Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, July 26, 2016

Cara Mudah Melatih Burung Serindit Makan Milet Putih

Tipsburung.com - Sebagaimana diketahui, burung Serindit / Srindit adalah burung berparuh bengkok sebagaimana Love Bird dan Parkit. Namun begitu, pakan atau makanan burung ini di habitanya berbeda dengan kebanyakan burung paruh bengkok lainnya. Jika Love Bird dan Parkit adalah burung pemakan biji-bijian, Serindit adalah burung pemakan buah yang manis-manis, seperti pisang, rambutan, dan bahkan kadang juga nektar.

Meski bukan pemakan biji-bijian, Burung Serindit bukan tidak mungkin bisa makan milet putih. Bahkan para penghobi Burung Serindit ini banyak yang memang memberikan pakan milet putih untuk Burung Serindit, tentunya di samping buah seperti pisang. Hal ini disamping meminimalisir jorok dan baunya kotoran  Burung Serindit ini, juga membantu membuat burung ini lebih rajin berbunyi.

Melatih Burung Serindit makan milet putih ini sebenarnya tidaklah susah namun diperlukan ketelatenan yang ekstra sebab kadang kala membutuhkan proses yang agak lama. Caranya adalah burung dibuat lapar terlebih dahulu sebelum Anda memberikan pakan. Adapun waktu yang sangat pas adalah setelah burung dijemur. Namun begitu, pastikan saat Anda menjemur Burung Serindit ini, Anda mencabut semua pakan dan cepuk dalam sangkar, kecuali air minum. Tujuannya ialah supaya Burung Serindit Anda dalam kondisi lapar yang sangat.

Setelah diangkat dari jemuran, Burung Serindit angin-anginkan terlebih dahulu. Selanjutnya, ambil pisang kepiok yang telah matang lalu lumuri dengan milet putih. Setelah itu, Anda bisa memasukkannya ke dalam sangkar untuk dimakan oleh Burung Serindit.

Pada hari pertama, kemungkinan besar Burung Serindit belum mau makan milet putih yang Anda berikan ini. Begitu juga pada hari kedua, Burung Serindit masih enggan untuk menyentuhnya. Burung hanya memakan buah pisang saja, sementara miletnya dibuang dan dijatuhkan. Namun dengan seiring dengan berkembangnya waktu, lambat laun dan pasti, Burung Serindit akhirnya akan memakan milet putih tersebut. Dan biasanya waktu minimal adalah 5 hari sedangkan waktu maksimal tidak terbatas tetapi durasinya biasanya sesuai ketelatenan Anda.

Ketika Burung Serindit ini sudah mau memakan milet putih yang melekat atau menempel pada pisang, langkah selanjutnya adalah membertikan milet putih ini dalam cepuk sendiri. Hal ini bertujuan supaya burung Serindit lebih mudah untuk memakan milet dan Anda pun lebih efektif dalam memberikan pakan ini.

Meskipun Burung Serindit ini memakan milet putih, namun tidak selahap burung Love Bird dan Pakit. Karenanya, jika Anda hendak memberikannya, berikan saja menggunakan cepuk kecil. Milet sebanyak ini pun biasanya habisnya agak lama karena Burung Serindit tetap akan lebih banyak memakan buah daripada milet. Paling tidak, Burung Serindit membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu untuk menghabiskan milet putih sebanyak itu.

Demikian metode yang selama ini umumnya para penghobi Burung Serindit pakai dalam melatih Serindit kesayangannya makan milet. Dengan metode ini, diharapkan Burung Serindit Anda lebih cepat memakan milet putih, bahkan lebih cepat dari yang Anda pikirkan. Dan jangan sampai Anda mudah menyerah jika Burung Serindit Anda tidak kunjung memakan milet putih ini sebab semuanya butuh proses.

Cara Mudah Melatih Burung Serindit Makan Milet Putih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment