Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, August 3, 2016

4 Solusi Jitu Supaya Burung Love Bird Anteng di Pangkringan


Tipsburung.com - Salah satu perilaku yang banyak dikeluhkan oleh para pemain Love Bird adalah burung kadang kala tidak mau diam ketika dilombakan. Burung banyak tingkah, merambat, naik turun tangkringan / pangkringan atau bahkan nebok. Perilaku ini tentu saja sangat meresahkan karena selain akan mengurangi penilaian juga akan sulit untuk mendapatkan bendera nominasi.

Burung Love Bird yang bagus di arena lomba, selain durasi ngekeknya panjang dan rajin, burung juga harus tidak banyak tingkah. Paling tidak, burung harus duduk di satu pangkringan namun kalau bisa harus berbunyi di satu titik. Namun hal ini kadang kala sulit terjadi sebab ada banyak Love Bird yang sering tidak bisa tenang saat dilombakan. Padahal jika dilihat dari segi setingan dan kondisi birahi tidak terjadi masalah. Hal ini kemungkinan besar sangat dipengaruhi oleh karakter dan ini sangat sulit untuk diatasi.

Dalam perawatan burung apapun sebenarnya memang akan sangat sulit jika dihadapkan dengan karakter bawaan burung, termasuk Love Bird ini. Namun dengan berbagai cara dan semua akal dikerahkan, tentunya ada banyak solusi yang harus dipelajari untuk kemudian diaplikasikan pada gacoan Anda. Adapun beberapa solusi yang mungkin bisa membantu Anda mengatasi Love Bird supaya berbunyi di satu titik ialah sebagai berikut.

Ubah pangkringan
Pangkringan atau tangkringan sering kali menjadi faktor utama mengapa burung Love Bird ketika di lapangan tidak mau diam di satu titik. Karenanya, lihat dan amati pangkringan sangkar apakah sudah pas atau belum. Mungkin saja ukuran pangkringan terlalu kecil atau terlalu besar. Perhatikan pula bahannya, barang kali Anda menggunakan pangkringan bawaan sangkar dan tidak enak menurut burung. Jika iya, segera ganti dengan pangkringan kayu atau pasir.

Bukan hanya itu, posisi pangkringan juga kerap menjadi masalah utama. Ada banyak Love Bird yang tidak suka dengan model posisi pangkringan naik turun, apalagi model silang. Hal ini mungkin menyusahkan burung atau malah burung terlalu senang untuk naik turun. Karenanya, Anda bisa mencoba memebrikan dua pangkringan sejajar atau menyilang namun posisi tinggginya sejajar satu sama lain.

Semprot pangkringan sebelum lomba
Solusi lainnya mugkin Anda bisa mengakalinya dengan cara menyemprot pangkringan supaya burung menadi lebih nyaman sehingga tenang saat lomba. Semprot semua pangkringan namun jangan sampai terkena bulu burung sebab dikhawatirkan burung malah didis saat digantang di lapangan. Adapun untuk penyemprotan bisa dilakukan menjelang sesi atau kelas burung Love Bird di mulai.

Berikan jebakan di dasar sangkar
Anda bisa mengakali Love Bird yang tidak mau diam dan turun ke bawah dengan cara memberikan jebakan. Jebakan ini bisa berupa bola atau benda-benda lainnya seperti karpet atau karet pentil yang membuat burung kaget dan tidak nyaman ketika menginjaknya. Hal ini kemudian diharapkan burung Love Bird enggan untuk turun kembali karena trauma.

Berikan jebakan di atap sangkar
Ada tipikal Love Bird yang sering berperilaku nakal dengan cara selalu merambat kea tap atau atas sangkar. Sebagaimana perilaku negatif lainnya seperti di atas, ini bisa mengurangi konsentrasi burung sehingga burung lebih banyak bergerak daripada berbunyi. Adapun cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara memberikan jebakan di atap sangkar.

Adapun benda yang biasa dipakai sebagai jebakan adalah mika. Mika ini dibuat sebagai langit-langit sangkar supaya burung tidak bisa merayap lagi. Adapun cara membuat langit-langit sangkar ini, mika harus diukur terlebih dahulu sesuai dengan ukuran sangkar. Setelah itu, berikan lubang-lubang kecil sebagai lubang tali untuk mengikat atau mengaitkan mika tersebut dengan jeruji sangkar agar tidak jatuh.

Setelah Anda melakukan salah satu dari metode di atas, amati perkembangan perilaku burung Love Bird Anda apakah sudah ada perubahan atau belum. Selain itu, amati pula sampai di mana level perubahan tersebut sehingga Anda bisa mengira-ngira untuk melakukan tindakan selanjutnya supaya usaha Anda ini maksimal.

4 Solusi Jitu Supaya Burung Love Bird Anteng di Pangkringan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: leo sayoga

0 komentar:

Post a Comment