Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, August 1, 2016

Manfaat Minyak Ikan untuk Burung Love Bird


Tipsburung.com - Minyak ikan sudah umum diberikan pada unggas, termasuk ayam dan burung.  Hal ini disebabkan karena minyak ikan ini banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Semakin mahal harga minyak ikan, maka kandungannya akan semakin lengkap yang tentunya akan semakin bagus untuk burung.

Minyak ikan tidak hanya membuat bulu burung menjadi lebih bagus dan mengkilap setelah mabung. Minyak ikan juga mampu meningkatkan napasu makan burung. Karenanya, minyak ikan ini sangat direkomendasikan pada burung-burung yang mempunyai napsu makan rendah.

Lalu bagaimana untuk burung Love Bird? Sama halnya dengan manfaat di atas, burung Love Bird yang diberikan minyak ikan juga akan mempunyai bulu yang lebih bagus, begitu juga dengan nafsu makannya akan semakin meningkat. Bahkan Love Bird yang sering diberikan minyak ikan ini juga akan semakin lincah karena kesehatan burung sangat terjaga. Lebih dari itu, minyak ikan juga bisa diberikan pada burung Love Bird yang tidak mau bertelur.

Sebagaimana diketahui, ada banyak kasus di mana burung Love Bird tidak mau bertelur padahal sudah berjodoh dan kawin terus. Ini menandakan sedang terjadi gangguan pada burung Love Bird, misalnya kesuburannya. Lebih parahnya, kadang hal ini menandakan adanya gangguan infertilitas pada burung berparuh bengkok ini.

Burung Love Bird tidak kunjung mau bertelur bisa disebabkan oleh banyak hal. Beberapa di antaranya ialah karena usia Love Bird betina yang kurang mapan, gangguan kesuburan, dan lingkungan yang kurang mendukung. Di antara ketiga penyebab di atas, yang paling sulit diatasi adalah gangguan kesuburan. Itulah sebabnya mengapa banyak kasus jika burung Love Bird tidak bisa bertelur langsung banyak yang dijual murah karena sulit untuk pengobatannya.

Infertilitas atau gangguan kesuburan pada burung Love Bird harus dipastikan terlebih dahulu, apakah jantan ataukah betina. Namun untuk melakukan ini agak ribet dan harus mengeluarkan dana lagi karena Anda harus mencoba memberikan pasangan lain pada salah satu Love Bird tersebut. Untuk itu, cara termudah untuk mengatasi gangguan kesuburan pada Love Bird  ini ialah dengan cara memberikan minyak ikan tersebut.

Minyak ikan bisa diberikan setiap hari dengan cara dioleskan pada jagung muda atau dicampur dengan pakan (biji-bijian). Cara ini lebih praktis karena sepasang burung Love Bird bisa langsung makan minyak ikan semua sehingga Anda tidak perlu memastikan mana yang terserang gangguan kesuburan. Dengan makan minyak ikan seperti ini, burung Love Bird yang tidak mau bertelur bisa segera bertelur. Sedangkan untuk jantannya, bisa menjadi lebih subur sehingga memungkinkan semua telur bisa menetas semua.

Manfaat Minyak Ikan untuk Burung Love Bird Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment