Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, August 7, 2016

Cara Perawatan Burung Love Bird Macet Ngekek

Tipsburung.com - Tanpa alasan yang jelas, burung Love Bird  kadang kala tiba-tiba macet bunyi sehingga tidak ngekek lagi. Hal ini tentu saja membuat Anda sebagai sang empunya merasa bingung dibuatnya, apalagi bagi Anda yang belum mengerti cara penanganannya.

Sebenarnya, burung Love Bird macet bunyi sangat jarang kita jumpai. Namun hal ini bukan berarti burung Love Bird ini anti stres. Pindah kandang atau habis lepas adalah dua hal yang kerap kali membuat burung ini mengalami stres sehingga bisa berhenti ngekek. Untuk itu, jika Anda mempunyai burung Love Bird yang macet bunyi, dapat dilaklukan beberapa tips berikut.

Lakukan pengumbaran
Cara pertama untuk mengatasi burung Love Bird yang macet ialah dengan cara di umbar. Pengumbaran bisa dilakukan setiap hari dengan durasi dua jam saja. Setelah itu, burung dipindah lagi ke sangkar harian sambil diberikan jaugung atau kankung sebagai menu EF-nya.

Jangan dikerodong terlebih dahulu
Saat dipidahkan ke sangkar harian, sebaiknya burung tidak usah dikerodong terlebih dahulu, kecuali malam hari. Hal ini bertujuan supaya burung tidak sumpek sehingga bisa cepat refresh dan berbunyi kembali. Jika mungkin, tempatkan atau gantung burung di bawah pohon supaya terkesan alami untuk membantu pemulihan burung supaya lebih cepat lagi.

Mandi pagi dan malam
Jika burung Love Bird Anda giras, sebaiknya dilakukan mandi pagi dan malam. Mandi lebih sering, apalagi pada saat pagi dan malam hari, akan membantu pengondisian burung sehingga akan lebih cepat berbunyi.

Gantung di tempat ramai
Sesekali Anda perlu mencoba menggantung sangkar burung di tempat ramai supaya burung lebih cepat beradaptasi dengan lingkungannya. Hal ini sangat dianjurkan untuk burung Love Bird yang baru lepas karena macetnya burung ini sangat berkaitan dengan lingkungan.

Genjot dengan EF
Anda juga bisa menggenjot pemberian EF seperti kangkung dan jagung. Kalau perlu, berikan setiap hari untuk menaikkan birahi burung. Sebab, jika kondisi birahi burung sudah stabil, burung Love Bird akan berbunyi lagi dengan sendirinya.

Berikan biji-bijian yang lengkap
Jika dalam kesehariannya Anda hanya memberikan biji-bijian berupa milet putih, maka saat ini Anda sangat disarankan untuk memberikan biji-bijian yang lengkap. Oploslah beberapa biji-bijian yang biasa diberikan pada burung Love Bird. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa langsung membelinya di kios burung. Sebab di kios-kios burung sudah tersedia varian pakan burung Love Bird ini, baik dalam bentuk sachet maupun toples. Pastikan Anda tidak membeli pakan harga mahal namun pakan yang berkualitas.

Setelah Anda memberikan pakan biji-bijian yang lengkap tersebut, amatiperkembanganya. Biasanya, burung akan lebih cepat berbunyi sehingga cenderung lebih gacor. Ketika burung sudah kembali gacor, pemberian pakan ini bisa distop kembali dan cukup diberikan milet putih saja. Namun jika Anda tetap ingin menggunakan pakan ini, tentu saja tidak menjadi soal.

Cara Perawatan Burung Love Bird Macet Ngekek Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment