Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, August 30, 2016

6 Fungsi Kerodong pada Burung Berkicau yang Belum Banyak Diketahui Kicaumania

Tipsburung.com - Kerodong adalah bagian yang tidak bisda dipisahkan dengan burung. Sebagaimana sangkar, pada hakikatnya kerodong mempunyai manfaat yang sangat vital. Namun begitu, kadang kala tidak banyak yang memperhatikan masalah kerodong ini, utamanya untuk burung rumahan dan burung-burung kecil.

Kerodong bukan hanya sebagai pelengkap aksesoris burung. Kerodong adalah bagian penting yang akan memberikan banyak manfaat pada burung. Karenanya, di bawah ini akan dijelaskan fungsi dan manfaat kerodong tersebut.



1# Burung tidur lebih nyenyak
Pada hakikatnya, kerodong sebagai selimut untuk burung. Dengan kerodong, burung akan lebih nyenyak tidur karena burung merasa sangat tenang. Burung akan bebas dari gangguan binatang-binatang yang bisa mengganggu atau sengatan cuaca yang dingin.

2# Burung lebih tenang
Kerodong pada burung juga akan membuat burung merasa lebih tenang dan nyaman. Karenanya, kerodong sangat vital bagi burung bakalan tangkapan hutan atau burung-burung yang dalam masa karantina supaya mereka merasa lebih tenang. Kerodong juga sangat penting untuk burung-burung yang sedang dalam proses mabung karena akan mempercepat pergantian bulu baru.

3# Terhindar dari serangga mematikan
Ada banyak serangga yang bisa hinggap dan akhirnya ditangkap oleh burung, seperti walang sangit. Serangga ini jika sampai dimakan burung, bisa mengakibatkan kematian. Sebab, belalang sangit adalah serangga yang mengandung racun dan mematikan hewan yang memakannya.

4# Menjaga kesehatan burung
Kerodong juga dapat menjaga kesehatan burung, utamanya terkait dengan udara di malam hari dan cuaca musim pancaroba. Dengan dikerodong, kesehatan burung akan lebih terjaga sebab sistem imun burung bisa bekerja dengan baik dan juga tidak gejala-gejala yang bisa mengganggu kesehatan burung. Adapun jika tidak dikerodong, selain sistem imun berisiko menurun, burung juga akan mudah mengalami gangguan kesehatan terkait dengan cuaca tersebut.

5# Mencegah stres
Kerodong juga bisa mencegah stres yang mungkin akan menyerang burung. Sebab ketika dalam kerodong, burung akan sulit untuk melihat kondisi sekitarnya. Sekalipun ada binatang buas seperti kucing, tikus, dan lain sebagainya, kondisi psikologis burung akan tetap aman karena burung tidak melihat sehingga akan sangat kecil kemungkinannya untuk bisa terganggu. Sekalipun merasa terganggu karena mungkin mendengar suaranya, mungkin burung hanya sedikit kaget saja.

Ketika dalam perjalanan, kerodong juga mutlak diperlukan. Sebab dengan kerodong, burung akan merasa lebih nyaman selama dalam perjalanan. Jika burung berpapasan dengan bus, kereta api, atau kendaraan lainnya, burung akan tetap merasa tenang dalam kerodong. Hal ini disebabkan karena burung tidak melihat alat transportasi tersebut yang seringkali membuat burung merasa ketakutan tersebut.

6# Membuat burung lebih fighter
Burung yang selalu dikerodong setiap hari akan menjadi lebih fighter. Hal ini disebabkan karena burung selama dalam kerodong merasa sangat tenang sehingga secara psikologis burung menjadi lebih siap untuk bertarung jika bertemu musuh. Itulah alasannya mengapa burung yang lama tidak dipertemukan bisa saling serang satu sama lain. Hal ini berbeda halnya dengan burung yang selalu diumbar setiap hari, selain kurang rajin berbunyi, fighternya juga rendah.

Dari penjelasan di atas sudah jelas bahwa kerodong pada burung berkicau mempunyai peran yang sangat penting. Kerodong bukan hanya hiasan atau pelengkap sangkar namun kerodong adalah aksesoris yang berfungsi menjaga kesehatan fisik dan psikologis burung. Tanpa kerodong, burung akan menjadi burung biasa dan bahkan sangat berisiko dari serangan berbagai penyakit.

Demikian 6 fungsi dari kerodong untuk burung berkicau. Semoga bermanfaat…!!!

6 Fungsi Kerodong pada Burung Berkicau yang Belum Banyak Diketahui Kicaumania Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment