Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, August 23, 2016

Hati-hati, Terapi Sauna yang Kurang Tepat Berisiko Menyebabkan Kematian pada Burung

Tipsburung.com - Mandi sauna saat ini sudah menjadi pengetahuan luas. Jika sebelumnya yang menggunakan terapi ini hanya penghobi dan pemain tetentu, namun saat ini sudah menyebar luas. Adanya diskusi berbagai tema di goup-group burung di facebook tentang perawatan burung membuat terapi sauna menyebar luas bak virus ke segala penjuru. Karenanya, dalam praktiknya, bukan hanya burung besar seperti cendet yang diberikan terapi ini namun hampir semua burung yang mereka pelihara.


Sebenarnya, burung yang perlu diberikan terapi sauna adalah cendet karena burung ini sangat kuat dengan panas, bahkan lebih kuat dari burung kicauan lainnya. Sedangkan untuk burung-burung lain sangat tidak dianjurkan karena sangat berisiko pada kondisi burung. Namun sepanjang dilakukan dengan  teknik yang benar, tentu saja terapi sauna sah-sah saja.

Untuk burung cendet pun sebenarnya harus hati-hati. Sekalipun cendet terkenal tahan panas, namun jika dilakukan dengan teknik yang salah, kematian pada burung bukan hal yang langka. Karenanya, jangan jadikan mandi sauna sebagai tren perawatan burung namun lakukan itu hanya sebagai sebuah terapi. Selain itu, sebelum Anda melakukan terapi sauna, ada baiknya Anda harus mengerti dan memahami dengan betul terlebih dahulu seperti apa cara melakukan terapi ini yang baik dan aman.

Risiko kematian pada burung biasanya terjadi pada burung-burung yang baru mengenal terapi sauna ini. Sebab, terapi atau mandi sauna ini sangat berbeda dengan jemur biasa. Terapi sauna membuat sangkar dan burung merasakan panas yang berlebih karena berada dalam kerodong. Apalagi dalam sangkar tidak ada sirkulasi udara sehingga membuat cuaca dalam sangkar menguap lebih tinggi lagi. Kondisi ini meningkatkan level panas dalam sangkar.

Kondisi di atas jika tidak dilakukan dengan cara yang benar bisa menyebabkan burung menjadi kaget. Bukan hanya kaget secara fisik namun burung juga akan merasa kaget secara psikis. Karenanya, burung yang diterapi sauna dengan cara yang salah, kadang kala menjadi ngedrop. Lebih fatalnya lagi, burung sampai mengalami kematian.

Untuk itu, jangan sekali-kali Anda melakukan terapi sauna ini jika Anda belum memahami dengan benar cara melakukannya. Selain itu, jangan asal melakukan terapi ini pula jika Anda belum tahu alasan dan manfaatnya. Nah, untuk mengetahui manfaat yang menjadi alasan bagi Anda untuk melakukan terapi ini, baca artikelnya DI SINI.

Jika Anda ingin melakukan terapi sauna ini, hendaknya tidak dilakukan selain burung-burung yang bermasalah. Selain itu, terapi sauna hendaknya juga tidak dilakukan selain burung-burung yang kuat panas. Dan adapun cara melakukan terapi sauna yang benar dan aman ialah sebagai berikut.

Untuk burung yang baru belajar
Untuk burung yang baru diajari terapi sauna, hendaknya memperhatikan beberapa poin berikut.

  • Sebaiknya durasi penjemuran hanya dilakukan setengah jam. Jika tidak, anda harus mau mengawasi burung setiap saat. Dalam setiap 10 menit, Anda bisa mengecek kondisi burung lewat resleting dan pastikan kondisi burung aman.
  • Jangan sampai burung terlalu mangap karena tidak kuat menahan kondisi panas yang sangat dalam kerodong. Hal ini berbeda halnya dengan burung yang memang sudah terbiasa diterapi sauna.
  • Semakin hari, durasi penjemuran bisa ditingkatkan sesuai dengan kemampuan burung. Sebab pada hakikatnya, kemampuan setiap burung tidak sama. Dan untuk melihat kemampuan burung, Anda bisa mengamati kondisinya. Jika hanya dalam beberapa menit saja burung sudah mangap, berate ada kemungkinan burung Anda ini tidak terlalu kuat. Karenanya, jangan pernah menambah durasi terapi sauna ini terlalu ekstrem.

Untuk burung yang sudah terbiasa namun tidak terlalu tahan panas
Burung jenis ini juga memerlukan perhatian Anda supaya terapi sauna tidak berbahaya sebagaimana berikut.

  • Sebaiknya durasi penjemuran tidak terlalu lama sebab bagus dan tidaknya mandi sauna tidak sepenuhnya ditentukan oleh durasi penjemuran.
  • Jika Anda ingin menambah durasi penjemuran lebih lama, sebaiknya Anda memasukkan cepuk air minum ketika burung sudah mangap. Ini akan membantu burung untuk bisa bertahan lebih lama.

Untuk burung yang sudah terbiasa
Sekalipun burung Anda sudah terbiasa dengan terapi sauna, Anda tetap tidak disarankan untuk memberikan durasi penjemuran yang terlalu ekstrem, apalagi jika matahari sangat terik. Sebab, apapun yang berlebihan kadang kala tidak baik. Alih-alih ingin membuat burung menjadi lebih bagus, namun jika Anda tiba-tiba lupa karena terlalu enteng, nasib sial sangat berisiko menghampiri Anda. Karenanya, tetep awas dan waspadalah jika burung diberikan terapi sauna.

Hati-hati, Terapi Sauna yang Kurang Tepat Berisiko Menyebabkan Kematian pada Burung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment