Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, August 3, 2016

4 Penyebab dan Solusi Mengatasi Burung Kenari Nebok Saat Lomba


Tipsburung.com -  Dalam lomba, burung Kenari adalah kelas yang paling ramai di samping kelas burung Love Bird. Dalam kelas kenari pun masih dibedakan sesuai dengan jenisnya, ada jenis campuran dan juga kelas kalitan. Masing-masing kelas dalam kelas kenari ini sangat ramai, sehingga satu sesi kelas kenari bisa full. Apalagi dengan mudahnya dalam mencari bahan, membuat kenari semakin ramai. Hal ini berbanding terbalik dengan harga kenari sayur yang masih belum stabil.

Burung kenari termasuk ke dalam kategori burung fighter. Ia juga sebagai burung yang mempunyai gaya tarung yang khas, mirip kacer. Dan sebagaimana burung pada umumnya, kadang kala Kenari juga nebok alias melantai alias turun ke lantai saat lomba. Dan perilaku ini bisa mengurangi penilaian dalam suatu lomba burung berkicau.

Adapun Burung Kenari yang nebok atau melantai biasanya disebabkan oleh banyak hal. Beberapa di antaranya yang sering terjadi adalah sebagai berikut.

Pertama
Kenari melantai biasanya disebabkan karena burung terlalu over birahi. Dalam kondisi ini, burung kenari bisa turun ke tebok sangkar dan mengejar-ngejar musuh yang ada di sebelahnya sambil mengeluarkan ocehannya. Bahkan dalam beberapa kasus, kenari yang nebok dan over birahi, kadang kala malah diam. Burung hanya menguber-nguber musuhnya sambil nabrak jeruji.

Adapun solusi kenari yang mengalami over birahi seperti ini, hendaknya pemberian EF dikurangi menjelang lomba sebab ini biasanya disebabkan karena pemberian esktra foding yang terlalu banyak. Karenanya, Anda harus mengurangi pemberian EF tersebut supaya penampilan Kenari bisa maksimal.

Kedua
Kenari nebok juga kerap kali disebabkan karena pangkringan yang tidak pas atau tidak cocok. Dalam hal ini, pangkringan bisa terlalu besar atau terlalu ekcil sehingga jika burung sedang bertarung merasa kurang nyaman jika bertengger di atas pangkringan. Selain itu, bisa saja pangkringan tersebut kotor atau bahkan mungkin bahannya tidak cocok dengan kenari. Akibatnya, burung kenari juga merasa kurang nyaman berada di atas pangkringan sehingga memilih berada di bawah alias nebok.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mencoba mencari akar permasalahannya. Periksa bentuk dan ukuran pangkringan berikut bahannya. Jika terlalu besar, coba ganti dengan pangkringan yang lebih kecil. Atau jika kotor segera dicuci sampai bersih sebab kondisi ini tidak hanya bisa membuat Kenari menjadi kurang nyaman namun juga berbahaya untuk kesehatan kaki kenari. Anda juga bisa memeriksa bahan pangkringan tersebut sebab dikhawatirkan burung kenari memang tidak suka dengan bahan pangkringan tersebut. Cobalah ganti dengan kayu asam atau kayu pangkringan hasil serutan dan kayu lainnya.

Ketiga
Sangkar kotor juga berpotensi menyebabkan kenari melantai atau nebok. Bisa saja di tebok sangkar masih terdapat banyak pakan baik berupa biji-bijian atau buah sisa kemarin atau tadi sehingga kenari tergoda untuk turun dan memakannya. Karenanya, jika hendak turun ke lapangan, sebaiknya sangkar dibersihkan terlebih dahulu dari berbagai kotoran. Bahkan kalau bisa, lapisi tebok dengan kertas koran supaya sangkar benar-benar bersih.

Keempat
Burung kenari yang kurang birahi juga berpotensi nebok. Hal ini disebabkan karena buurng yang kekurangan level birahi sangat tidak acuh terhadap lawan-lawannya yang menyebabkan ia berperilaku iseng turun ke lantai. Karenanya, jika ini yang terjadi, setel ulang untuk setingan lomba dengan menambahkan EF lebih banyak dari biasanya.

Untuk mengetahui penyabab kenari Anda nebok, Anda perlu mencermati hal-hal sebagaimana telah dijelaskan di atas. Amati dengan teliti lalu evaluasi sendiri adanya berbagai perubahan pada performa kenari Anda. Dan yang paling penting lagi adalah jangan sampai Anda sungkan atau malas untuk mengotak-atik setelannya sebab semakin Anda telaten akan semakin besar potensinya untuk mendapatkan setelan yang pas untuk kenari Anda. Jangan sampai pula mlas untuk bereksperimen sebab setiap kenari mempunyai karakter dan keunikan sendiri-sendiri.

4 Penyebab dan Solusi Mengatasi Burung Kenari Nebok Saat Lomba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment