Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, August 7, 2016

Cara Mengatasi Love Bird Stres Akibat Sangkar Terjatuh


Tipsburung.com - Karena sebuah kesalahan kecil saat mencantolkan sangkar, kadang kala burung Love Bird terjatuh hingga akhirnya menjadi stres. Hal ini membuat burung ini menjadi tidak mau berbunyi seperti biasanya. Bahkan kadang kala sampai membuat burung paruh bengkok ini menjadi giras yang biasanya disertai oleh perilaku negatif lainnya.

Dalam menyantolkan burung memang tidak boleh sembarangan dan harus dilakukan secara hati-hati. Ketika burung terjatuh dan mengalami stres, tentu saja hal ini bisa merepotkan Anda. Apalagi kondisi burung Love Bird yang stres seperti ini membutuhkan perawatan khusus. Alih-allih kondisi burung seperti semula, perawatan yang kurang tepat bisa membuat burung Love Bird ini membisu selamanya.

Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara merawat burung Love Bird yang stres ini akibat sangkar terjatuh.

Tempatkan di tempat yang tenang
Jika burung Love Bird Anda terjatuh hingga mengalamin stres, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengisolasi burung tersebut. Jika bisa, tempatkan burung tersebut di tempat yang tenang dan aman. Tenang dalam arti lokasi tidak berisik dan jauh dari suara burung lain dan aman dari gangguan seperti binatang buas dan lalu lalang orang yang membuat burung merasa takut.  Kondisi yang tenang dan aman ini akan membantu meredakan stres dan kaget yang dirasakan oleh burung tersebut.

Manjakan burung sementara waktu
Jika pada rawatan harian Anda hanya memberikan pakan milet saja, Anda bisa memberikan pakan racikan yang lengkap. Hal ini bertujuan untuk membuat burung merasa lebih nyaman dan tenang. Berikan pula EF seperti kangkung dan jagung muda setiap hari supaya burung semakin merasa nyaman dan aman.

Tempatkan dekat kamar mandi atau putarkan suara air mengalir
Jika mungkin, carilah tempat isolasi tersebut yang paling dekat dengan kamar mandi sebab suara air biasanya bisa membantu meredakan stres yang dialami oleh burung. Jika tidak mungkin, Anda bisa memutarkan suara air mengalir dengan volume yang pelan, ini juga membantu untuk memulihkan kondisi burung yang stres tersebut.

Putarkan suara alam
Suara alam yang berisi suara burung yang sahut-menyahut di alam bebas sewaktu-waktu juga bisa Anda putarkan atau diputar berbarengan dengan suara air di atas. Keduanya mempunyai manfaat dan khasiat yang sama sehingga tidak menjadi masalah jika diputarkan secara bergantian. Buurng akan merasa berada di alam habitatnya sehingga akan lebih fresh. Untuk itu, Anda bisa memprogram kedua suara tersebut dalam hape atau Mp3 Anda.

Lakukan pengembunan dengan rutin
Pengembunan juga bisa Anda lakukan setiap pagi mulai jam 5 hingga terbit matahari. Pengembunan ini juga sangat penting dilakukan karena akan membuat burung merasa refresh. Burung akan merasa hidup di alam habitatnya sehingga sangat cepat dalam memulihkan masalah psikologis burung.

Sesekali mandi malam
Sesekali Anda juga perlu memberikan mandi malam pada burung Love Bird Anda yang stres tersebut. Mengapa hanya sesekali? Karena mandi malam yang terlalu sering pada burung yang mengalami stres bisa mengakibatkan kondisi burung semakin drop. Sedangkan jika hanya sesekali, burung akan merasa lebih fresh sehingga sangat penting untuk dilakukan. Paling tidak, mandi malam dilakukan setiap dua hari sekali.

Berikan mainan
Buurng Love Bird ini adalah burung yang suka bermain. Karenanya, tidak ada salahnya jika Anda mencoba memberikan mainan tersebut supaya burung bisa dengan lebih cepat melupakan apa yang baru saja terjadi padanya sehingga burung lebih cepat terbebas dari stres. Beberapa mainan bisa Anda dapatkan di took-toko atau kios-kios burung yang memang didesain untuk burung Love Bird.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi buurng Love Bird yang sedang mengalami stres akibat sangkar yang terjatuh. Dengan beberapa metode ini diharapkan burung Love Bird Anda bisa sembuh lebih cepat sehingga bisa ngekek kembali dengan rajin.

Cara Mengatasi Love Bird Stres Akibat Sangkar Terjatuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment