Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, August 1, 2016

Manfaat Gabah Bangkok untuk Burung Love Bird

Tipsburung.com - Gabah Bangkok adalah pakan unggas yang sudah lama dikenal namun paling umum diberikan pada ayam dan burung pemakan biji-bijian. Untuk ayam, gabah Bangkok biasanya diberikan pada ayam-ayam Bangkok petarung. Sedangkan untuk burung, biasanya diberikan pada burung Perkutut, Derkuku, Deruk, Merpati, dan burung pemakan biji-bijain lainnya.


Gabah Bangkok mempunyai ukuran kecil dengan bentuk agak bulat/oval. Gabah Bangkok sendiri terdiri dari dua macam, gabah Bangkok merah dan putih. Sesuai namanya, gabah Bangkok merah adalah gabah yang biji di dalamnya berwarna merah dengan bentuk yang lebih besar daripada gabah Bangkok merah. Gabah ini sangat cocok diberikan pada burung Perkutut yang tengah ditangkar. Sebab, gabah Bangkok merah ini mempunyai nutrusu yang sangat penting untuk burung yang hidup dalam kandang penangkaran.

Adapun jenis gabah Bangkok putih adalah gabah yang di dalamnya berwarna putih. Bentuk gabah Bangkok putih ini berukuran lebih kecil daripada gabah Bangkok merah. Karenanya, gabah jenis ini lebih banyak diberikan pada burung perkutut lomba.

Sejauh ini, gabah ini juga banyak diberikan pada burung Love Bird. Bahkan banyak penghobi maupun pemain burung paruh bengkok ini memberikan dan meracik gabah Bangkok ini ke dalam menu harian burung Love Bird. Sebab, gabah Bangkok ini mempunyai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh burung Love Bird, termasuk di dalamnya karbohidrat dan protein yang sangat tinggi.

Sebenarnya, gabah Bangkok ini lebih baik diberikan pada burung Love Bird yang sedang mengalami kegemukan. Hal ini disebabkan karena gabah mengandung lemak yang sangat sedikit sehingga sejauh ini dikenal dan dipercaya sebagai menu diet burung. Gabah Bangkok ini tidak semata-mata menguruskan burung namun bisa membentuk tubuh burung menjadi lebih langsing, padat, dan berisi. Selain itu, burung Love Bird juga akan menjadi lebih sehat dan bergairah karena burung mempunyai enegrgi yang cukup setiap hari.

Sebelum gabah Bangkok diberikan, sebaiknya dicuci terlebih dahulu supaya bersih dan mencegah terjadinya hal-hal yang kurang diinginkan. Buang gabah Bangkok yang mengambang sebab ini menandakan gabah tersebut kosong atau kemps. Setelah itu, gabah bisa langsung dijemur di bawah terik matahari siang dan tunggu hingga benar-benar kering. Selanjutnya, gabah boleh diberikan pada burung Love Bird, baik dicampur dengan biji-bijian lainnya maupun diberikan langsung.

Manfaat Gabah Bangkok untuk Burung Love Bird Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment