Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, August 3, 2016

Cara Menambah Durasi Kerja pada Burung Love Bird di Lapangan


Tipsburung.com - Dalam lomba burung berkicau, durasi kerja menempati penilaian paling vital, apalagi untuk burung Love Bird. Sebagaimana diketahui bahwa biasanya peserta burung paruh bengkok ini sangat banyak dan bahkan bisa full gantangan sehingga durasi penilaian juga akan lebih lama. Hal initentu saja menuntut durasi kerja burung juga harus lama.

Untuk sekala latpres, durasi penjurian untuk burung Love Bird dengan full gantangan biasanya tidak kurang dari 20-25 menit. Karenanya, selama kurun waktu itu, burung harus ngekek terus hingga penilaian berakhir. Belum lagi jika dalam event, durasi penilaian bisa tembus 30 menit lebih yang tentunya akan sangat menguras energi burung karena dituntut ngekek selama durasi waktu penilaian tersebut.

Bagi sebagian burung, ngekek selama durasi itu tidak bisa. Kadang kala, menjelang penialan akhir, burung sudah loyo dan tidak mau berbunyi lagi. Bahkan ada sebagian lagi yang baru pertengahan penilaian sudah gembos. Karenanya, burung Love Bird yang seperti ini akan sangat susah untuk bisa masuk dan menadpatkan bendera nominasi. Sebab, hanya burung dengan durasi panjang yang bisa mendapatkan bendera koncer.

Untuk itu, untuk burung Love Bird yang mempunyai durasi kerja kurang maksimal saat di lapangan, ada beberapa tips yang dapat dilakukan sebagaimana berikut.

Setelan yang pas
Setelan yang pas tentu saja menjadi modal yang paling penting supaya Love Bird bisa tampil dengan durasi yang maksimal. Sebab setelan ini berkaitan dengan birahi dan stamina burung yang juga pas. Burung dengan setelan yang pas tentu saja bukan hanya akan membuat burung akan berbunyi terus namun juga akan mempunyai stamina yang prima sehingga performanya bisa maksimal.

Setelan dalam konteks ini sangat berkaitan dengan porsi pemberian ekstra foding yang biasanya berupa jagung muda dan kankung. Selain itu, setelan yang pas juga berkaitan erat dengan rawatan selama berada di lapangan. Sedangkan untuk stamina, biasanya sangat ditentukan oleh rawatan harian selama di rumah.

Pengembunan
Diketahui bahwa pengembunan sangat penting bagi burung. Bukan hanya akan membuat burung lebih rajin berbunyi karena burung Love Bird senantiasa serasa berada di alam habitatnya namun juga akan mempunyai durasi kerja yang maksimal saat di lapangan. Hal ini disebabkan karena pengembunan bisa membuat burung semakin refresh dan nyaman sehingga mempunyai stamina yang kuat saat lomba.

Untuk itu, keluarkan burung Love Bird Anda sepagi mungkin. Waktu yang paling baik untuk melakukan pengembunan ialah sekitar jam 5 pagi hingga terbitnya matahari. Hal ini bisa Anda lakukan setiap hari hingga menjadi kebiasaan burung Anda. Setelah terbit matahari, burung Love Bird bisa dientas dari pengembunan untuk dimandikan. Setelah diberikan ekstra foding, burung langsung dijemur sesuai dengan kebiasaannya.

Pengumbaran
Pengumbaran pada hakikatnya sama halnya dengan olah raga pada manusia. Sebab dengan pengumbaran, burung Love Bird bisa melakukan aktivitas dan latihan fisik. Ini tidak hanya akan membuat burung menjadi langsing dan sehat namun juga akan menambah durasi ngekek burung Love Bird. Bahkan pengumbaran juga bisa membantu menambah durasi  kerja burung Love Bird saat di lapangan.

Pengumbaran tidak lantas dilakukan setiap hari namun harus disesuaikan dengan karakter burung. Sebab ada kalanya pengumbaran yang berlebihan menjadi tidak baik karena dalam beberapa kasus burung malah tidak bisa bekerja dengan maksimal. Karenanya, umbar Love Bird sesuai dengan kondisi dan kemauan burung.

Mandi Malam
Mandi malam juga sebagai metode yang dapat Anda lakukan untuk membuat burung memiliki durasi panjang saat di lapangan. Hal ini disebabkan karena mandi malam bisa menambah kegacoran burung dan juga durasi ngekeknya. Karenanya, mandi malam bisa Anda jadikan sebagai terapi untuk burung Love Bird yang memiliki durasi kerja kurang maksimal saat di lapangan.

Pakan berkualitas
Pakan berkualitas juga sangat menentukan maksimal dan tidaknya durasi kerja burung Love Bird saat di lapangan. Sebab pakan adalah sumber energi dan stamina burung. Love Bird dengan pakan yang berkualitas akan memiliki performa yang sangat bagus karena burung mempunyai energi dan stamina yang sangat baik. Untuk itu, berikan burung Love Bird pakan yang berkualitas yang memenuhi standar gizi burung.

Sering diajak latberan
Melatih burung Love Bird sesering mungkin memungkinkan burung sangat terbiasa dengan aktivitasnya ini. Hal ini pada gilirannya dapat membuat kinerja burung semakin baik setiap harinya. Karenanya, sering-seringlah untuk menurunkan burung Love Bird Anda ke latberan sebagai latihan dan untuk mencari setelan yang pas.

Untuk burung Love Bird yang masih muda, tentu saja latihan tidak dianjutkan lebih sering karena kondisi burung masih sangat labil, utamanya dari segi mental. Namun untuk burung yang sudah berumur, sekali sehat, sekalipun dilatberkan setiap hari tentu saja tidak menjadi masalah. Bahkan ini bisa membuat burung bisa lebih cepat menguasai medan sehingga bisa berbunyi dengan los ketika dilombakan.

Cara Menambah Durasi Kerja pada Burung Love Bird di Lapangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment