Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, August 22, 2016

Ingin Nyetak Cendet Trotol Bermateri Panjang? Lakukan Beberapa Hal Ini

Tipsburung.com - Sudah bukan rahasia lagi jika materi pada buurng cendet lebih diutamakan dewasa ini. Karenanya, burung cendet dengan materi tembakan yang panjang-panjang yang disertai rol ciamik, pasti mempunyai daya tarik lebih daripada cendet yang hanya pandai ngerol.

Cendet bermateri istimewa seperti ini meskipun susah untuk bisa anteng di lapangan, tentu saja tetap menjadi primadona hampir semua penghobi dan pemain cendet. Selain enak didengar dan tidak membosankan, cendet ini juga akan mempunyai peluang besar untuk bisa masuk nominasi. Bahkan cendet seperti ini kerapkali mengagetkan banyak orang di lapanga, termasuk juri. Sebab tidak mudah untuk membuat cendet bermateri panjang-panjang seperti itu, apalagi menampilkannya di lapangan.

Bagi Anda yang suka mencetak cendet dan senang memelihara dari lolohan, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan supaya cendet Anda kelak bisa mempunyai materi panjang sebagaimana berikut.



Pastikan cendet trotol bertipe rol tembak
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat cendet trotol Anda kelak mempunyai materi yang menyeramkan, hendaknya Anda mencari cendet yang memang bertipe rol tembak. Adapun cendet trotol tipe seperti ini biasanya ditandai oleh beberapa hal seperti paruh yang berbentuk panjang, leher panjang, dan juga tubuh yang panjang. Selain itu, tubuh burung cendet tipikal seperti ini juga mempunyai bentuk badan yang sedang-sedang saja, tidak kecil dan tidak besar.

Pastikan suara master juga panjang
Selanjutnya, Anda harus memastikan bahwa master yang Anda gunakan juga bermateri panjang. Jika Anda menggunakan Mp3, sebaiknya cari audio suara burung yang jernih dan berdurasi panjang seperti love bird, kuntilanak, gabusan, cililin, gereja, dan lain sebagainya. Adapun jika Anda menggunakan master burung asli, burung master tersebut harus benar-benar istimewa. Dalam arti, burung tersebut harus mempunyai tembakan yang panjang-panjang, burung gereja harus nyecret panjang atau burung love bird harus ngekek panjang.


Mulai pemasteran sedini mungkin
Pemasteran harus dilakukan sedini mungkin karena jika sudah tua memori burung sudah kemasukan banyak suara sehingga proses pemasteran berisiko mengalami kegagalan. Karenanya, pemasteran sebaiknya dilakukan sejak burung cendet masih disuapi atau diloloh. Jika tidak memungkinkan, pemasteran bisa dilakukan sejak burung bisa makan voer kering.

 
Teknik memaster burung cendet
Saat ini, Anda tidak hanya dituntut mencari Mp3 atau burung master yang mempunyai suara panjang-panjang namun juga harus tahu teknik memaster. Sebab, salah dalam memaster akan berakibat fatal pada akhir final di kemudian hari.

Tekinik memaster cendet supaya bersuara atau bermateri panjang-panjang adalah di mana masteran harus diputar satu-satu dengan jangka waktu yang lama. Jika Anda menggunakan Mp3, pemasteran bisa dilakukan dengan cara hanya memutarkan satu jenis materi saja selama kurang lebih 1,5—2 bulan. Selama itu, burung benar-benar harus menyimak master tersebut hingga benar-benar hafal sesuai yang didengarnya.

Setelah sampai 1,5—2 bulan, materi sebaiknya ditambah tetapi materi awal tetap diputar lagi bersama materi baru tersebut. Durasi pemasteran seperti ini pun bisa dilangsungkan selama 1,5—2 bulan sebagaimana cara di atas. Hal ini bertujuan supaya materi kedua juga harus bisa dibawakan dengan panjang oleh burung. Namun jika hanya ingin materi pertama yang panjang, sebaiknya durasinya ditingkatkan menjadi 2 bulan lebih.

Setelah itu, materi-materi lain bisa langsung dimasukkan bersamaan supaya bisa dibawakan dengan cara ngerol yang rapat. Namun pastikan, materi yang Anda berikan ini memang lagu rol dan bukan lagu tembakan. Jika tidak, lagu tembakan yang dibawakan dengan cara ngerol kelak akan sangat mengganggu karena akan putus-putus.

Sedangkan jika Anda menggunakan burung asli, caranya tidak jauh berbeda dengan master menggunakan suara burung atau Mp3 di atas. Pada bulan-bulan pertama dan kedua, hendaknya cendet hanya ditempel dengan satu jenis burung saja, burung gereja misalnya. Pada bulan selanjutnya, jika Anda ingin menambahkan materi, beberapa burung bisa langsung ditempelkan pada cendet trotol Anda untuk membentuk rolnya.

Pastikan tidak ada cendet dewasa bersuara “jelek” di sekitarnya
Cendet dewasa yang ada di lingkungan cendet trotol Anda kerap kali menjadi boomerang, utamanya pemasteran yang menggunakan Mp3. Selain tidak akan bisa merekam suara master dengan baik, materi cendet trotol tersebut kelak juga akan jelek. Sebab, cendet muda ini lebih memilih merekam suara cendet dewasa daripada menirukan suara Mp3. Akibatnya, seperti apapun materi yang Anda inginkan tidak akan tercapai karena memori cendet trotol sudah kemasukan “virus” cendet tua tersebut.

Namun begitu, jika cendet tua tersebut bermateri bagus, tentu saja ini sangat menguntungkan. Sebab, cendet tua ini bisa menjadi master terbaik untuk cendet Anda. Tetapi kadang kala cendet trotol ini kadang tidak bisa merekam dan menirukan suara cendet dewasa dengan baik sehingga cendet dewasa ini tetap akan menjadi masalah.

Lalu bagaimana solusinya? Pada bulan pertama dan kedua, jangan sampai cendet trotol ini mendengar suara cendet tuan terlebih dahulu. Biarkan cendet trotol ini dimaster dengan menggunakan Mp3 atau burung master terlebih dahulu hingga materi panjang ini terekam dengan baik pada memori cendet. Setelah itu, cendet tua yang bermateri bagus tersebut bisa diperdengarkan dari jarak jauh supaya lebih cepat terekam.

Itulah beberapa poin penting yang harus Anda lakukan jika Anda ingin mencetak cendet beruara panjang. Selamat mencoba dan semoga berhasil….!!!


Tidak diperkenankan mempublish artikel dalam blog ini dalam bentuk apapun kecuali menyertakan sumbernya.

Ingin Nyetak Cendet Trotol Bermateri Panjang? Lakukan Beberapa Hal Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment