Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, August 28, 2016

Cara Membawa Burung Jarak Jauh Naik Bus

Tipsburung.com - Ada banyak kasus burung stres atau bahkan mati ketika dibawa dalam perjalanan jauh menggunakan Bus. Hal ini bisa saja disebabkan karena perjalanan yang terlalu jauh. Namun penyebab yang paling banyak terjadi adalah karena kekurangtahuan Anda dalam mempacking dan menjaganya selama dalam perjalanan.

Membawa burung dalam perjalanan, apalagi menggunakan bus, harus hati-hati. Mulai packing, Anda harus bisa memahami bagaimana mempacking burung dengan baik sehingga burung tetap merasa nyaman dalam perjalanan nanti. Begitu juga selama dalam perjalanan, Anda juga harus tahu betul di mana tempat yang paling nyaman untuk burung. Sebab jika sampai ketindih barang-barang bawaan Anda atau posisi burung miring selama perjalanan, burung tidak hanya akan mengalami stres namun juga berisiko mati.

Adapun cara mempacking burung dan memberikan perawatan selama dalam bus, setidaknya Anda perlu mengetahui beberapa hal berikut.


contoh packingan burung menggunakan kardus

Berikan burung ful jangkrik
Jika burung tersebut adalah burung pemakan serangga, sebelum dimasukkan ke dalam wadah atau sangkar, harus diberikan jangkrik terlebih dahulu. Pemberian jangkrik sebaiknya diberikan dengan takaran sebanyak mungkin alias jangan dihitung agar burung benar-benar merasa kenyang. Hal ini sebagai bekal awal yang akan memberikan kenyamanan pada burung selama perjalanan nanti.

Jika burung Anda tersebut burung pemakan biji-bijian, sebaiknya berikan jagung muda terlebih dahulu. Biarkan burung memakannya sampai kenyang dan berhenti makan. Fungsinya sama dengan jangkrik di atas, supaya burung merasa kenyang selama dalam perjalanan.

Gunakan wadah longgar
Wadah di sini bisa berupa kardus, bok kenari, atau sangkar kecil. Wadah yang Anda pilih ini harus longgar dan mempunyai sirkulasi udara yang baik agar burung bisa bergerak dan bernapas dengan baik selama dalam perjalanan. Wadah yang sempit dan sirkulasi udara kurang baik hanya akan membuat burung kaku karena darah membeku akibat burung tidak bisa bergerak dengan baik. Begitu juga, wadah yang kurang sirkulasi udaranya bisa membuat burung mengalami sesak napas sehingga sangat berisiko.

Berikan jangkrik dalam wadah
Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang kurang diinginkan, sebaiknya berikan beberapa jangkrik dalam wadah burung supaya jika sewaktu-waktu burung merasa lapar bisa makan jangkrik tersebut. Namun sebelum dimasukkan, pastikan jangkrik sudah dibuang kepala atau dimatikan terlebih dahulu supaya tidak lepas dan lari keluar wadah.

Tempatkan di daerah paling aman

Tempatkan burung di daerah paling nyaman dan aman. Anda bisa menaruhnya di tempat bawah kursi / jok bus atau tempat menaruh barang yang biasanya terletak di atas kepala penumpang. Bisa juga burung ditempatkan di atas barang atau di pangkuan Anda. Tempat yang nyaman ini, sangat penting untuk menjaga psikologis burung selama perjalanan. Selain itu, tempat aman juga diperlukan untuk menghindari kematian pada burung.

Sesekali cek kondisi burung
Sangat dianjurkan sesekali mengecek kondisi burung untuk memastikan keberadaan dan kondisinya. Karenanya, lihatlah sewaktu-waktu apakah burung baik-baik saja atau tidak. Namun jika Anda melakukan tips dalam artikel ini dengan baik, bisa dipastikan kondisi burung sangat aman karena tips ini adalah paling aman dan nyaman untuk burung.

Kasih jangkrik jika bus berhenti
Bus dengan jalur jauh biasanya akan berhenti di tengah-tengah perjalanan. Bus biasanya akan memberikan layanan makan di restoran atau tempat makan lainnya. Karenanya, sehabis Anda makan, masukkan kembali beberapa jangkrik ke dalam wadah. Barang kali burung mau memakannya. Jika burung mengalami kepanikan, sudah barang tentu ia tidak akan menghiraukan jangkrik yang Anda berikan. Namun jika burung tidak mengalami masalah yang berarti, burung tetap akan mau memakannya meskipun sedikit.

Demikian cara mempacking dan merawat burung selama dalam perjalanan menggunakan bus. Semoga bermanfaat dan selama mencoba….!!!

Cara Membawa Burung Jarak Jauh Naik Bus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment