Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, July 31, 2016

Sogok Ontong Giras, Mandi Malam, Kenapa Tidak?


Tipsburung.com - Pernahkah Anda mempunyai burung Sogok Ontong giras? Untuk Sogok Ontong yang didapat dari pulutan atau jaringan, tentu saja akan grapyakan. Ia akan giras karena belum bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya, ialah lingkungan manusia. Burung belum bisa hidup berdampingan dengan manusia karena burung tidak dibesarkan di lingkungan manusia sebagaimana Sogok Ontong yang dipelihara dari lolohan.

Menjinakkan Sogok Ontong muda hutan memang bukanlah persoalan mudah. Burung mungil ini sangat sulit sekali dijinakkan, apalagi jika usia saat didapatkan sudah full metalik. Namun begitu, dengan mandi malam yang rutin, lama kelamaan burung Sogok Ontong ini juga bisa bersahabat dengan Anda. Dan harapan yang bisa Anda dapatkan, burung bisa berbunyi dengan los sehingga bisa gacor dengan gaya khasnya yang ngeper-ngeper.

Sogok Ontong burung kecil, amankah untuk mandi malam? Aman-aman saja. Sepanjang Anda memandikannya dengan baik, burung Sogok Ontong tidak akan mendapatkan masalah apapun. Baik di sini adalah di mana mandi tidak terlalu malam dan juga jangan sampai terlalu basah. Sebab, jika terlalu malam dan terlalu basah, dikhawatirkan burung akan mengalami kedinginan yang sangat sehingga berisiko mati.

Saat hujan, burung Sogok Ontong sebaiknya tidak dimandikan. Sebab, cuaca yang dingin bisa membuat burung Sogok Ontong bakalan ini bisa merasa kedinginan sehingga bisa berakibat fatal. Karenanya, jika dalam kondisi hujan, sebaiknya burung Sogok Ontong dimandikan pada siang hari saja. Hal ini akan jauh lebih aman, baik dari kondisi kesehatan fisik maupun mental burung Sogok Ontong.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya mandi dilakukan setiap hari. Jika mandi malam, sebaiknya tidak lebih dari jam 8. Sedangkan jika siang hari, Anda bisa melakukannya di pagi hari atau sore hari. Bahkan Anda juga bisa memandikannya pagi dan sore serta malam. Mandi lebih sering seperti ini membantuk burung Sogok Ontong lebih cepat jinak.

Ada hal yang sangat dianjurkan ketika Anda memandikan burung Sogok Ontong ini. Saat burung sudah selesai mandi, sering-seringlah untuk memegang burung tangkapan hutan tersebut. Elus-eluslah sampai badannya setengah kering lalu masukkan kembali ke dalam sangkar. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya burung Sogok Ontong  ini lebih cepat jinak.

Selain itu, sering-seringlah buurng Sogok Ontong Anda ini ditaruh di bawah namun pastikan tidak ada semut di sekitarnya. Sebab, semut adalah hewan yang paling buas untuk burung pemakan nektar ini karena akan cepat datang untuk memakan makan dan minum burung kecil ini.

Jika Anda sedang duduk-duduk di halaman rumah, bawalah burung Sogok Ontong tersebut dan letakkan di depan Anda. Atau jika Anda melakukan suatu aktivitas taruhlah di dekat Anda. Selain itu, sering-sering pula menggantung burung Sogok Ontong di tempat keramaian atau tempat lalu lalang orang, seperti di depan pintu. Semua ini bisa membantu Sogok Ontong bisa beradaptasi dengan manusia lebih cepat.

Sogok Ontong Giras, Mandi Malam, Kenapa Tidak? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment