Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, August 12, 2016

Manfaat Kangkung untuk Burung Love Bird Lomba

Tipsburung.com - Sudah bukan rahasia lagi bahwa selain jagung muda, kankung adalah pakan Love Bird yang sering diberikan pada burung paruh bengkok ini, baik pada saat harian di rumah, terlebih pada saat menjelang lomba. Sayuran ini memang sangat penting diberikan pada Love Bird menjelang lomba karena kankung mempunyai banyak nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh burung.

Khasiat kangkung untuk Love Bird sama halnya dengan jangkrik atau serangga lainnya pada burung pemakan serangga. Keduanya sama-sama menjadi Ef atau Ekstra Foding yang sangat dibutuhkan sebagai peningkat birahi burung. Dengan diberikan EF ini, bukan hanya frekuensi bunyi burung yang meningkat namun staminanya meningkat sehingga sangat penting diberikan pada burung menjelang lomba.



Keunggulan kangkung daripada jenis EF lain ialah di mana efek birahi burung yang ditimbulkan amsih bisa dikendalikan alias tidak sampai OB. Ini berbeda halnya dengan EF lain seperti jangkrik atau kroto pada burung pemakan serangga di mana jika terlalu banyak bisa berefek fatal pada birahinya. Lalu mengapa kangkung bisa sedemikian istimewa? Hal ini disebabkan karena kankung adalah sayuran yang mengandung zat sedative yang mempunyai khasiat sebagai penenang. Karenannya, meskipun Anda memberikan kangkung dengan jumlah banyak, burung Love Bird tidak akan mengalami over birahi.

Kankung juga sebagai sayuran yang sangat kaya akan nutrisi sehingga memungkinkan burung yang diberikan pakan ini bisa menjadi lebih sehat sehingga menjadi lebih siap untuk bertempur di lapangan. Bahkan bila dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya, kankung termasuk jenis sayuran paling lengkap nutrisinya sehingga sangat cocok diberikan pada burung Love Bird. Untuk itu, kandungan nutrisi sayuran Kankung segar dalam setiap 100 gram ialah sebagai berikut.


Kandungan Gizi
Jumlah
Energi (kal)
729
Protein (g)
3, 0
Lemak (g)
0,3
Karbohidrat (g)
5,4
Kalsium (mg)
73
Fosfor (mg)
50
Zat besi (mg)
2,5
Vitamin A (SI)
6.300
Vitamin B₁ (mg)
0,07
Vitamin C (mg)
32
Air (g)
89,7
Sumber: Directorat Gizi Depkes RI, 1979


Dari tabel kandungan gizi kangkung di atas, jelas bahwa sayuran ini adalah sayuran yang paling sempurna untuk burung Love Bird. Kangkung adalah makanan terbaik untuk burung paruh bengkok ini karena banyak mengandung gizi yang sangat lengkap.

Lalu kapan sebaiknya kangkung ini diberikan? Untuk burung lomba, sebaiknya kangkung diberikan saat persiapan menjelang lomba. Jika lomba pada hari minggu, Anda sudah bisa mengondisikan Love Bird Anda ini sejak hari jumat. Bersamaan dengan itu, berikan kangkung ini setiap hari dan selalu diganti setiap pagi. Saat sampai di lapangan pada hari minggu, Anda juga boleh memberikan kangkung ini pada burung Anda.

Adapun kangkung terbaik untuk Love Bird sebaiknya pilih kangkung darat. Selain lebih lunak, kangkung darat lebih bersih dan higenis sehingga lebih terjamin kesehatannya. Namun kangkung air juga tidak masalah asalkan kebersihannya terjamin. Selain itu, pilih kangkung yang masih muda yang ditandai dengan empuknya batang kangkung. Pilih pula daun yang paling muda yang dicirikan dengan warnanya yang masih hijau bersih.

Sebelum kangkung diberikan, harus dicuci terlebih dahulu sampai bersih. Setelah itu, Anda bisa memberikannya langsung bersama tangkai atau daun saja atau bahkan tangkainya saja tidak masalah. Namun yang sangat dianjurkan adalah cukup daunnya saja karena daun kangkung adalah bagian yang paling enak untuk dimakan burung dan tentunya juga paling bagus.

Manfaat Kangkung untuk Burung Love Bird Lomba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment