Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, August 22, 2016

Daun Krokot, Baguskah untuk Burung Kenari?

Tipsburung.com - Sudah lama terdengar banyak pemain kenari yang memberikan daun krokot ini pada burung kenari. Hal ini tidak lain karena krokot bisa menyehatkan burung, karena pada hakikatnya tanaman ini termasuk ke dalam salah satu tanaman obat yang telah digunakan nenek moyang kta selama berabad-abad lamanya.

Krokot adalah tanaman liar sehingga bagi orang yang belum tahu khasiatnya dianggap tanaman tidak berguna. Banyak dari mereka yang akan langsung mencabutnya supaya mati dan jadi sampah untuk selanjutnya dibakar. Padahal tanaman ini kaya akan gizi yang sangat penting untuk tubuh manusia. Karenanya, banyak orang yang mengolah tanaman ini menjadi sayur atau dicampur sebagai lalapan.



Tanaman yang di madura disebut karokot ini diketahui kaya akan omega-3, asam linolenat, kalsium, kalium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, beberapa asam amino, beberapa mineal, tanin, dan saponin. Daun krokot juga mengandung nicotinic acid, l-noradrenalin, noradrenalin, dopamin, dan dopa.

Secara tradisional, krokot yang mempunyai nama ilmiah Portulaca Oleracea L ini diketahui mempunyai khasiat untuk menyembuhkan disentri pada manusia. Krokot juga dapat mengobati diare  akut, radang akut usus buntu, radang payudara (mastitis), wasir berdarah (Hemorrhoidal bleeding), badan sakit atau pegal-pegal (Rheumatism), keputihan, gangguan sistem saluran kencing, sakit kuning (Hepatitis), anak cacingan, sesak napas, dan lain-lain.

Lalu bagaimana untuk burung? Tentu saja manfaat-manfaat di atas yang terjadi pada manusia akan dirasakan juga oleh burung. Namun yang pasti, berdasarkan pengalaman banyak pemain kenari, krokot ini diyakini mampu mendongkrak kualitas power dan durasi kerja burung di lapangan. Dalam hal ini, kenari yang diberikan krokot setiap hari membuat suara kenari lebih keras dan bening. Bahkan kerja burung menjadi lebih ngedur ketika dilombakan di lapangan.

Pemberian krokot pada burung kenari tentu saja sangat aman. Namun pastikan sebelum Anda memberikannya pada burung, sebaiknya cuci terlebih dahulu sampai bersih menggunakan air bersih. Setelah itu, daun krokot langsung dapat diberikan sebagai pengganti sayuran yang biasa Anda berikan setiap hari. Gantung di sela jeruji sebagaimana Anda menggantung sawi atau apel setiap harinya.

Khasiat di atas tidak hanya bisa dirasakan burung kenari namun semua burung. Burung lain seperti love bird dan burung pemakan serangga juga perlu diberikan tanaman krokot ini. Untuk burung love bird, pemberiannya bisa disamakan dengan pemberian pada kenari di atas.

Adapun untuk burung pemakan serangga, pemberian daun krokot bisa dilakukan dengan cara memebrikan krokot pada jangkrik terlebih dahulu. Jika Anda hendak memberikan jangkrik untuk besok, Anda sudah memberikan krokot ini pada jangkrik sejak hari ini atau dua hari sebelumnay. Ini dimaksudkan supaya krokot yang dimakan jangkrik bisa meresap ke dalam tubuh jangkrik sehingga khasiatnya akan lebih optimal.

Demikian manfaat daun krokot untuk burung, terutama burung kenari, semoga bermanfaat… !!!

Daun Krokot, Baguskah untuk Burung Kenari? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment