Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, July 29, 2016

Metode Ampuh Mempercepat Cendet Trotol Ganti Bulu dewasa


Tipsburung.com - Ada banyak penghobi yang lebih suka membeli cendet trotol daripada cendet yang sudah jadi. Selain harganya lebih terjangkau, memelihara cendet dari trotol memberikan kepuasan tersendiri, apalagi jika sampai bisa koncer di lapangan kelak. Karenanya, cendet trotol lebih banyak permintaan, baik di pasar offline maupun online.

Memelihara cendet dri trotol membutuhkan berbagai kesabaran. Bukan hanya masalah ngocehnya yang membutuhkan proses yang lama, namun terlebih pada pergantian bulunya. Ada banyak cendet yang belum tuntas ganti (nyalin) bulu dewasa padahal sudah berumur 5 bulan up. Bagi sebagian kalangan, hal ini dinilai sebagai sesuatu yang wajar sebab pada umur segitu memang banyak cendet yang belum tuntas bulu piyiknya.

Bagi sebagian yang lain, perkembangan cendet ini yang tidak wajar dan bisa dikatakan lambat. Sebab, seyogyanya, cendet umur 2 bulan biasanya sudah mulai proses nyalin bulu. Sementara pada bulan ke empat atau kelima, bulu piyik biasanya sudah tuntas jatuh. Setelah itu, bulan kemmpat ke atas, tinggal menunggu suara mecah atau ngeplong.

Lalu bagaimana kedua hal di atas bisa berbeda? Perawtanlah yang menentukan semua itu. Perawatan yang kurang tepat menyebabkan cendet telat berganti bulu. Bulu cendet tidak kunjung jatuh dan bahkan meskipun jatuh tidak langsung brol. Sebaliknya, perawatan cendet trotol tepat bisa membuat cendet selesai nyalin bulu lebih cepat.

Jika Anda ingin mempercepat cendet trotol segera tuntas nyalin bulu, perawatan harus dilakukan  dengan sistem perawatan cendet mabung. Dalam hal ini, ketika cendet trotol sudah mulai menjatuhkan bulu-bulu halusnya, mandi burung harus dikurangi. Bahkan jika perlu, mandi harus memang dikurangi sejak kecil. Sementara untuk jemur, bisa dikondisikan sesuai dengan keadaan burung.

Yang pasti, jika Anda ingin cendet trotol ingin ganti bulu lebih cepat, kotoran burung tidak usah dibuang. Biarkan saja kotoran burung tersebut setiap hari hingga menumpuk sebab kotoran yang banyak ini memberikan efek panas pada burung. Akibatnya, hal ini mempengaruhi kondisi bulu burung sehingga akan lebih cepat jatuh. Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya pilih kerodong yang rapat supaya udara dalam sangkar lebih kuat menguap.

Ada satu hal yang harus Anda perhatikan jika Anda memakai metode ini. Rajin-rajinlah menjemur burung Anda sebab kotoran yang banyak berisiko mengandung banyak virus dan bakteri. Dengan sinar matahari setiap hari, kemungkinan mikroorganisme penyebab berbagai penyakit tersebut terbunuh dengan sendirinya. Ini akan membuat cendet trotol Anda lebih aman dari serangan berbagai gangguan pada kesehatannya.

Metode Ampuh Mempercepat Cendet Trotol Ganti Bulu dewasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment