Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, July 31, 2016

Perawatan Pelatuk Bawang untuk Masteran Agar Gacor Setiap Hari


Tipsburung.com - Pelatuk Bawang adalah burung yang sejauh ini dipelihara untuk dimanfaatkan sebagai burung master. Hal ini disebabkan karena burung ini mempunyai suara tembakan dengan speed yang sangat rapat sehingga akan sangat dahsyat jika dibawakan oleh burung ocehan, utamanya burung lomba. Karenanya, meskipun saat ini sangat langka, burung ini tetap dicari sekalipun dengan harga yang fantastis.

Adapun beberapa burung ocehan yang sangat penting diberikan master burung pelatuk bawang ini ialah seperti burung Murai Batu, Kacer, Cucak Ijo, dan beberapa burung ocehan lainnya. Burung-burung tersebut jika bisa menirukan suara burung Pelatuk Bawang ini suaranya bisa tembus sehingga jika burung tersebut adalah burung lomba, bisa mencuri perhatian juri. Jika misalnya burung tersebut burung rumahan, tentu saja materi ini bisa mendongkrak nilai julanya kelak.

Memelihara burung master Pelatuk Bawang ini tidaklah begitu rumit. Adapun perawatan harian secara detail dapat Anda lihat sebagai berikut.

Masalah mandi
Untuk mandi, burung Pelatuk Bawang ini tidak terlalu membutuhkan mandi yang banyak. Karenanya, mandi tidak harus dilakukan setiap hari dan dapat disesuaikan dengan kondisi burung.

Masalah jemur
Sedangkan untuk jemur, sebisa mungkin harus dilakukan setiap hari. Disamping akan membuat burung Pelatuk Bawang ini semakin gacor, juga akan menyehatkan. Karenanya, mulai terbitnya matahari, burung ini sudah harus diletakkan di jemuran supaya mendapatkan matahari pagi yang sangat menyehatkan tersebut.

Masalah EF
Untuk jangkrik di pagi hari bisa disesuaikan dengan setelan burung. Bisa diberikan sebanyak 3/3 ekor atau 5/5 ekor pada saat pagi dan sore. Sedangkan untuk kroto, paling tidak bisa diberikan seminggu sekali atau dua kali.

Masalah voer
Untuk voer, sebaiknya pemberiannya dibatasi. Hal ini disebabkan karena jika burung Pelatuk Bawang ini dalam kondisi kenyang terus, maka burung ini akan lebih banyak diam. Bahkan bisa saja burung ini akan diam sepanjang hari. Karenanya, takarlah voer setiap hari dengan takaran sedikit saja. Biarkan burung dalam kondisi tidak terlalu kenyang sebab kondisi perut seperti inilah yang membuat burung Pelatuk Bawang ini bisa gacor sepanjang hari.

Masalah pengerodongan
Pada malam hari, sebaiknya burung ini dikerodong supaya bisa istirahat dengan tenang. Selain itu, pengerodongan juga sangat penting supaya burung tidak memakan serangga-serangga yang bisa berakibat fatal pada kesehatan burung.

Demikian cara sederhana merawat Pelatuk Bawang supaya gacor setiap hari sehingga sangat bagus sebagai masteran burung kesayangan Anda. Semoga bermanfaat….


Perawatan Pelatuk Bawang untuk Masteran Agar Gacor Setiap Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment