Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, August 31, 2016

3 Penyebab dan Solusi Mengatasi Cendet yang Sering Mbalon

Tipsburung.com Sebagai burung fighter, cendet juga memiliki perilaku yang bertolak belakang dengan sifat aslinya. Burung cendet tidak selamanya menjadi burung ganas dan fighter. Adakalanya burung ini menjadi burung yang tidak berdaya, ngembung atau mbalon. Kondisi ini tentu saja bertolak belakang dengan sifat dasar cendet yang fighter.


Karena burung fighter, perilaku mbalon seperti di atas tentu saja menjadi masalah yang sering meresahkan sang empunya atau perawat. Sebab dalam kondisi ini, tampilan burung cendet sangat mengganggu dan tidak enak dipandang. Pun cendet yang mbalon akan berkurang frekuensi kicaunya. Begitu juga dengan fighternya, hilang sama sekali sehingga sulit untuk bisa bertarung jika diikutkan kontes.

Mbalon biasaya terjadi ketika cendet didekati atau dikudang. Bahkan mbalon juga bisa terjadi saat cendet bertemu musuh. Burung tiba-tiba mengembangkan semua bulunya, mengangkat ekor, dan menggesek-gesekkan paruhnya ke dasar atau sudut sangkar.

Mbalon termasuk salah satu keluhan dan penyakit yang paling umum pada burung cendet. Bukan hanya cendet rumahan atau bakalan, burung cendet juara pun juga kerap kali mengalami kondisi mbalon. Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan beberapa penyebab burung cendet yang sering mbalon, berikut solusinya.

Burung kurang fit
Kecenderungan yang pertama mengapa cendet sering mbalon ialah karena faktor kondisi yang kurang fit. Burung yang kurang sehat, kurang nutrisi, atau mendapatkan rawatan yang kurang baik, bisa menyebabkan burung cendet mbalon.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus bisa memberikan rawatan harian yang baik dan benar pada burung cendet Anda. Perawatan yang baik mencakup beberapa hal seperti mandi, jemur, pemberian EF, pengerodongan, dan lain sebagainya.

Selain itu, perawatan yang Anda berikan juga harus dilakukan secara konsisten. Jika tidak, burung cendet akan sangat berisiko mbalon kembali karena kondisi badan burung yang kurang fit akibat perwatan yang tidak konsisten tersebut.

Burung manja
Bisa juga, burung cendet mbalon disebabkan karena kondisi burung yang manja. Karenanya, mbalon yang ditunjukkan oleh cendet ini sebagai ekspresi tunggal dari dirinya yang terlalu jinak dan berketergantungan pada Anda. Akibatnya, jika burung didekati, akan langsung mengembangkan bulu-bulunya.

Manja biasanya disebabkan oleh banyak hal, beberapa di antaranya seperti pemberian jangkrik yang selalu dari tangan dan sering dikudang. Kedua perilaku ini merupakan penyebab paling sering cendet menjadi manja dan mbalon. Karenanya, jangan sesekali Anda memberikan jangkrik dari tangan langsung atau mengkudangnya dengan frekuensi yang sering.

Untuk mengatasi masalah ini, berikan terapi kejut pada burung cendet yang manja. Jika Anda lewat di depan burung atau sedang ingin memberikan jangkrik atau pakan lainnya, langsung semprot badan burung menggunakan semprotan. Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, setel semprotan pada kondisi paling kasar agar bisa langsung mengenai tubuh burung sehingga menimbulkan efek kejut.

Ada perawatan yang salah
Tidak ada pakem perawatan burung cendet yang paling benar karena setiap individu burung mempunyai karakter yang berbeda satu sama lain. Lalu bagaima penjelasan perawatan yang salah? Perawatan yang salah dimaksud adalah perawatan yang tidak disesuaikan dengan karakter dan kondisi cendet.

Contoh kasus, ada kalanya cendet maunya hanya mandi satu kali dalam seminggu. Namun ada pula cendet yang malah ingin mandi setiap hari. Jika cendet-cendet ini Anda mandikan sesuka hati Anda dan tanpa memperdulikan kemauan cendet, alamat cendet Anda ini tidak akan sesuai dengan yang Anda inginkan. Cendet bisa ngembung atau mbalon dan tragisnya lagi, cendet bisa menjadi mogok bunyi atau bahkan sangat aktraktif.

Begitu juga, ada cendet yang mempunyai karakter setingan EF rendah dan ada juga yang tinggi. Semua ini harus Anda pahami dan diberikan rawatan yang sesuai dengan kemauan masing-masing burung. Jika tidak, sama seperti di atas, burung tidak hanya akan ngembung namun juga miyik dan bahkan bisa menjadi galak.

Untuk itu, pahami masing-masing indivudu burung. Dalami karakter dan kemauannya agar Anda tidak salah dalam memberikan rawatan. Pahami bagaimana mandinya, bagaimana setelan jangkrik dan krotonya, serta pahami pula seberapa lama durasi penjemurannya. Dengan begitu, burung Anda akan menjadi agcor dan tidak akan pernah mbalon.

Demikian 3 penyebab dan solusi cendet yang sering mbalon. Dengan memahami ketiga poin di atas, diharapkan Anda bisa dengan mudah mengatasi cendet Anda yang suka mengembungkan bulu-bulunya tersebut.

3 Penyebab dan Solusi Mengatasi Cendet yang Sering Mbalon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment