Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, August 31, 2016

Cara Mudah Membedakan Jenis Kelamin Anakan Burung Sogok Ontong

Tipsburung.com Untuk membedakan jenis kelamin burung Sogok Ontong trotol tentu saja sangat mudah karena ciri jantan dan betina sangat mudah untuk dikenali. Burung Sogok Ontong jantan ditandai dengan timbulnya bintik metalik hitam di bawah dagu burung. Sedangkan burung Sogok Ontong betina tidak ada bintik apapun alias berwarna kuning polos.


Untuk burung Sogok Ontong anakan atau yang belum keluar metaliknya, ini sangat susah, utamanya bagi Anda yang masih awam terhadap burung yang juga disebut madu sriganti ini. Sebab, baik jantan maupun betina belum menunjukkan perbedaan apapun. Dalam hal ini, jika berpatokan pada tanda di atas, dagu burung masih sama-sama kuning polos alias belum ada metaliknya.

Namun jika Anda amati, perbedaan jantan dan betina pada burung Sogok Ontong yang masih anakan ini sebenarnya sudah bisa Anda kenali. Burung Sogok Ontong jantan memiliki beberapa ciri yang sangat menonjol sehingga akan mempermudah Anda dalam menentukan jenis kelamin burung Sogok Ontong. Lalu apa saja ciri-ciri burung Sogok Ontong jantan dan betina?

Sebenarnya, perbedaan jenis kelamin Sogok Ontong jantan dan betinya mempunyai ciri fisik yang sangat samar sehingga jika dilihat sepintas nyaris tidak akan terlihat sama saja. Namun jika Anda amati dengan saksama, akan tampak beberapa perbedaan yang mencolok antara Sogok Ontong jantan dan betina. Mereka mempunyai beberapa ciri fisik yang berbeda antara jantan dan betina. Untuk masalah ini, berikut penjelasannya.

Sogok Ontong jantan
Sogok Ontong jantan mempunyai beberapa ciri sebagaimana berikut.


  • Alis kuning memanjang   
  • Ekor sering mekar
  • Warna ekor bagian atas hitam mengkilat
  • Warna dada kuning tua cerah

Sogok Ontong betina
Adapun ciri Sogok Ontong betina, mempunyai beberapa perbedaan dari Sogok Ontong jantan sebagaimana berikut.


  • Alis kuning pendek dan memutih
  • Ekor sering menyatu
  • Warna ekor bagian atas ngedof
  • warna dada kuning pudar

Itulah beberapa ciri dan perbedaan antara Sogok Ontong jantan dan betina. Ciri fisik ini harus Anda pahami dengan betul supaya bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat. Dan untuk hasil yang lebih akurat lagi, jangan cuma amati Sogok Ontong dari luar sangkar. Anda sangat dianjurkan untuk menangkap dan memegang Sogok Ontong lalu amati bagian kepala Sogok Ontong dengan baik. Cara ini memungkinkan Anda bisa lebih detail dalam mengamati Sogok Ontong.

Demikian cara membedakan jenis kelamin burung Sogok Ontong yang dapat kami jelaskan. Semoga artikel ini bermanfaat…!!!

Cara Mudah Membedakan Jenis Kelamin Anakan Burung Sogok Ontong Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment