Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, July 29, 2016

Cara paling Mudah Melatih Burung Sogok Ontong Makan Voer


Tipsburung.com - Bukan hanya burung pemakan serangga yang bisa dilatih makan voer, burung pemakan nektar seperti Sogok Ontong pun juga bisa. Faktanya, banyak yang sudah berhasil dan memberikan voer halus ini pada burung Sogok Ontong setiap hari, layaknya burung pemakan serangga. Padahal jika dinalar, sangat tidak mungkin burung pemakan nektar ini bisa memakan pakan yang bukan makanannya di habitatnya.

Meski bukan pakan sesuai habitatnya, pemberian voer pada burung Sogok Ontong ini tidaklah jelek. Sebab dalam voer sendiri terkandung banyak vitamin dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh burung Sogok Ontong. Dan semua itu tidak bisa didapatkan dari air gula pasir atau susu. Voer sudah mengandung kadar protein sesuai dengan standar burung, sedangkan kandungan air gula dan susu masih mengikuti standar manusia.

Adapun voer yang cocok diberikan pada burung Sogok Ontong ialah voer halus. Hal ini disebabkan karena burung ini tubuhnya sangat mungil dengan ukuran paruh yang juga kecil. Karenanya, jika burung ini diberikan voer kasar, sangat tidak mungkin. Bahkan dengan metode apapun Anda melatihnya tidak akan berhasil sebab paruh sekecil itu tidak akan bisa memakan voer kasar. Untuk itu, sebelum Anda memberikannya pada burung Sogok Ontong, pilihlah voer yang paling halus.

Jika Anda ingin mengajari burung Sogok Ontong Anda memakan voer, caranya cukup mudah dan tidak sulit untuk dilakukan. Cara adalah pastikan terlebih dahulu Sogok Ontong Anda sudah memakan susu kental. Jika belum, latihlah terlebih dahulu dengan metode dalam artikel sebelumnya, klik di SINI. Setelah Sogok Ontong  makan susu kental, ambillah cepuk susu tersebut dan ganti dengan gula halus atau serbuk. Selanjutnya sambil diperhatikan, biarkan burung Sogok Ontong memakan gula serbuk tersebut.

Jika burung Sogok Ontong Anda misalnya belum mau memakan gula serbuk, jangan paksakan. Cobalah esok harinya dan lakukan sampai berhasil. Namun demikian, jika Sogok Ontong sudah makan susu kental, proses makan gula serbuk ini tidak membutuhkan waktu lama. Dan setelah Sogok Ontong Anda makan gula serbuk, campurlah voer halus sedikit demi sedikit dengan gula serbuk tersebut dalam cepuk. Jika sudah mau memakan oplosan tersebut, saatnya burung Sogok Ontong diberikan voer dalam cepuk tersendiri.

Saat Anda pertama kali memberikan voer, sebaiknya Anda tidak memberikan makanan dalam bentuk apapun, termasuk susu serbuk dan air gula. Jika tidak, burung Sogok Ontong Anda akan lebih memilih makan pakan cair tersebut daripada voer. Untuk itu, berikan voer saja dan amati apakah Sogok Ontong Anda sudah bisa maka voer atau belum. Jika belum, metode oplosan gula serbuk dan voer halus pelu dicoba kembali.

Cara paling Mudah Melatih Burung Sogok Ontong Makan Voer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment