Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, August 19, 2016

Cara Merawat Anis Merah dari Trotol Supaya Cepat Teler

Tipsburung.com - Anis merah adalah burung fighter yang mempunyai gaya tarung teler sehingga tergolong ke dalam salah satu burung yang mempunyai gaya tarung yang unik. Namun begitu, untuk mengeluarkan gaya teler ini pada seekor anis merah kadang kala sangat susah. Hal ini disamping dipengaruhi faktor kondisi dan genetik, juga faktor perawatan.

Dari ketiga faktor di atas, perawatan mempunyai peranan yang paling penting. Karenanya, perawatan yang baik sangat dibutuhkan untuk membuat burung punglor ini bisa cepat teler. Namun begitu, tidak semua penghoby bisa memahami masalah ini sehingga problem yang sebenarnya terjadi di balik tidak telernya anis merah sangat kompleks.

anis merah muda teler (gambar: youtube.com)

Untuk anis merah yang dipelihara dari trotol, tentu saja membutuhkan perawatan yang lebih ekstra lagi. Sebab, sebagaimana telah manfhum, perawatan burung trotol memang sangat vital karena ini sangat menentukan prospek dan tidaknya kelak. Anis merah trotol yang mendapatkan perawatan yang bagus, bisa membuta burung anis muda ini bisa lebih cepat teler.

Dalam beberapa kasus, anis merah umur 4 bulan sudah bisa teler dengan baik. Hal ini disebabkan karena anis merah muda ini mendapatkan perawatan yang baik dari sang empunya. Perawatan yang baik dalam konteks ini bukan hanya masalah mandi dan jemur serta pengondisian. Perawatan yang baik mencakup semua elemen rawatan harian burung anis merah, mulai sajak belajar nangkring hingga lepas trotol.

Lalu bagaimana cara perawatan yang baik untuk anis merah supaya lebih cepat gacor? Perawatan yang baik pada anis merah trotol diklasifikasikan dalam dua tahap, perawatan saat masih trotol dan saat ganti bulu sebagaimana berikut.

1# Perawatan saat masih trotol
Perawatan anis merah saat masih trotol setidaknya Anda harus memberikan perawatan sebagaimana berikut.

Pemberian EF
Burung anis merah adalah burung pemakan serangga, karenanya burung harus diberikan asupan serangga berupa njangkrik. Pemberian jangkrik ini harus dilakukan setiap hari, pagi dan sore atau bahkan ditambah siang hari. Adapun takaran menu jangkrik dalam setiap pemberian paling tidak 2 ekor. Sebelum diberikan, pastikan semua kaki dan kepala jangkrik dibuang terlebih dahlu supaya burung anis merah yang masih trotol ini bisa makan dengan enak. Di samping itu, hal ini juga sabagai upaya pencegahan terhadap terjadinya hal-hal yang kurang diinginkan pada kesehatan burung.

Pemberian buah
Di samping pemakan serangga, anis merah juga makan buah. Sama seperti jangkrik, buah ini harus diberikan setiap hari yang diberikan secara variatif. Adapun beberapa buah yang dapat Anda berikan pada anis merah trotol ini ialah seperti apel, pepaya, dan beberapa buah lainnya. Namun kedua buah tersebutlah yang paling direkomendasikan karena mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh burung, utamanya dalam membantu pertumbuhan burung.


pepaya salah satu buah terbaik untuk anis merah

Pemberian cacing
Cacing tanah termasuk ke dalam salah satu pakan anis merah yang sangat baik. Cacing ini bisa dikatakan sebagai pengganti kroto atau jangkrik karena mempunyai kandungan nutrisi yang tidak jauh berbeda dengan kedua jenis EF tersebut. Cacing ini bisa diberikan setiap hari dengan takaran 2 ekor pada sat pagi dan sore.

Sebelum diberikan, cacing hendaknya dibershihkan terlebih dahulu dari kotoran yang ada dalam perutnya. Caranya adalah dengan direndam dengan menggunakan air bersih selama semalam. Besok harinya, cacing ini sudah bisa diberikan pada burung anis merah setelah sebelumnya dipotong-potong kecil terlebih dahulu.

Pemberian kroto
Kroto juga bisa diberikan pada trotol anis merah sebab EF ini kaya akan berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan burung. Karenanya, paling tidak, berikan kroto ini dua kali seminggu. Namun yang perlu diingat, sebelum Anda memberikannya pada anis merah trotol ini, sebaiknya dibuang terlebih dahulu semut rang-rangnya sampai bersih. Pastikan pula, Anda hanya memberikan kroto yang bagus dan masih segar.

Masalah jemur dan mandi
Untuk masalah jemur dan mandi sebaiknya hanya dilakukan seperlunya saja. Sebab, kerap kali air maupun sinar matahari bisa mengganggu dan bahkan menunda jatuhnya bulu piyik pada burung trotol. Hal ini disebabkan karena keduanya, baik sinar matahari maupun air saat mandi, bisa membuat bulu burung menjadi segar kembali sehingga proses ganti bulu bisa terhambat. Karenanya, mandikan burung sesuai dengan kondisi burung. Namun untuk jemur, bisa dilakukan lebih rutin karena pada usia ini burung sangat membutuhkan sinar matahari.

2# Perawatan saat ganti bulu
Seebnarnya, perawatan burung trotol anis merah ketika proses ganti bulu ini tidak jauh berbeda dengan masa sebelum jatuh bulu sebagaimana telah diulas di atas. Hanya saja, terdapat sedikit perbedaan, utamanya dalam setelan EF karena tindakan apapun dalam masa ini harus disesuaikan dengan kondisi burung. Sebab, burung sudah berada dalam proses menuju teler sebagaimana diharapkan. Jika tidak, usaha yang Anda lakukan ini berisiko mengalami kegagalan.

Perawatan burung anis merah yang sudah mulai menjatuhkan bulu sebaiknya masalah birahi burung harus diperhatikan dengan baik. Sebab, alih-alih ingin menjadikan burung trotol setelah tuntas ganti bulu menjadi gacor dan teler, burung malah menjadi over birahi. Karenanya, apapun tindakan yang akan Anda lakukan harus disesuaikan dengan kondisi burung.

Ketika burung pada masa itu kurang birahi, sebaiknya pemberikan EF ditingkatkan. Hal ini bukan hanya bertujuan supaya nanti burung menjadi lebih cepat gacor dan teler namun juga bermanfaat untuk proses pergantian bulu. Burung yang mendapatkan asupan jangkrik lebih banyak, proses ganti bulu biasanya akan terjadi lebih cepat. Pun ketika sudah seelsai ganti bulu, burung sudah siap untuk menjadi burung gacor dan teler.

Hal penting yang harus diingat ketika berada dalam masa proses ganti bulu dewasa, penjemuran pada anis merah sebaiknya dikurangi. Sebab dalam kondisi ini, bulu burung mayoritas masih ngebung dan muda sehingga sangat berisiko jika terkena sinar matahari, apalagi dalam paparan yang cukup lama. Alih-alih ingin membuat burung menjadi lebih sehat namun malah bulu menjadi kriting.

Demikian tips yang bisa disampaikan mengenai cara merawat anis merah dari trotol supaya cepat teler. Semoga bermanfaat….!!!

Cara Merawat Anis Merah dari Trotol Supaya Cepat Teler Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment