Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, August 1, 2016

Cara Mengatasi Sogok Ontong Nyilet

Tipsburung.com - Sogok ontong adalah burung masrter yang mempunyai suara sangat indah. Tidak hanya ngerolnya yang ciamik, burung kecil ini juga bisa ngembrem atau nembak dengan gaya khasnya. Inilah yang kemudian membuat burung ini menjadi mahal.


Memang jika Anda membeli bakalan muda hutan di pasar atau kios-kios burung berkicau, harganya hanya berkisar antara 10.000 – 20.000 rupiah. Harga ini tentu sangat murah untuk ukuran burung burung sekali pun hanya burung tangkapan hutan. Namun jika burung ini sudah jinak, agcor, dan bagus, burung ini akan menjadi burung mahal. Harganya pun tidak kalah dengan harga Kolibri Ninja sebab kicau Sogok Ontong yang bagus ini memang tidak kalah menariknya dengan Kolibri Ninja.

Untuk burung Sogok Ontong yang baru Anda beli di pasar, kadang kala selain kurang doyan makan, juga kerap kali kurus atau nyilet. Burung dengan kondisi ini biasanya rawan mati karena burung semakin hari akan semakin kehabisan tenaga sehingga pada akhirnya akan mati. Dan kondisi nyilet seperti ini bukan hanya disebabkan karena burung yang kurang doyan makan namun lebih disebabkan karena masalah asupan.

Untuk itu, jika Anda mempunyai Sogok Ontong ontong yang nyilet, ada baiknya Anda memberikan asupan yang sangat baik untuk burung. Karenanya, tidak cukup jika Anda hanya memberikan asupan air gula pada Sogok Ontong sebab itu tidak bisa menggemukkan burung. Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan dua makanan yang bisa Anda berikan pada Sogok Ontong Anda yang nyilet.

Berikan susu kental
Susu kental ini bukan hanya baik karena berasa manis sehingga sangat cocok untuk burung Sogok Ontong. Lebih dari itu, susu kental sangat baik karena bisa menggemukkan burung Sogok Ontong yang nyilet.

Berikan sirup
Sirup seperti merek-merek tertentu seperti Marjan juga bisa Anda berikan pada Sogok Ontong. Sebab, minuman ini mengandung banyak nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh Sogok Ontong. Karenanya, sirup selain bisa membuat burung menjadi makan lahap juga akan menjadi gemuk.

Saat burung Sogok Ontong Anda nyilet, jangan sekali-kali Anda memberikan madu sebab minuman ini mempunyai efek panas, akibatnya kondisi burung bisa semakin memburuk. Lagi pula, madu adalah makanan yang kurang aman bagi Sogok Ontong karena termasuk makan ekstrem sehingga burung yang diberikan madu bisa menjadi kurus.

Demikian cara mengatasi burung Sogok Ontong yang nyilet. Semoga bermanfaat…!!!

Cara Mengatasi Sogok Ontong Nyilet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment