Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, July 27, 2016

Mengungkap Misteri Anakan Cendet Calon Burung Duduk Saat Dewasa

Tipsburung.com - Ketika masih anakan, seperti apapun kualitas yang akan dimiliki oleh seekor cendet, belum bisa diketahui secara pasti. Semuanya masih samar dan bahkan kadang kala sangat gelap untuk diterawang. Katuranggan kadang kala tidak bisa mencerminkan dan memberikan keberhasilan yang pasti. Itulah sebabnya mengapa kadang kala sekalipun dari sisi katuranggan bagus namun ketika dewasa tidak sesuai harapan.

Banyak sekali kriteria cendet bagus. Namun yang paling utama, banyak pemain besar pertama kali melihat kualitas cendet dari shownya. Sebab cendet dengan show bagus mempunyai peluang yang lebih besar untuk mendapatkan bendera utama bila dibandingkan burung-burung yang banyak gerak. Hal ini disebabkan karena burung dengan show bagus memiliki nilai seni tersendiri. Bahkan sudah menjadi rahasia umum bahwa show cendet mempunyai nilai yang paling utama sekalipun di atas kertas tidak begitu.

Untuk mengenali seperti apa cendet yang mempunyai bakat show yang bagus bukanlah persoalan mudah.  Apalagi saat masih anakan, akan jauh lebih susah lagi sebab cendet anakan belum bisa menunjukkan bakat-bakatnya. Semuanya sangat samar sehingga diperlukan kejelian yang sangat untuk bisa mendapatkan gambaran kualitas show cendet anakan tersebut.

Bagi pakar dan pencetak cendet, cendet dengan show yang bagus biasanya sudah bisa dikenali sejak kecil. Sebab pada dasarnya, cendet yang mempunyai show yang baik mempunyai dua ciri khusus yang sangat mencolok. Namun bagi Anda yang masih awam, tentu saja akan sangat sulit untuk mengenalinya sekalipun Anda sering berinteraksi dengan cendet-cendet anakan setiap hari. Untuk itu, berikut ini adalah dua ciri khusus dimaksud sebaagi ciri dari cendet anakan yang mempunyai bakat show bagus kelak.

Ciri pertama
Ciri awal yang harus Anda kenali dari anakan cendet yang mempunyai bakat show bagus kelak ialah posturnya yang sedang. Dalam hal ini, bentuk postur burung ideal alias tidak kecil dan juga tidak besar. Anakan burung cendet dengan bentuk postur kecil mempunyai risiko yang sangat besar untuk polah dan tidak bisa tenang kelak saat dewasa. Begitu juga dengan anakan cendet dengan postur besar, meskipun peluangnya lebih kecil, tetap saja biasanya tidak begitu tenang.

Tidak semua cendet dengan postur sedang adalah burung duduk dengan show yang istimewa. Dalam beberapa kasus, banyak juga cendet dengan postur ini yang tidak bisa tenang sehingga sangat susah untuk bisa tampil di lapangan. Karenanya, untuk menjadi burung duduk dan ngeshow, bentuk postur anakan cender yang berukuran sedang ini harus dimbangi dengan ciri yang kedua sebagaimana berikut.

Ciri kedua
Ciri yang kedua dari anakan cendet yang mempunyai bakat duduk dan show bagus saat di lapangan ialah bentuk kaki. Kaki anakan cendet ini biasanya mempunyai bentuk yang lebar ketika nyengkram. Karenanya, antara kaki kanan dan kiri ketika nangkring di pangkringan akan melebar sehingga tidak berbanding lurus dengan kedua lutut.

Ciri yang kedua inilah sebenarnya yang sangat menentukan. Sebab bentuk kaki ini yang menyumbangkan peran yang sangat besar dalam menentukan show bagus dan tidaknya. Sedangkan bentuk atau ukuran postur hanya sebagai pendukung.

Untuk mengamati seperti apa bentuk kaki anakan cendet diperlukan ketelatenan dan kejelian khusus sebab biasanya anakan cendet belum bisa mau tenang. Burung juga belum mau nangkring dengan sempurna sehingga membuat Anda harus benar-benar bersabar.

Demikian kedua ciri dari anakan cendet yang mempunyai bakat show bagus. Meskipun tidak memberikan keakuratan 100%, namun paling tidak ciri ini sejauh ini sangat efektif dalam menentukan bakat cendet tersebut.


Mengungkap Misteri Anakan Cendet Calon Burung Duduk Saat Dewasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment