Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, August 29, 2016

Cara Mengatasi Cendet Salto dan Macet Bunyi Paling Jitu

Tipsburung.com - Banyak sekali keluhan penghobi cendet tentang cendetnya yang tiba-tiba salto. Perilaku ini semakin diperparah dengan kondisi cendet yang juga mogok atau macet bunyi. Karenanya, sebagai burung peliharaan, cendet benar-benar tidak bisa dinikmati. Malah memberikan segudang misteri dan keresahan yang harus dipecahkan dengan segera.

mandi malam sangat efektif mengurangi stres pada burung

Tidak akan ada asap kalau tidak api. Itulah peribahasa yang cocok diberikan pada cendet yang salto dan bahkan mogok bunyi tersebut. Cendet berperilaku seperti ini, tentu saja mempunyai sabab namun kadang kala bagi penghobi cendet yang masih awam, hal ini tidak disadarinya. Tiba-tiba burung berubah menjadi aktraftif dan mogok bunyi tanpa sebab yang jelas.

Burung yang salto dan mogok bunyi sebagai tanda dari burung yang stres. Burung dalam kondisi ini tidak nyaman dan bahkan merasa tertekan. Akibat yang lebih ekstrem, burung tidak hanya berhenti bunyi dan salto namun bisa juga jadi gelabakan.

Ketika didekati, burung cendet berusaha menghindari Anda sehingga ekor bisa rusak. Parahnya lagi, paruh burung cendet juga bisa mengalami cecel berat yang ditandai dengan adanya luka berdarah.

Untuk mengatasi masalah ini, tidak lain dan tidak bukan, cara terbaiknya adalah harus mengetahui sebab musababnya. Namun jika Anda benar-benar tidak memahaminya, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut.

Full kerodong
Penanganan pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi cendet yang salto dan mogok bunyi tersebut adalah mengerodongnya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya kondisi burung tidak semakin parah sehingga penanganannya pun akan bertambah berat. Pengerodongan ini bisa dilakukan dalam waktu yang tidak bisa ditentukan karena harus melihat kondisi burung. Jika burung telah mengalami perkembangan, pengerodongan bisa dihentikan dan dilakukan ketika malam hari saja.

Terapi suara air mengalir

Penanganan selanjutnya adalah mencoba menghilangkan stres yang dialami burung. Caranya bisa dilakukan dengan memberikan terapi suara air mengalir. Suara ini diperdengarkan pada burung cendet yang stres ini dengan volume pelan namun sangat jelas. Hal ini bisa dilakukan non stop selama 24 jam atau ketika malam hari saja. Artikel tentang terapi suara air megalir, baca lagi di SINI.

Mandi malam
Mandi malam sangat direkomendasikan untuk mengembalikan kondisi burung. Sebab mandi malam ini memberikan manfaat yang sangat penting untuk burung. Karenanya, melakukan mandi malam setiap hari sangat penting Anda lakukan. Namun begitu, karena burung masih dalam kondisi stres, sebaiknya semprotan harus disetel embun dan atur jarak agar tidak terlalu dekat dengan burung. Sebab dikhawatirkan burung malah menjadi ketakutan sehingga akan trauma pada Anda.

Saat burung selesai mandi, angin-anginkan terlebih dahulu kurang lebih 10 menit. Selanjutnya bisa langsung dikerodong dan masukkan ke dalam rumah. Artikel tentang mandi malam, baca lagi di SINI.

Terapi lapar
Setelah burung sudah tidak begitu salto, terapi lapar bisa Anda lakukan. Karenanya, saat Anda membuka kerodong dan ingin memberikan jangkrik, jangan langsung berikan. godalah terlebih dahulu sehingga burung cendet mau mengejar jangkrik yang ada di tangan Anda. Setelah dirasa cukup memainkan cendet, jangkrik bisa langsung diberikan. Tentang terapi lapar, baca lagi artikelnya di SINI.

Terapi lapar ini selain akan menurunkan emosi salto pada burung cendet, burung juga akan menjadi jinak kembali. Karenanya, terapi ini hanya direkomendasikan untuk burung-burung yang stres dan mengalami trauma berat sehingga burung glabakan.

Diembunkan
Pengembunan pada pagi hari juga bisa dilakukan. Namun menurut hemat tipsburung.com, sebaiknya pengembunan dilakukan setelah burung tidak terlalu stres. Sebab burung yang diumbar atau tanpa dikerodong dalam jangka lama, berpotensi memperparah salto pada burung. Lagi pula, pengembunan kurang efektif untuk mengurangi salto namun lebih cocok dilakukan untuk cendet yang kurang gacor. Karenanya, pengembunan ini hanya direkomendasikan pada burung cendet yang sudah tidak salto lagi.

Gacorkan lagi
Burung cendet yang sudah terbebas dari stres biasanya ketika kerodong dibuka sudah tidak salto atau glabakan lagi. Namun biasanya, hal ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karenanya, Anda harus bersabar selama proses penyembuhan ini. Untuk bunyi, mungkin saja burung belum mau bunyi meskipun burung sudah mengalami banyak kemajuan.

Karenanya, setelah burung sudah tidak polah dan salto lagi, perawatan selanjutnya adalah tahap penggacoran. Untuk hal ini, Anda bisa melakukan seting ulang pada menu harian burung dengan meningkatkan pemberian jangkrik dan menambahkan menu kroto. Selanjutnya, mandi dan jemur juga sudah bisa dilakukan seperti biasa supaya kondisi burung lebih cepat stabil.

Demikian cara mengatasi cendet yang salto dan macet bunyi, semoga bermanfaat…!!!

Cara Mengatasi Cendet Salto dan Macet Bunyi Paling Jitu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

Sinidomino Neo said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment