Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, August 5, 2016

Ciri-ciri Burung Love Brid Kurang Nyaman dengan Tangkringan

Tipsburung.com - Kepopuleran burung Love Bird saat ini sudah melampaui posisi burung indemik Indonesia seperti Murai Batu, Kacer, Cuca Ijo, dan lainnya. Terbukti di berbagai even, hanya burung Love Bird yang mempunyai gantangan yang full. Bahkan kelas untuk burung ini semakin ditingkatkan di mana dalam even-even tertentu sampai diadakan hingga kelas E. Meski begitu, ada banyak peserta yang tidak kebagian tiket karena dari saking ramainya.

Karea ramainya peserta yang berlomba-lomba ingin membuktikan gensinya lewat burung paruh bengkok ini, tentu saja persaingannya akan sangat ketat. Karenanya, untuk menembus 3 besar, kerja burung Love Bird harus benar-benar maksimal, dari mulai durasi, panjang ngekek, dan gaya.

Ada banyak kejadian yang kerap kali mempengaruhi performa burung Love Bird saat di lapangan dan ini jarang sekali disadari sehingga kerap kali gagal tampil baik. Hal ini kadang kala hanya diperngaruhi oleh hal kecil namun pengaruhnya sangat besar saat lomba. Pangkringan atau tangkringan yang kurang pas, kerap kali membuat burung Love Bird ini gagal mendapatkan bendera nominasi, bahan menjadi pemenang. Karenanya, ketahui beberapa perilaku burung Love Bird yang kurang nyaman dengan tangkringannya tersebut.

Burung sering pindah-pindah
Burung yang kurang nyaman dengan pangkringannya biasanya akan suka berpindah-pindah pangkringan. Tidak hanya bergeser ke kanan dank e kiri, lebih parahnya burung malah naik turun padahal burung sedang dalam perlombaan. Ini akan membuat burung gagal fokus sehingga akan lebih banyak gerak daripada ngekek.

Sering berbunyi di dasar sangkar
Burung Love Bird yang kurang nyaman dengan pangkringannya juga akan sering sambil ngekek. Hal ini disebabkan karena burung merasa lebih nyaman berbunyi di bawah daripada di atas pangkringan. Dan meskipun kasus ini jarang terjadi, namun hal ini menunjukkan suatu perilaku yang sangat berhubungan erat dengan kenyamannya dengan pangkringan.
Perilaku di atas kerap kali juga sebagai pertanda bahwa burung Love Bird Anda sedang mengalami over birahi.

Sering merambat
Burung Love Bird yang kurang nyaman dengan pangkringannya juga akan sering merambat. Mungkin saja burung merasa lebih nyaman merambat daripada berdiri di atas pangkringan. Akibatnya, burung lebih banyak merambat daripada berbunyi. Sama halnya dengan poin di atas, burung Love Bird yang merambat kerap kali mendikasikan bahwa burung sedang dalam kondisi birahi.

Jarang berbunyi
Burung Love Bird yang tidak nyaman dengan pangkringannya juga kerap kali hanya tolah-toleh sambil sesekali bergeser dari tempat pangkringan. Kakinya bisa juga kerap diangat sambil sesekali berbunyi. Ini membuat burung Love Bird tidak bisa tampil maksimal sehingga akan sangat sulit mendapatkan koncer di lapangan.

Sebenarnya, yang lebih bisa menilai apakah burung Love Bird bermasalah dengan pangkringannya atau tidak, sang empunya yang lebih mengerti sebab dia akan lebih detail melihat berbagai perubahan perilaku pada burungnya. Namun setidaknya, beberapa poin di atas dapat diajdikan sebagai referensi untuk menilai kesesuaian burung Love Bird dengan pangkirangannya.

Jika misalnya burung Love Bird memang kurang nyaman dengan pangkringannya, cobalah ganti dengan pangkringan lain dengan bahan dan ukuran yang berbeda. Lakukan percobaan terus dan jangan patah arang untuk melakukan eksperimen. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan jenis dan ukuran pangkringan yang pas untuk burung Love Bird Anda.

Ciri-ciri Burung Love Brid Kurang Nyaman dengan Tangkringan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment