Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, August 5, 2016

Cara Melatih Burung Pelatuk Makan Voer


Tipsburung.com - Burung Pelatuk, sangat dicari oleh kicaumania karena burung ini mempunyai suara yang indah sehingga sangat baik jika dipelihara sebagai burung master. Karenanya, apapun jenisnya, burung Pelatuk ini tetap dipelihara, terutama pelatuk sampit dan pelatuk bawang. Kedua jenis pelatuk ini mempunyai harga yang sangat mahal karena mempunyai suara yang jauh lebih indah daripada jenis pelatuk lainnya.

Pelatuk yang bisa gacor adalah pelatuk yang dipelihara sejak dari kecil, terutama saat masih diloloh atau paling tidak muda hutan. Sebab jika burung ini dipelihara dari tangkapan hutan dan usianya sudah akan sangat sulit untuk bisa dijadikan masteran. Jangankan untuk bisa receh, bisa berbunyi saja sudah bagus dan karenanya sangat direkomendasikan memelihara burung ini sejak kecil.

Ada suatu masalah jika Anda memelihara burung pelatuk ini sejak kecil, utamanya masalah makan voer. Burung pelatuk ini di habitatnya tidak makan voer namun makan serangga. Karenanya, burung pelatuk Anda ini harus bisa dan dilatih makan voer jika Anda ingin burung Anda ini bisa bertahan hidup. Tidak hanya itu, burung pelatuk yang makan voer juga akan memudahkan Anda dalam perawatannya karena tidak harus memberikan serangga setiap waktu. Dan adapun cara melatih burung pelatuk makan voer ini ialah sebagai berikut.

Pelatuk muda hutan
Untuk pelatuk muda hutan, sebaiknya cari pelatuk yang usianya yang masih sangat muda. Sebab jika terlalu tua, meskipun masih terhitung muda secara usia, akan sangat sulit dijinakkan sehingga tidak bisa gacor los. Begitu pula dengan cara melatih burung ini makan voer, tentu juga akan sangat sulit. Namun jika pelatuk masih sangat muda, kemungkinan bisa gacor kelak masih sangat terbuka.


Adapun cara melatih burung pelatuk muda hutan ini makan voer, dapat Anda baca artikel sebelumnya di sini, Teknik Jitu Melatih Burung Bakalan Makan Voer.

Pelatuk anakan
Untuk pelatuk yang masih diloloh, sebaiknya latihan makan voer sudah dimulai sejak dini. Karenanya, saat Anda menyuapi burung ini dengan serangga, seperti kroto, sebaiknya dicampur dengan voer. Caranya, ambil kroto secukupnya lalu campur dengan voer yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Ulek adonan tersebut sampai rata lalu suapkan pada burung anakan setiap dua atau tiga jam sekali. Ingat, adonan ini harus kental sehingga menyerupai bubur. Sebab jika tidak, burung mudah keselek dan akhirnya mati.

Setelah anakan pelatuk ini bisa nangkring dan ekor sudah mulai panjang, ajari anakan burung pelatuk ini makan sendiri. Caranya, setelah Anda meloloh, cepuk adonan pakan tersebut langsung taruh dalam sangkar. Selanjutnya, amati apakah burung sudah mulai makan sendiri atau belum. Biasanya, usia kurang dari sebulan, anakan pelatuk sudah bisa makan sendiri namun masih voer basah.

Semingga berikutnya, burung pelatuk sudah bisa makan voer kering. Jika belum, Anda bisa mengajarinya dengan cara berikut.

  • Anakan burung pelatuk tidak usah diloloh lagi karena sudah bisa makan voer kering. Selain itu, tujuan lainnya adalah supaya burung selalu dalam kondisi lapar.
  • Ganti voer basah tersebut dengan voer setengah basah dan biarkan selama dua sampai tiga hari.
  • Setelah burung fasih makan voer setengah basah ini, langsung ganti voer setengah basah dengan voer kering.
  • Jika misalnya burung langsung mau makan, mulai saat itu langsung berikan voer kering seterusnya. Namun jika tidak, biarkan saja sebab jika sudah lapar, burung anakan pelatuk tersebut akan memakannya juga.
Biasanya, burung anakan pelatuk ini mudah makan voer kering asalkan burung dalam kondisi sehat. Jika tidak, pengevoran akan memakan waktu lebih lama karena burung kurang sehat pada umumnya akan enggan memakan voer, apalagi voer kering. Hal ini disebabkan karena burung kurang sehat, selera makannya juga akan menurun.

Cara Melatih Burung Pelatuk Makan Voer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment