Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, August 25, 2016

Inilah Motif Ekor Berbagai Jenis Murai Batu yang Harus Anda Ketahui sebelum Tertipu

Tipsburung.com - Murai batu saat ini sudah banyak ditangkarkan mengingat semakin berkurangnya populasi burung murai batu ini di pasaran. Bahkan untuk burung murai yang berasal dari lampung saat ini konon sudah benar-benar sulit ditemukan di hutan. Begitu juga di medan, sudah tidak ada burung murai karena hutan-hutan di medan sekarang sudah jadi kota. Karenanya, burung yang beredar di pasaran saat ini yang diakui sebagai burung murai Lampung atau medan tentu saja patut dicurigai.

source: majalahkicau.com

Saat ini, murai batu muda hutan di pasar-pasar atau kios burung masih banyak dijumpai. Untuk meningkatkan nilai jual, bakul-bakul nakal sering mengklaim murai batu dagangannya sebagai murai batu lampung atau murai medan yang harganya tinggi. Alhasil, bagi penghobi burung murai yang baru mengenal burung ini, banyak yang tertarik dan akhirnya membelinya. Hal ini disebabkan karena murai batu lampung atau medan sejauh ini memang mempunyai track record yang bagus sehingga banyak orang yang merasa tertarik.

Sebagaimana diketahui, Kalimantan dan beberapa kota di Sumatera beberapa tahun terakhir sedang gencar-gencarnya mengirimkan burung murai batu muda hutan ke berbagai kota, khususnya kota-kota yang kemudian masuk ke pulau Jawa dan Bali. Bakul yang nakal tadi akan langsung mengklaim bahwa murai dagangannya adalah murai lampung atau murai medan. Padahal jika ditelusuri menggunakan teknik motif ekor, burung murai tersebut berasal dari daerah lain. Sebagian besar murai tersebut malah ngembung yang menandakan bahwa murai batu tersebut benar-benar bukan berasal dari tanah Sumatera melainkan Kalimantan.

Nah, supaya Anda tidak tertipu, sebelum Anda hunting atau membeli murai batu, ada baiknya Anda harus mengetahui ciri berbagai jenis burung murai batu terlebih dahulu. Sebab, setiap jenis atau asal murai batu, mempunyai motif ekor yang berbeda satu sama lain. Dan setelah Anda mengetahui motif semua jenis ekor murai batu ini, jika ada pedagang yang menawarkan burung murainya sebagai murai batu lampung atau medan, teliti motif ekor tersebut dengan saksama supaya Anda tidak tertipu. Sebab penipuan sejenis ini marak sekali terjadi di pasar-pasar maupun kios burung.

Untuk mengetahui beberapa motif ekor murai batu, akan diuraikan dalam beberapa poin berikut.



source: media2give.blogspot.com

Ciri murai batu medan
  • Umumnya, murai batu medan mempunyai panjang ekor antara 14-27cm
  • Terdapat empat pasang bulu putih kanan-kiri pada ekor bagian paling luar. Corak putih ini sangat tegas yang dihiasi strip hitam yang membelah secara horizontal dari pangkal ekor.
  • Corak putih ini kadang kala tampak seperti membentuk huruf U yang terpotong di tengahnya
  • Konsumen menyebut murai ini sebagai murai medan padahal di medan sekarang sudah tidak ada murai batu. Faktanya murai ini berasal dari Sumatera hingga Aceh seperti Tangse, Pidie, langkat, sabang, dan lain sebagainya.

Ciri murai batu lampung dan jambi

  • Murai batu lampung umumnya mempunyai panjang ekor antara 10-16 cm
  • Terdapat empat pasang bulu putih pada kanan kiri dari pangkal hingga unjung sebagaimana ekor murai medan di atas. Namun ada semburat hitam tipis pada pangkal ekor
  • Pada ekor keempat atau tengah, terdapat warna hitam membelah ekor secara vertikal.
  • Konsumen menyebut murai dengan ekor bermotif seperti ini sebagai murai batu lampung atau jambi. Perbedaannya, murai batu lampung biasanya mempunyai badan yang kecil dengan ekor lurus rapi dan menyatu. Sedangkan murai batu jambi badan lebih besar dan bentuk ekor agak membuka.

Ciri murai batu nias dan aceh (black tail)

  • Murai batu nias pada umumnya mempunyai ekor 9-22 cm
  • Semua ekor berwarna hitam namun kadang kala terdapat titik atau balak di ujung ekor.
  • Konsumen menyebut murai batu ini sebagai murai batu nias namun ada juga yang menyebutnya murai aceh. Sebab penyebaran murai dengan motif ekor seperti ini tidak hanya di nias namun juga sinabang, mentawai, dan p. nasi.

Ciri murai batu borneo atau Kalimantan

  • Umumnya murai batu borneo berekor pendek antara 9-13 cm
  • Terdapat empat pasang berwarna putih polos pada ekor kanan-kiri dari pangkal ekor hingga ujung
  • Dalam beberapa kasus kadang terdapat semburat hitam tipis
  • Burung ini ketika bertemu burung sejenis akan mengembungkan bulu badannya

Ciri murai batu Malaysia

  • Mempunyai ciri yang hampir sama dengan murai batu medan di atas, baik motif ekor maupun panjangnya.
  • Postur lebih kecil dari dari murai batu medan

Inilah Motif Ekor Berbagai Jenis Murai Batu yang Harus Anda Ketahui sebelum Tertipu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment