Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, August 26, 2016

Cara Mudah Mengatasi Anakan Cendet Tidak Mau Makan Voer

Tipsburung.com - Sering kali terjadi kasus di mana anakan cendet tiba-tiba tidak mau makan voer padahal sebelumnya normal-normal saja. Ketika disuapi, paruh yang menganga mestinya langsung menelan lolohan voer namun untuk burung yang bermasalah seperti ini langsung dibuang dan dimuntahkan. Bahkan jika misalnya Anda mencoba memberikan voer lagi, burung anakan ini langsung bereaksi pergi sebagai tanda menolak. Hal ini berbeda halnya jika Anda memberikan jangkrik atau ulat di mana burung bisa langsung mengejar tangan Anda.


Akibat yang sering terjadi dari kondisi ini adalah di mana burung anakan cendet akan susah untuk makan voer setelah sampai waktunya makan voer sendiri nanti. Bukan tidak lapar, anakan burung cendet ini memang sengaja menolak makanan berupa voer ini karena burung memang sedang tidak selera makan karena mungkin tidak enak.

Di satu sisi, persoalan ini mungkin memang agak wajar karena pada hakikatnya di habitatnya burung cendet memang tidak makan voer. Namun mengingat Anda sudah mengajarinya sejak kemaren, tidak ada alasan bagi burung ini untuk menolak voer. Jika tetap menolak, berarti memang tengah terjadi suatu gangguan pada kesehatan burung atau sedang terjadi rawatan yang keliru.

Bisa saja anakan burung cendet ini memang tidak suka voer karena mungkin rasanya tidak enak. Kemungkinan lainnya adalah Anda terlalu banyak memberikan jangkrik sehingga perut burung selalu dalam kondisi kenyang oleh jangkrik. Akibatnya, lama-kelamaan burung emoh memakan voer yang Anda berikan.

Tidak hanya anakan, trotolan cendet pun juga bisa mengalami gangguan makan seperti ini. Akibatnya, Anda harus selalu memberikan jangkrik dengan frekuensi lebih sering bahkan dengan takaran yang lebih banyak supaya burung tidak miyik dan ramai karena burung hanya mau makan serangga. Jika tidak, bukan hanya miyik, trotol cendet ini juga bisa berisiko mati.

Lalu bagaimana cara mengatasi anakan atau trotolan cendet yang tidak mau makan voer? Setidaknya Anda harus melakukan pencegahan terlebih dahulu supaya anakan atau trotol cendet Anda makan vper sebagaimana berikut.

Cara mencegah anakan dan trotol cendet supaya tetap mau makan voer
Pencegahan supaya anakan cendet mau makan voer, dapat dilakukan dengan dua cara sebagai berikut.


  • Berikan jangkrik dengan takaran yang wajar saja, jangan terlalu banyak dan jangan pula terlalu sedikit. Idealnya, takaran jangkrik untuk cendet anakan hanya sekitar 2-3 ekor dalam sehari ditambah kroto. Sedangkan untuk cendet trotol berkisar 5 ekor pagi dan sore. Selebihnya, jika burung lapar, biarkan burung makan voer.
  • Untuk cendet anakan, jangan terlalu sering diloloh. Idealnya, waktu yang paling baik adalah setiap dua jam sekali. Jika sebelum waktu itu anakan cendet ini sudah miyik, biarkan saja. Asalkan tadi Anda melolohnya sampai kenyang, anakan cendet ini tidak akan mati.

Cara mengatasi anakan dan trotol cendet yang terlanjur tidak mau voer
 

1# Untuk cendet anakan
Cobalah untuk membuatkan adonan voer campur kroto. Adonan ini harus lebih banyak kroto daripada voer. Selain itu, adonan harus agak cair sehingga kayak bubur dengan tujuan supaya anakan burung bisa makan dengan lebih enak. Setelah itu, Anda bisa mencoba melolohkannya pada anakan burung cendet tersebut.

Jika anakan cendet tetap menolak dan cara makan jangkrikpun kurang lahap, berarti sedang terjadi gangguan pada kesehatannya sehingga napsu makannya juga menurun. Karenanya, Anda bisa mencari obat-obatan penambah napsu makan burung di pasaran. Selanjutnya, Anda bisa mencoba melolohkan adonan sejenis pada burung beberapa hari kemudian.

Jika anakan cendet tetap menolak namun jika diberikan jangkrik sangat lahap, berarti cendet ini lebih menyukai jangkrik daripada voer. Hal ini seringkali disebabkan karena Anda terlalu banyak memberikan jangkrik pada cendet anakan. Adapun solusinya adalah biarkan anakan burung dalam kondisi lapar lalu setelah itu lolohkan. Jika benar masalahnya hanya karena pemberian jangkrik terlalu banyak, burung anakan ini akan tetap mau saat Anda loloh.
Selama cendet anakan ini tidak mau makan voer, berikan jangkrik dengan cara mengeluarkan isi perutnya terlebih dahulu. Caranya, buang kepala jangkrik lalu pencet bagian perut sehingga isi perut keluar. Selanjutnya, berikan pada cendet anakan ini hingga kenyang. Pemberian jangkrik seperti ini diyakini dapat meningkatkan napsu makan burung dengan cepat.



2# Untuk cendet trotol
Kondisi ini pun kerap kali disebabkan karena Anda terlalu banyak memberikan jangkrik pada burung. Selain itu, kesehatan burung barang kali sedang bermasalah sehingga napsu makannya pun menurun. Nah, cara untuk mendeteksi masalah ini bisa dilakukan seperti pada trotolan di atas. Cobalah tes dengan menggunakan jangkrik. Jika burung trotol ini langsung menyambar jangkrik di tangan Anda, sudah pasti tidakmaunya cendet pada voer disebabkan karena kelebihan pemberian jangkrik. Namun jika tidak, kemungkinan burung sedang dalam kondisi kurang fit.

Untuk cendet trotol yang tidak mau voer karena kebanyakan jangkrik, sebaiknya burung dilatih makan voer lagi sebagaimana waktu masih kecil. Buatkan adonan voer campur kroto dan perbanyak kroto daripada voernya. Selanjutnya, berikan pada anakan cendet dan lihat perkembangannya. Jika cendet tetap tidak mau makan voer dan hanya makan kroto saja, biarkan saja dia lapar. Sebab, jika burung benar-benar dalam kondisi lapar, voer itu tetap akan dimakannya.

Jika tips di atas tidak berhasil, Anda bisa lakukan tips seperti ini. Saat pagi hari, burung tidak boleh diberikan jangkrik namun langsung diberikan adonan voer campur kroto ini lalu biarkan sampai sore. Pemberian jangkrik bisa diberikan pada sore harinya sebagai menu sore dengan jumlah lebih banyak daripada biasanya supaya burung kenyang. Lakukan ini setiap hari. Biasanya, jika Anda beruntung, pada hari ketiga burung sudah mau makan voer.

Jika trotol cendet Anda tidak mau makan voer karena sakit, sebaiknya berikan rawatan yang baik setiap hari. Jemur burung secara rutin pada pagi hari dan jaga kebersihan kandang. Stop pemberian voer terlebih dahulu lalu berikan jangkrik dengan cara di atas (dikeluarkan isi perutnya) ditambah dengan kroto. Berikan pula obat penambah napsu makan supaya kondisi burung cepat stabil.

Jika cendet trotol ini sudah fit, Anda perlu mecoba melakukan pengevoran lagi. Caranya, Anda bisa membuat adonan bubur dari voer dan kroto. Bisa juga menggunakan voer halus campur kroto tetapi tanpa air. Lakukan sampai burung mahir makan voer.

Cara Mudah Mengatasi Anakan Cendet Tidak Mau Makan Voer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment