Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, August 5, 2016

Cara Jitu Mengatasi Burung Sogok Ontong Macet Bunyi


Tipsburung.com - Ada banyak hal yang bisa menyebabkan burung Sogok Ontong macet bunyi. Beberapa di antaranya ialah seperti telat pakan (susu atau air gula), pindah sangkar, di bawa perjalanan pada malam hari, disambar hewan buas, dan lain sebagainya. Jika beberapa penyabab di atas terjadi pada burung Sogok Ontong, sudah barang tentu burung akan menjadi pendiam dan kurang bergairah untuk berbunyi.

Untuk membuat burung Sogok Ontong kembali rajin gampang-gampang susah karena biasanya membutuhkan waktu yang agak lama. Karenanya, diperlukan metode khusus yang benar-benar jitu supaya burung mungil ini bisa secepatnya kembali gacor sehingga bisa dibikin masteran kembali.

Adapun cara mengatasi burung Sogok Ontong yang macet bunyi ialah sebagai berikut.

Pengembunan
Untuk burung Sogok Ontong yang macet sebaiknya dilakukan pengembunan setiap pagi. Hal ini disebabkan karena suasana pagi bisa merangsang burung untuk segera berbunyi karena burung serasa berada di habitatnya. Karenanya, embunkan burung Sogok Ontong yang macet tersebut setiap pagi mulai habis subuh hingga matahari terbit.

Berikan kroto
Untuk Sogok Ontong yang macet, menu kroto harus selalu ada dalam cepuk. Bahkan jika bisa, takaran kroto ini harus diberikan lebih banyak. Sebab, kroto merupakan pakan burung yang mengandung protein sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan level birahi burung dengan sangat cepat. Hal ini pada gilirannya akan merangsang burung untuk berbunyi lebih cepat.

Jika memungkinkan, berikan susu hanya sedikit saja namun kroto harus diperbanyak lagi supaya burung lebih banyak makan kroto daripada susu. Namun begitu, Anda harus bisa mengira-ngira takaran kroto tersebut sebab jika terlalu banyak, burung bukan menjadi berkicau kembali namun malah terlalu birahi dan rontok bulu. Karenanya, kira-kira sendiri mengenai takaran pemberian kroto ini supaya tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit.

Berikan air gula pasir
Mirip dengan kroto, air gula juga sangat penting diberikan pada burung Sogok Ontong yang sedang macet. Sebab, air gula ini juga bisa mendongkrak birahi burung Sogok Ontong sehingga bisa berbunyi lebih cepat lagi. Karenanya, di samping memberikan susu, berikan air gula juga sebagai menu tambahan sekaligus EF tambahan.

Berikan sirup
Sewaktu-waktu Anda bisa memberikan air sirup pada menu harian burung Sogok Ontong ini. Hampir mirip dengan fungsi beberapa pakan di atas, sirup juga bisa mendongkrak hasrat burung pemberian supaya bisa lebih cepat bernyanyi kembali.

Banyaknya makanan pada menu harian burung Sogok Ontong di atas secara tidak langsung juga memberikan rangsangan positif pada burung sehingga lama kelaan kondisi psikis burung juga menjadi lebih tanang dan nyaman. Akibatnya, burung tanpa ragu akan segera berbunyi dengan sendiri sehingga akan jauh lebih cepat daripada yang seharusnya.

Demikian cara mengatasi burung Sogok Ontong yang sedanga macet bunyi. Semoga bermanfaat….

Cara Jitu Mengatasi Burung Sogok Ontong Macet Bunyi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment