Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, July 28, 2016

Menegal Beberapa Tanda Kacer Kurang Birahi

Tipsburung.com - Kacer adalah burung yang penuh dengan berbagai misteri. Karenanya, banyak orang yang kurang beruntung dalam memelihara burung berwarna hitam putih ini, utamanya bagi Anda yang pemula. Burung yang semula gacor dan tarung serta buka ekor, setelah Anda pelihara mendadak menjadi diam dan tidak bisa menunjukkan kualitas sebenarnya yang dimilikinya. Burung banyak diam dan sekalipun ngeplong itupun tidak rajin.

Berbagai perilaku aneh lainnya muncul dan ini menuntut Anda untuk dipahami. Ketika digantang di lapangan, burung tidak bisa tampil dengan baik sehingga terkesan sangat susah dikendalikan. Semua ini tentu akan membuat Anda merasa kurang enjoy dalam merawat Kacer Anda tersebut.

Banyak dari Anda yang kurang paham terhadap masalah birahi burung Kacer sehingga kurang birahi sedikit saja Anda sudah bingung. Padahal jika diteliti dengan seksama, semua contoh perilaku di atas sangat berkaitan dengan rendahnya birahi burung Kacer. Karenanya, di bawah ini akan dijelaskan beberapa perilaku dari burung Kacer yang kurang birahi tersebut.

Kurang rajin berbunyi
Salah satu ciri yang paling mencolok dari acer yang kurang birahi ialah burung akan lebih banyak diam daripada berbunyi. Hal ini disebabkan karena kurangnya dorongan untuk berbunyi yang bersumber dari kondisi birahi yang rendah. Burung hanya ngeplong-ngelong saja dan tidak pernah bongkar isian, apalagi sampai buka ekor. Namun jika ada lawan, burung ini tentu saja masih bisa berbunyi namun hanya sebentar saja.

Makan rakus
Burng Kacer yang kurang birahi juga akan ditunjukkan dengan perilaku makannya yang rakus. Burung ini bisa menghabiskan banyak voer dalam sehari namun biasanya akan lebih rakus makan EF seperti jangkrik atau kroto daripada voer. Hal ini disebabkan karena burung senantiasa merasa lapar dan kondisi atau suhu tubuhnya yang dingin sehingga burung akan lebih banyak makan EF untuk memenuhi kebutuhan birahinya.

Lihat tangan langsung mengejar
Jika Anda lewat atau bermaksud untuk mengganti air minum atau lainnya, burung Kacer yang kurang birahi ini akan langsung mengejar sebab Anda dikira hendak memberikan EF. Bahkan ketika burung melihat EF, tingkahnya semakin menjadi. Ia seperti selalu lapar dan ingin minta terus.

Tidak mau buka ekor
Jika di rumah dan sedang sendiri, buruing kacer tidak mau membuka ekor masih bisa dibilang hal yang wajar sebab memang ada banyak burung kacer yang ketika berada di rumah tidak menunjukkan fighternya. Namun jika burung tidak mau buka ekor ketika ditrek atau saat lomba, ini menandakan bahwa burung kacer Anda sedang kurang birahi. Sekalipun bisa buka ekor, mungkin saja hanya sebentar saja.

Tampil kurang greget
Kurang gereget saat di lapangan juga sebagai tanda dari kacer yang mempunyai birahi rendah. Selama lomba, burung hanya sesekali merespon musuh-musuhnya dan itupun dengan durasi yang singkat. Selebihnya, burung akan diam atau lompat-lompat dari satu pangkringan ke pangkringan lainnya.

Mbagong
Burung kurang birahi juga bisa mengalami mbagong. Namun begitu, bagi Anda yang baru terjun ke dunia kacer, akan sangat sulit mendeteksi masalah ini sebab pada umumnya kacer memang sering mbagong dengan penyebab yang beragam.


Menegal Beberapa Tanda Kacer Kurang Birahi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment