Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, August 5, 2016

Cara Mengatasi Indukan Love Bird Sering Ngelemak atau Mudah Gemuk


Tipsburung.com - Love Bird yang hidup dalam sangkar, apalagi kandang penangkaran mempunyai risiko yang tinggi untuk mengalami kegemuka. Selain faktor kurang gerak karena berada kandang penangkaran yang kecil, juga karena burung hanya berproduksi, mengeram dan membesarkan anak-anaknya yang memungkinkan burung memakan makanan lebih banyak daripada biasanya. Apalagi masa produksi adalah masa di mana burung kondisi badan burung memang mengalami perubahan hormone sehingga mudah gemuk.

Utuk burung Love Bird yang mengalami penambahan berat badan dalam penangkaran tentu sebuah hal yang wajar sepanjang masih dalam tahap yang normal. Sebab, hal ini biasanya akan normal kembali setelah beberapa hari sehabis menyapih anak-anaknya. Namun jika bertambahnya lemak terjadi secara berlebihan (misalnya sampai dada terlihat menguning) akan menjadi masalah serius. Apalagi jika misalnya lemak tersebut tidak kunjung menyusut.

Kondisi di atas harus diatasi dengan segera, jika tidak, burung bukan hanya semakin malas bergerak dan berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan. Burung Love Bird yang kegemukan juga bisa mengurangi frekuensi produksinya karena terhambat oleh adanya lemak yang berlebih tersebut. Akibatnya, meskipun burung Love Bird selalu kawin, kadang kala akan sangat sulit untuk bertelur. Sekalipun bertelur, kadang kala berisiko tidak menetas atau tidak jadi.

Untuk itu, di bawah ini adalah beberapa cara atau metode yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi indukan Love Bird yang sering kali ngelemak atau mudah gemuk.

Masalah pakan biji-bijian
Untuk biji-bijian, sebaiknya jangan terlalu banyak jenisnya. Berikan milet putih yang dicampur dengan kenari seed saja. Sebab terlalu banyak jenis biji-bijian yang diberikan, akan semakin menambah napsu makan burung. Akibatnya, burung akan menjadi banyak makan sehingga timbunan kalori dan lemak semakin menumpuk dalam tubuh burung. Apalagi jika burung hidup dalam kandang kecil, timbunan lemak ini akan semakin banyak karena burung kurang gerak.

Perbanyak sayur dan buah
Selain menyehatkan, sayuran dan buah juga bisa membantu mengurangi timbunan lemak dalam tubuh burung Love Bird. Karenanya, sayuran maupun buah bisa dimasukkan ke dalam menu program diet burung Love Bird yang kegemukan atau mudah gemuk. Untuk itu, sangat disarankan untuk mengurangi pemberian biji-bijian dan perbanyak takaran sayuran dan buah yang dapat diberikan secara selang-seling. Beberapa sayuran dan buah yang sangat direkomendasikan ialah seperti kangkung, anggur, sawi, pir, apel, dan lain sebagainya.

Ubah ukuran sangkar lebih besar
Sebagaimana disinggung pada poin di atas, ukuran kandang sangat mempengaruhi kondisi burung Love Bird. Sangkar yang kecil membuat buurng ini tidak banyak bergerak, akibatnya lemak burung menjadi menumpuk. Untuk itu, ubahlah ukuran sangkar ternak Love Bird Anda dengan yang lebih besar. Kalau perlu, buatlah sangkar yang sangat besar sebagaimana kandang untuk penangkaran koloni. Kandang model seperti ini memberikan kesempatan pada burung untuk bisa terbang dengan jarak yang lebih jauh sehingga bisa melakukan olah fisik dengan baik. Kandang ini sama halnya dengan kandang umbaran yang saat ini banyak dipilih oleh para penghobi dan pemain burung Love Bird ini untuk meningkatkan performanya di lapangan.

Berikan ayunan
Jika Anda tetap menggunakan sangkar berukuran kecil, sebaiknya berikan ayunan. Biarkan burung paruh bengkok ini bermain setiap saat sebab aktivitas ini bisa membakar lemak burung. Tidak hanya itu, ayunan juga bisa membuat burung lebih sehat karena, meskipun gerakan-gerakannya cenderung ringan, olah fisik ini sangat penting untuk kesehatan burung.

Sering dijemur
Pada saat burung sudah menyapih anak-anaknya, sebaiknya dilakukan penjemuran yang rutin setiap hari. Adapun caranya, Anda bisa melakukannya dengan cara dipindahkan terlebih dahulu ke sangkar bulat/harian kemudian dijemur. Selain itu, Anda bisa langsung menjemurnya dengan sangkar ternak namun ini terlalu ribet untuk dilakukan.

Dilakukannya penjemuran seperti ini, selain untuk memberikan waktu untuk terapi, juga memberikan jeda pada burung supaya tidak berproduksi secara terus-menerus. Dengan diberikan jeda seperti ini, diharapkan burung menjadi lebih siap jika berproduksi lagi. Selain itu, burung juga akan menjadi lebih langsing sehingga lebih sehat.

Demikian metode yang bisa dirumuskan untuk mengatasi Love Bird indukan yang sering ngelemak, semoga bermanfaat dan bisa membantu masalah Anda. 

Cara Mengatasi Indukan Love Bird Sering Ngelemak atau Mudah Gemuk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment