Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, July 24, 2016

Makanan yang Harus Diberikan pada Burung Kolibri yang Baru Ditangkap

Tipsburung.com - Kolibri adalah burung kecil yang mempunyai lagu yang sangat indah. Suaranya yang rapat dan kecil-kasar, membuat suara burung mungil ini sangat penting untuk burung-burung lomba, utamanya burung Murai Batu dan Kacer. Sebab selain sebagai burung master, keberadaan burung ini juga bisa mengajari burung yang ada di dekatnya supaya bisa membawakan lagu dengan rapat dan menata lagu dengan baik sebagaimana kemampuan yang dimiliki oleh burung Kolibri ini.

Meskipun burung Kolibri liar saat ini sulit dijumpai, Jawa Barat dan Jawa Tengah, khususnya Kebumen, masih menjadi wilayah penyuplai burung Kolibri paling banyak sejauh ini. Nah, jika Anda jalan-jalan ke kios burung atau pasar burung dan Anda mendapati burung Kolibri ini, sudah bisa dipastikan 95% burung Kolibri itu didatangkan dari kedua wilayah tersebut. Tidak hanya yang sudah metalik, burung Kolibri trotol dan bahkan anakan semuanya didatangkan dari sana.



Kolibri yang ada di pasaran tentu saja sudah mendapatkan perawatan ekstra, baik dari pemikat, pengepul atau bahkan pedagang sehingga bisa bertahan hidup sampai saat itu. Bahkan kadang kala sebagian burung Kolibri ini sudah bisa makan susu, kroto, bahkan voer. Karenanya, Anda tinggal meneruskan rawatan saja.

Lalu apa yang harus Anda berikan jika kebetulan Anda mendapatkan burung Kolibri liar sementara Anda belum berpengalaman dengan burung mungil ini? Yang pasti Anda harus segera memberikan beberapa pakan di bawah ini supaya burung Kolibri Anda ini bisa bertahan hidup, sehat, dan tidak stres.

Air gula pasir
Sudah pasti, sesaat setelah Anda mendapatkan burung Kolibri liar ini, Anda langsung memberikannya air gula pasir. Lakukan ini sesegera mungkin sebab burung Kolibria adalah burung yang banyak minum. Hampir tiap menit burung ini akan meminum atau memakan air gula ini karena hanya itu makanan utama burung Kolibri sebagai pengganti nektar.

Pentingnya memberikan air gula pasir pada burung Kolibri ialah karena air ini mempunyai rasa yang hampir mirip dengan nektar. Karenanya, jika burung Kolibri merasa lapar, ia bisa langsung mengenalinya dan akhirnya langsung meminum dan memakannya. Hal ini bisa membuat burung menjadi kenyang kembali sebelum pada akhirnya beberapa saat kemudian dikeluar kembali dalam bentuk kotoran.

Air putih
Selain air gula, Anda harus memberikan air putih. Hal ini berfungsi sebagai air minum untuk burung Kolibri ini. Tidak perlu diajari bagaimana cara meminum air putih dalam cepuk, sebab burung mempunyai naluri yang cukup kuat dalam memenuhi semua kebutuhan hidupnya. Lagi pula air putih bukanlah hal yang asing bagi burung Kolibri dan karenanya burung tidak akan mendapatkan kesulitan apapun.

Burung Kolibri pun bisa membedakan mana air gula dan yang mana air putih. Air gula adalah makanan utama sehingga akan lebih sering diminum. Sementara air putih adalah air penawar sehingga akan lebih jarang diminum. Air putih ini biasanya akan lebih sering diminum setelah burung Kolibri ini minum air gula.

Berikan susu kental
Pada hari kedua atau ketiga, Anda bisa langsung memberikan susu pada burung Kolibri Anda. Susu ini akan menggemukkan burung karena susu tidak hanya berupa minuman manis sebagaimana air gula namun juga kental dan lebih banyak mengandung gizi yang menyehatkan burung. Karenanya, susu ini juga sangat penting diberikan pada burung Kolibri yang baru ditangkap.

Adapun cara mengajari burung Kolibri makan susu ialah Anda bisa langsung mengganti air gula dengan air susu yang sudah Anda buat sebelumnya. Dan selama Anda memberikan air susu ini, Anda tidak boleh memberikan air gula dalam bentuk apapun. Berikan air susu ini hingga seharian penuh dan biarkan sampai habis. Besoknya, Anda bisa langsung memberikan susu kental sebagai pangganti air susu yang Anda berikan kemarin.

Teknik di atas sangat jitu dalam mengajari burung Kolibri makan atau minum susu. Karenanya, Anda tidak perlu repot dan sampai menunggu waktu lama untuk membuat burung Kolibri Anda makan susu.

Itulah beberapa pakan yang bisa Anda berikan pada burung Kolibri tangkapan Anda. Semoga bermanfaat…!!!

Makanan yang Harus Diberikan pada Burung Kolibri yang Baru Ditangkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment