Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, August 13, 2016

Burung Diberikan Belalang, Baguskah?

Tipsburung.com - Sejauh ini belalang diketahui sebagai pakan alternatif untuk burung pemakan serangga namun tidak banyak kicaumania yang memberikannya untuk burung-burung kesayangannya. Padahal jika melihat pada kehidupan burung pemakan serangga di habitatnya, belalang adalah salah satu pakan yang sangat digemari.

Banyak kicaumania yang enggan memberikan belalang pada burung mereka karena adanya kekhawatiran atas kesehatan burung mereka. Mereka takut jika diberikan belalang burungnya bisa mengalami gangguan kesehatan sehingga mereka memilih untuk tidak memberikannya. Padahal jika ditelusuri gizinya, belalang adalah serangga yang mempunyai banyak nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk burung.



Belalang adalah serangga yang kaya akan beragam gizi seperti protein, serat kasar, asam lemak esensial, lemak kasar, dan mineral seperti kalsium, magnesium, potassium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan, dan tembaga. Belalang juga kaya akan vitamin seperti vitamin A, B, B1, B2, B6, E dan C. belalang juga kaya asam folat dan beberapa jenis asam lemak.

Kandungan protein setiap belalang berbeda-beda, bergantung pada jenis dan segar atau tidaknya. Pada belalang hijau, proteinnya berkisar 62 gram dalam setiap 100 gram. Intinya, kandungan protein belalang segar berkisar 20 persen hingga 40 persen. Sedangkan untuk serat kasar, pada belalang hijau mengandung 12,4 gram dan lemak kasar. 15,5 gram

Begitu juga untuk vitamin, pada musim-musim tertentu, ada beberapa belalang yang mempunyai kandungan vitamin yang sangat tinggi, lebih tinggi daripada biasanya. Bahkan belalang bisa memenuhi kebutuhan vitamin A burung antara 25 hingga 30 persen.

Dengan melihat kandungan gizi di atas, bukanlah hal yang salah jika belalang tersebut diberikan pada burung peliharaan. Sebab, belalang mengandung nutrisi yang sangat lengkap bahkan dengan kadar protein yang jauh lebih tinggi daripada jangkrik. Karenanya, belalang bisa diberikan pada burung yang kurang ngotot atau kurus karena protein ini tidak hanya bisa menaikkan birahi namun juga menggemukkan burung.

Adapun belalang yang paling bagus untuk diberikan pada burung adalah belalang hijau atau belalang yang mempunyai badan yang empuk yang mempunyai ukuran kecil. Belalang ini memang menjadi santapan kesukaan burung pemakan serangga di alam bebas.

Sedangkan untuk pemberiannya, sebaiknya belalang tidak diberikan setiap hari karena serangga ini hanya sebagai pakan alternatif. Namun jika Anda menggunkan belalang ini sebagai Ef utama karena mungkin sedang tidak ada EF lain, tidak masalah sepanjang Anda bisa mengontrol kondisi burung. Sebab jika belalang ini diberikan berlebihan, birahi burung kadang kala tidak terkontrol. Bahkan dalam beberapa kasus, burung kadang kala mengalami alergi.

Burung Diberikan Belalang, Baguskah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment