Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, August 26, 2016

Ciri-ciri Cucak Ijo Kalimantan yang Harus Anda Ketahui

Tipsburung.com - Pada artikel sebelumnya, sudah dijelaskan mengenai ciri cucak ijo banyuwangi (Baca: Tanda-tanda Cucak Ijo Banyuwangi Paling Akurat). Kali ini akan dijelaskan mengenai ciri-ciri dari cucak ijo Kalimantan. Dan sebagaimana diketahui cucak ijo Kalimantan saat ini sangat banyak dijumpai di pasaran. Selain harganya lebih murah, cucak ijo Kalimantan juga ternyata banyak yang berprestasi alias tidak kalah kalah mentereng dengan cucak ijo banyuwangi.

source: s918.photobucket.com

Meskipun ada banyak anggapan bahwa kualitas cucak ijo Kalimantan kalah jauh dengan kualitas cucak ijo banyuwangi, itu anggapan yang tidak sepenuhnya benar. Sebab pada kenyataannya di lapangan, banyak cucak ijo kalimantan juga yang merajai kelasnya, bahkan bisa mengalahkan prestasi cucak ijo- cucak ijo dari daerah lain. Hal ini menunjukkan bahwa cucak ijo dari manapaun asalnya, tidak bisa menentukan kualitasnya.

Memang secara mental dan lagu, cucak ijo banyuwangi mempunyai bawaan yang lebih baik. Namun jika cucak ijo Kalimantan dirawat dengan baik, tentu saja bukan hal yang mustahil jika di kemudian hari jauh lebih mentereng prestasinya. Sebab bukan tidak mungkin, di antara sekian banyak cucak ijo Kalimantan yang ada, pasti banyak juga yang mempunyai bawaan mental dan lagu yang juga apik. Apalagi jika dirawat oleh mikanik handal, bukan tidak mungkin burung cucak ijo Kalimantan tersebut akan meroket.

Cucak ijo Kalimantan mempunyai ciri fisik yang berbeda dengan cucak ijo dari daerah lainnya. Selain bentuk fisik, cucak ijo Kalimantan juga mempunyai warna yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, akan dijelaskan dalam uraian berikut.



  • Postur burung cucak ijo Kalimantan lebih kecil jika dibandingkan dengan cucak ijo banyuwangi
  • Warna bulu burung hijau muda kekuningan, seperti halnya pupus daun pisang.
  • Kaki lebih pendek daripada burung cucak ijo banyuwangi
  • Ekor kaku, lurus, dan lebih pendek daripada cucak ijo banyuwangi
  • Ketika ngentrok, burung cucak ijo Kalimantan tidak bisa jambul sesempurna cucak ijo banyuwangi alias tidak begitu jengkrik
  • Memiliki kicauan lagu yang variatif namun suara kurang begitu tajam

Itulah sekilas mengenai ciri-ciri cucak ijo Kalimantan yang harus Anda pahami. Semoga bermanfaat…!!!

Ciri-ciri Cucak Ijo Kalimantan yang Harus Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment