Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, August 20, 2016

Cara Menyiapkan dan Membawa Burung Agar Tidak Mati Selama Perjalanan

Tipsburung.com - Ada banyak kasus di mana burung kadang kala mengalami penurunan kesehatan atau bahkan mati ketika di bawa dalam perjalanan jauh. Ini tentu menjadi masalah serius sebab kadang kala pula, burung yang Anda bawa bukanlah “burung sayur” namun burung prospek atau bahkan prestasi yang baru dibelinya dari seorang kawan atau pemain.

Membawa burung dalam perjalanan jauh dengan jaminan kemanan yang baik sebenarnya tidak sulit. Namun pastikan, sebelum Anda membawanya, burung benar-benar dalam kondisi fit alias tidak sedang terjadi suatu masalah pada kesehatan burung. Cek kotoran dan kondisi matanya di mana burung sehat ditandai dengan kotoran yang padat dan tatapan mata burung tajam alias tidak semu.


burung dibawa menggunakan bok kenari

Saat Anda hendak membawa burung dalam perjalanan, pastikan Anda mengetahui beberapa hal berikut supaya burung tetap dalam kondisi sehat dan minim stres.

Berikan sangkar yang pas
Sebaiknya, pilihlah sangkar yang agak kecil seperti sangkar yang biasa dipakai untuk burung-burng kecil. Sangkar kecil ini selain akan membuat perjalanan Anda lebih simpel, juga burung menjadi lebih enak selama perjalanan. Burung juga bisa bergerak dengan baik sehingga kesehatan burung, baik dari segi fisik maupun psikologis, sangat terjamin. Namun pastikan, sangkar tersebut harus dikerodong terlebih dahulu demi kenyamanan Anda dan burung Anda.

Anda juga bisa memakai bok burung yang biasa dipakai untuk wadah kenari. Kotak ini selain membuat burung Anda lebih leluasa bergerak juga mempunyai sirkulasi udara yang baik sehingga burung menjadi sangat aman. Keuntungan lainnya adalah wadah ini tidak terlalu besar sehingga untuk burung-burung yang biasanya banyak gerak seperti cendet atau pentet menjadi sangat aman dari stres. Sebab, burung cendet atau pentet semakin banyak gerak maka kemungkinan mengalami stres lebih besar.

Wadah lainnya yang sangat direkomendasikan adalah kardus. Pilihlah kardus yang mempunyai ukuran kurang lebih sama dengan kedua wadah di atas. Pilihlah kardus yang berukuran kecil untuk meminimalisir gerak burung selama perjalanan. Dan jangan lupa, berikan beberapa lubang sebagai tempat keluar masuknya udara supaya sirkulasinya terjaga dengan baik.


burung dibawa menggunakan kardus

Untuk burung cendet, sangat tidak disarankan untuk memakai bumbung sebagaimana banyak dipakai oleh cendet mania Madura dan Jawa Timur. Sebab bumbung sangat membatasdi gerak burung selama dalam perjalanan. Selain sirkulasi darah menjadi kurang lancar, bumbung bisa membuat burung mengalami sesak napas sehingga sangat berisiko mengalami kematian pada burung. Namun begitu, jika perjalanan yang akan Anda tempuh hanya 50-100 kilo meter, tentu saja aman-aman saja.

Begitu juga sangat tidak disarankan menggunakan selongsong dan sejenisnya. Sebab, wadah ini pun sangat berisiko pada kesehatan burung. Selongsong berpotensi menyebabkan burung mati dalam perjalanan karena selain mudah tertindih / terhimpit saat Anda lupa, juga sirkulasi udaranya kurang bagus sekalipun Anda memberikan lubang yang banyak.

Berikan EF sebanyak mungkin
Sebelum Anda membawa burung kicauan Anda ini dalam perjalanan, untuk burung pemakan serangga, sebaiknya berikan jangkrik sebanyak mungkin. Bahkan kalau perlu, gelontor sampai burung tidak mau lagi. Ini berfungsi supaya burung berangkat perjalanan dalam kondisi kenyang sehingga akan lebih aman dari kematian akibat kelaparan.

Untuk burung pemakan biji-bijian seperti kenari dal love bird, sebaiknya berikan jagung terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam wadah. Tuggu beberapa saat dan biarkan burung makan sekenyang mungkin. Setelah dirasa cukup, burung bisa langsung dipindahkan ke dalam wadah.

Berikan air minum dan pakan
Jika Anda menggunakan sangkar, sebaiknya berikan cepuk air minum yang didalamnya telah diisi dengan kapas. Kapas ini berfungsi sebagai penahan air sehingga jika misalnya air tumpah masih ada sisa air yang bisa diminum oleh burung yang ada dalam kapas.

Berikan pula cepuk berisi voer atau biji. Anda juga bisa memberikan jangkrik atau jagung muda dalam cepuk berbeda. Sebab voer maupun biji-bijian sangat berisiko tumpah, kecuali Anda bisa menjaga posisi sangkar dengan baik selama perjalanan.

Adapun jika Anda menggunakan wadah burung selain sangkar, untuk burung pemakan serangga, Anda bisa langsung memasukkan beberapa jangkrik yang sebagian sudah dimatikan. Untuk burung pemakan biji-bijian, Anda bisa memasukkan kangkung atau jagung ke dalam wadah. Semua pakan ini harus diberikan supaya burung bisa makan ketika merasa lapar.

Tempatkan di tempat paling enak dan amanSaat dalam perjalanan, pastikan wadah burung ditempatkan di tempat yang paling aman. Misalnya, taruh di atas barang-barang bawaan Anda yang lain atau di pangkuan Anda. Yang demikian ini sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan burung.

Demikian cara menyiapkan dan membawa burung selama perjalanan jauh supaya burung tetap sehat dan minim stres. 


Semoga bermanfaat………..!!!

Cara Menyiapkan dan Membawa Burung Agar Tidak Mati Selama Perjalanan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment