditaruh dalam sangkar sendirian. Usahakan sangkar tidak terlalu besar, cukup sedengan saja. Hal ini disebabkan karena sangkar yang terlalu besar berisiko menyebabkan burung Kolibri Kelapa bertambah stres karena burung akan lebih banyak gerak akibat ketakutan.

Taruh di tempat sepi
Setelah ditaruh dalam sangkar, sebaiknya burung Kolibri Kelapa ditaruh di tempat sepi. Hal ini dilakukan untuk menghindari supaya burung tidak bertambah stres melihat keramaian. Untuk itu, Anda bisa menempatkan burung Kolibri Kelapa ini di samping rumah atau dibawah rindang pohon, atau bahkan di dalam kamar.

Berikan air gula
Air gula pasir adalah makanan pokok burung ini karena di habitatnya burung Kolibri Kelapa adalah pemakan nektar. Dan sebagai ganti nektar, Anda bisa memberikan air gula ini pada Kolibri Kelapa. Namun pastikan, di samping Anda memberikan air gula, Anda juga memberikan air putih sebagai air minum burung Kolibri Kelapa.

Berikan pisang
Burung Kolibri Kelapa ini adalah burung yang sangat menyukai makanan yang manis-manis. Untuk itu, berikan pisang pada kepok atau pisang yang biasa diberikan pada burung pemakan buah. Namun yang perlu Anda perhatikan, pisang yang Anda berikan harus benar-benar matang supaya burung Kolibri Kelapa bisa lebih leluasa makan pisang tersebut.

Jangan mandikan terlebih dahulu
Burung Kolibri Kelapa yang baru ditangkap sebaiknya tidak dimandikan. Namun jika kondisi burung dalam kondisi stres berat, jika ada matahari, mandi harus dilakukan. Mandi ini berfungsi untuk mengurangi stres dan menyehatkan badan.

Jemur secukupnya saja
Untuk jemur, Anda bisa melakukannya di pagi hari namun tidak harus dilakukan setiap hari. Karenanya, lakukan penjemuran seperlunya saja karena bagaimana pun, sebagaimana burung pada umumnya, burung Kolibri Kelapa sangat membutuhkan sinar matahari.

Rawatan Burung Kolibri Kelapa Hasil Tangkapan Agar Tidak Mati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment