Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, August 25, 2016

Waktu Paling Tepat Pemberian Jangkrik pada Burung Pemakan Serangga

Tipsburung.com - Ada banyak pertanyaan yang masuk ke tipsburung.com mengenai waktu paling tepat dalam memberikan jangkrik pada burung cendet, apakah sebelum mandi atau sesudah mandi. Dan untuk menjawab masalah ini tentu saja tidak bisa langsung diberikan jawaban pasti. Karena pada faktanya pemberian jangkrik pada burung pemakan serangga berbeda-beda.

Pemberian jangkrik pada burung pemakan serangga intinya adalah sebagai upaya memenuhi kebutuhan gizi burung. Selain itu, pemberian jangkrik juga untuk memenuhi kebutuhan makanan pada burung sebab jangkrik termasuk ke dalam salah satu makanan pokok burung pemakan serangga. Karenanya, burung yang diberikan jangkrik setiap hari selain mempunyai energi yang bagus, juga akan lebih sehat.

Lalu kapan waktu pemberian jangkrik yang benar dan efektif? Sebenarnya, pemberian jangkrik bisa diberikan kapanpun karena jangkrik yang Anda kapanpun akan tetap dimakan oleh burung. Namun begitu, untuk burung lomba, pemberian jangkrik harus diatur sedemikian rupa. Sebab, jangkrik yang dimakan oleh burung bukan hanya sebagai pemenuhan gizi namun berkaitan erat dengan performanya di lapangan.

Waktu pemberian jangkrik yang kurang tepat kerap kali menjadi masalah pada burung saat di lapanga. Burung tidak bisa bekerja dengan baik sehingga kemungkinan mendapatkan bendera nominasi sangat kecil. Karenanya, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat dalam memberikan jangkrik pada burung.

Sebenarnya, waktu pemberian jangkrik sangat bergantung pada sang empunya sebab sang empunyalah yang memberikan rawatan sehingga menjadi kebiasaan. Ada banyak kicaumania yang memberikan jangkrik tanpa melihat waktu dan ada pula yang memperhatikan waktu. Sebagian mereka membiasakan memberikan jangkrik sebelum mandai dan sebagian yang lain  setelah mandi.



Manakah yang paling tepat? Jawabannya tergantung kebiasaan burung. Jika Anda membiasakan memberikan jangkrik pada saat burung belum mandi, ini akan memberikan keuntungan pada Anda sebab burung sudah pasti akan bekerja dengan maksimal di lapangan. Begitu juga, jika Anda membiasakan memberikan jangkrik setelah mandi, jangan sampai Anda merubahnya sebab burung sudah tentu sangat nyaman dengan kondisi ini.

Lalu pertanyaannya, bagaimana untuk burung yang diberikan jangkrik tanpa melihat waktu bagaimana? Ini persoalan yang sulit dijawab karena ini termasuk ke dalam kategori perawatan yang kurang konsisten.

Terlepas dari kebiasaan pada masing-masing burung di atas, waktu pemberian jangkrik yang paling ideal adalah setelah burung mandi. Sebab waktu itu adalah waktu terbaik karena badan burung dalam kondisi fresh sehingga burung makan apapun akan terasa nikmat. Dalam kondisi ini, kondisi fisik burung dalam kondisi segar sehingga makanan apapun yang disantap akan terasa lebih segar dan langsung dicerna dengan baik oleh pencernaan sehingga burung akan lebih sehat.

Tariklah sebuah contoh, Anda akan lebih nikmat makan atau sarapan apapun setelah habis mandi. Anda akan merasakan kenikmatan dan kesegaran makanan yang luar biasa sebab tubuh Anda dalam kondisi fresh. Hal ini berbeda halnya dengan Anda makan sebelum mandi atau bahkan dalam kondisi berkeringat, tentu selain makan kurang lahap, rasa makanan pun sepertinya terasa biasa saja di dalam mulut. Setelah makan pun tidak mendapatkan kesegaran dan kenikmatan yang lebih. Hal inilah yang juga akan dirasakan oleh burung.

Untuk itu, Anda bisa membiasakan mengatur waktu pemberian jangkrik ini pada burung Anda. Pilihlah waktu setelah mandi agar burung merasa lebih nikmat dalam menyantap makanan karena ini akan berpengaruh besar terhadap performa burung. Namun pastikan, sebelum Anda memberikan jangkrik pada burung, burung sudah selesai didis supaya burung lebih menikmati lagi terhadap makanan yang akan disantapnya.

Untuk burung yang sudah terlanjur diseting diberikan jangkrik sebelum mandi, bisa coba rubah setelah mandi. Untuk awal-awal, mungkin burung akan mengalami rekondisi namun tidak menjadi masalah sebab burung sedang dalam penyesuaian dengan setelan baru. Pelan-pelan burung itu akan beradaptasi dengan setelan waktu pemberian jangkrik yang Anda berikan.

Begitu juga untuk burung yang dalam pemberian jangkriknya tidak memperhatikan waktu, mulai sakarang hendaknya sudah mulai disetel. Sebab waktu pemberaian jangkrik seperti ini akan membuat burung Anda jauh ebih bagus.

Waktu Paling Tepat Pemberian Jangkrik pada Burung Pemakan Serangga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

kicau senja said...

Pengganti jangkrik dan serangga hidup lain untuk burung pemakan serangga
Untuk memperkaya pengetahuan, silahkan kunjungi blog kami

Pengganti jangkrik dan serangga hidup lain untuk burung pemakan serangga

Post a Comment