Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, July 25, 2016

Cara Memelihara Burung Parkit Agar Gacor dan Bisa Menjadi Masteran Burung Berkicau

Tipsburung.com - Ada banyak orang yang masih lebih memilih menggunakan burung asli sebagai masteran burung kesayangannya daripada menggunakan masteran elektronik seperti HP dan MP3. Hal ini memang sebuah pilihan bagi mereka, utamanya mereka yang sudah lama bergelut dengan dunia burung dan kontes. Sebab, suara masteran yang keluar dari burung asli memang mempunyai sensasi dan model yang sama sekali berbeda dengan hasil masteran menggunakan elektronik.


Di antara burung master yang paling banyak dicari oleh kicaumania, salah satunya ialah burung Parkit. Suaranya yang kasar dan nyecret panjang dan diulang-ulang, membuat burung apapun yang bisa menirukannya akan mempunyai kicauan yang istimewa. Sebut saja misalnya Murai Batu, Cendet/Pentet, Cucak Ijo, kacer, dan semacamnya. Burung-burung tersebut akan semakin garang di lapangan ketika membawakan suara burung Parkit ini.

Harga burung Parkit memang murah namun ketika masuk suaranya ke burung kicauan, nilainya jauh melampaui harga burung Parkit saat ini. Karenanya, burung berparuh bvengkok ini tetap mempunyai penggemarnya sendiri meskipun harganya sangat murah-meriah.

Memelihara burung Partkit supaya gacor setiap hari dan bisa dijadikan masteran tidaklah susah sebab biasanya burung ini akan berbunyi sendiri meskipun tidak mendapatkan perawatan yang baik. Namun dalam beberapa kasus, burng Parkit hanya nyecret-nyecret pendek saja sehingga diperlukan metode khusus supaya bisa gacor sepanjang hari.

Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan beberapa metode memelihara burung Parkit ini supaya bisa gacor sehingga sangat bagus untuk dijadikan masteran.

Berikan biji-bijian
Biji-bijian meruapakan pakan utama burung Parkit di habitatnya. Jika Anda tidfak ingin repot, sebaiknya Anda hanya memberikan milet putih saja. Namun jika Anda ingin mencampurnya dengan biji-bijian lainnya seperti Kenari Seed, tidak menjadi masalah. Tetapi biasanya, milet putih saja sudah cukup untuk burung ini.

Berikan jagung dan kankung 3 hari sekali
Jagung dan kangkung harus Anda berikan, setidaknya 3 hari sekali, karena ini merupakan EF untuk burung Parkit. Jika burung kurang gacor, Anda bisa memberikan EF ini setiap hari secara bergantian. Tujuannya adalah untuk memacu birahi burung Parkit supaya bisa naik hingga ke level yang paling ideal. Namun begitu, jika tidak terbiasa, ada banyak burung Parkit yang tidak mau terhadap kankung. Karenanya, jika parkit Anda tidak mau, berikan jagung saja.

Berikan air garam seminggu sekali
Air garam terbukti sangat ampuh dalam membuat burung parkit ini menjadi gacor seharian. Karenanya, Anda disarankan untuk memberikan air garam ini seminggu sekali sebagai air minumnya. Adapun takaran garamnya hanya cukup seujung sendok teh saja untuk cepuk ukuran sedang sebab jika terlalu asin, Parkit juga enggan untuk meminumnya. Karenanya, jangan berlebihan dalam memberikan takaran garam ini.

Berikan asinan dalam sangkar
Sebagaimana burung pada umumnya, parkit pun membutuhkan asinan. Asinan ini mempunyai banyak fungsi, beberapa di antaranya menguatkan tulang dan membuatnya semakin gacor. Asinan dimaksud di sini adalah tulang Sotong, tulang hewan laut mirip cumi-cumi. Tulang Sotong ini ditaruh dalam sangkar dan biarkan burung Parkit ini memakannya sewaktu-waktu.

Mandi dan Penjemuran
Mandi dan penjemuran untuk burung Parkit tidak terlalu rumit karena tidak menuntut dilakukan setiap hari. Namun paling tidak, dua hari sekali burung Parkit Anda harus dijemur dan seminggu sekali harus dimandikan. Sebab, kedua perawatan ini akan membuat burung Parkit akan merasa lebih nyaman sehingga akan lebih gacor setiap hari.

Peliharalah dua ekor
Kadang kala seerkor Parkit akan enggan berbunyi jika ia hanya dipelihara sendirian saja. Namun tidak sedikit juga yang bisa rajin meskipun sendirian. Karenanya, untuk parkit yang dipeliharan sendirian dan malas berbunyi, sebaiknya carikan teman. Anda boleh memelihara sepasang (jantan dan betina) namun bisa juga satu jenis kelamin (jantan semua atau betina semua). Yang demikian ini bisa membuat Parkit saling rangsang sehingga selalu terpacu dan berbunyi setiap hari.

Ditempatkan dalam satu sangkar
Ada kalanya burung Parkit akan  sangat gacor bila disatukan dalam satu sangkar. Sebab parkit-parkit ini akan selalu berantem dalam sangkar yang membuatnya selalu mengeluarkan suaranya yang panjang-panjang. Hampir setiap menit burung ini akan saling ganggu sehingga akan lebih sering saling berbunyi. Jika parkit ini sejenis, perkelahian-perkelahian kecil sering terjadi. Sebaliknya, jika sepasang, bukan hanya pertengkaran yang sering terjadi namun juga ngajak kawin dan saling loloh (cumbu).

Ditempatkan dalam sangkar berbeda
Ada pula tipe parkit yang tidak suka ditempatkan dalam satu sangkar bersama parkit lainnya. Parkit biasanya akan banyak diam satu sama lain. Ini menandakan bahwa parkit ini harus ditempatkan dalam sangkar terpisah. Selanjutnya, tempatkan sangkar satu dengan lainnya untuk selalu berdampingan atau setidaknya saling lihat. Ini akan memicu burung Parkit ini untuk saling sahut satu sama lain sehingga lebih gacor.

Cara Memelihara Burung Parkit Agar Gacor dan Bisa Menjadi Masteran Burung Berkicau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment