Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, August 15, 2016

Cara Ampuh Mengatasi Burung Katarak dengan Bunga Kitolod

Tipsburung.com - Katarak adalah sebuah gangguan kesehatan pada mata burung yang sangat umum terjadi, utamanya pada burung kacer, murai batu, anis merah, kenari, dan beberapa burung lainnya. Sebab, burung-burung yang disebutkan tadi mempunyai sensitivitas yang tinggi sehingga lebih mudah terserang katarak. Misalnya, burung anise merah yang dijemur dekat tembok berwarna putih saja, berisiko mengalami katarak akibat adanya pantulan cahaya matahari yang memapar tembok secara langsung.



Penyebab katakarak pada burung sangat banyak sekali, seperti paparan cahaya matahari pada tembok seperti di atas, paparan sinar ultra violet akibat terlalu lama dijemur, terkena debu, tertusuk benda, pemberian ulat berlebihan, faktor genetik, dan lain sebagainya. Kondisi katarak yang terjadi pada burung ditandai dengan adanya bercak putih pada lapisan luar lensa mata. Lama-kelamaan, bercak ini semakin besar dan bahkan bisa sampai menutupi semua mata hitam.

Ketika semua bola mata tertutup, secara otomatis mata burung tidak akan bisa melihat. Bahkan katarak ini bisa menular pada mata sebelahnya sehingga membuat burung sama sekali tidak bisa melihat.  Dan ketika ini terjadi, katarak pada mata burung sudah sulit untuk disembuhkan karena penyakit sudah masuk stadium lanjut.

Sebelum katarak menjadi besar, ada baiknya Anda langsung mengobatinya supaya tidak sampai membesar. Sebab, pengobatan dini lebih efektif dan keberhasilannya lebih tinggi. Untuk itu, jika Anda melihat terdapat bintik putih, segera lakukan pengobatan secara alami dan tradisional. Caranya adalah dengan menggunakan bunga pohon kitolod.

Kitolod yang mempunyai nama ilmiah Isotoma Longiflora atau Laurentia longiflora ialah sebuah tanaman obat yang sejak dahulu kala dikenal sebagai obat mata pada manusia seperti iritasi, rabun, katarak, minus, dan plus. Bunga tanaman ini mengandung politerol, alkaloid, flavonoid, dan samponi yang mampu mengatasi berbagai gangguan pada mata burung.

Bagian tanaman kitolod yang dimanfaatkan untuk pengobatan katarak pada burung adalah bunganya. Bunga yang akan digunakan ini harus bunga segar dan benar-benar bersih. Untuk itu, pada saat Anda hendak memetiknya, lebih baik pilih bunga kitolod yang benar-benar bersih. Bahkan Anda sangat disarankan untuk memilih kitolod yang dibudidayakan supaya lebih terjamin kehigenisannya.

Adapun penggunaan dan aturan pakai bunga kitolod sebagai obat katarak ialah sebagai berikut.

  • Ambil satu bunga kitolod yang bersih dan masih segar. Pengambilan sebaiknya sampai pangkal bunga untuk mendapatkan kandungan kitolod yang lebih baik.
  • Siapkan satu gelas air bersih lalu masukkan bunga kitolod ke dalam gelas.
  • Biarkan bunga kitolod direndam selama 5-10 menit.
  • Pegang burung lalu ambil bunga dan teteskan airnya pada mata burung dari ujung tangkai bunga sebanyak 2-3 tetes.
  • Pengobatan diulangi 3 kali sehari, pagi, siang, dan sore
  • Lakukan sampai sembuh

Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan cara berikut.

  • Ambil beberapa bunga kitolod
  • Lalu peras untuk diambil airnya
  • Masukkan ke dalam botol obat tetes
  • Lalu teteskan pada mata burung pada saat pagi, siang, dan sore
  • Lakukan sampai sembuh

Demikian cara pemanfaatan bunga kitolod sebagai obat katarak pada burung. Selamat mencoba dan salam kicaumania….!!!

Cara Ampuh Mengatasi Burung Katarak dengan Bunga Kitolod Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment