Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, August 26, 2016

Mengenal Ciri-ciri Cucak Ijo Sumatra dengan Lebih Mudah

Tipsburung.com - Penyebaran burung cucak ijo di Indonesia cukup luas. Bukan hanya tersebar di tanah jawa dan Kalimantan, burung cucak ijo juga tersebar luas di pulau Sumatra. Meskipun termasuk ke dalam kategori cucak ijo yang harganya paling murah, namun cucak ijo Sumatra tetap mempunyai potensi untuk bisa bersaing di papan atas.

Cuak ijo Sumatra di pulau jawa memang tidak sebanyak cucak ijo Kalimantan. Namun begitu, cucak ijo Sumatra bukanlah burung yang boleh dianggap remeh. Meskipun harga bakalannya murah, namun bukan berarti cucak ijo Sumatra jelek. Buktinya, banyak juga cucak ijo Sumatra yang menyabet gelar juara di setiap even burung berkicau. 


source: kaskus.co.id

Salah satu contoh cucak ijo Sumatra yang berprestasi adalah cucak ijo bernama Sempu kepunyaan om Anggit  KM Jatim yang sering moncer di blok timur di tengah ramainya cucak ijo banyuwangi. Di Surabaya dan sekitarnya, sebagaimana dilansir dari omkicau.com, cucak ijo sempu ini sering moncer dan sanggup mengalahkan musuh-musuhnya yang mayoritas cucak ijo asal jatim. Ia memiliki performa yang tidak kalah hebat dari cucak ijo jatim sehingga tidaklah mengherankan jika cucak ijo ini sering menyabet juara pertama dalam setiap even burung berkicau.

Fakta di atas menunjukkan bahwa cucak ijo manapun jika dirawat dengan baik tetap akan bisa tampil dan bahkan juara. Namun begitu, kepopuleran cucak ijo banyuangi dan jember sebagai ras cucak iji terbaik memang tidak bisa disalahkan karena cucak ijo jatim memang sudah terbukti kehebatannya selama ini.

Untuk mengenali cucak ijo Sumatra sangatlah mudah karena mempunyai ciri fisik yang sangat mencolok. Lebih jelasnya, akan diuraikan dalam uraian berikut.



  • Cucak ijo Sumatra mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil daripada cucak hijau banyuwangi atau jember dan Kalimantan.
  • Warna tubuh berwarna ijo agak kekuning-kuningan
  • Kepala atas bagian depan terdapat bulu berwarna kuning
  • Pada bagian pipi sampai bawah paruh terdapat bulu berwarna biru mengkilat
  • Ukuran tubuh tidak panjang dan juga tidak pendek, alias proporsional
  • Bentuk ekor cucak ijo Sumatra lurus kaku dan agak pendek.
  • Ketika ngentrok, burung cucak ijo Sumatra jambulnya akan berdiri bagus.
  • Volume tajam namun kadang monoton. Tetapi ketika bertemu musuh, langsung mengeluarkan lagunya secara variatif.

Itulah beberapa ciri dari cucak ijo Sumatra yang perlu Anda kenali. Tidak perlu memandang ras dalam memilih burung cucak hijau sebab ras kadang kala menipu karena tidak semua burung yang ber-ras bagus akan menghasilkan keturunan yang juga bagus. Begitu juga sebaliknya, tidak semua burung dari ras yang diklaim jelek menghasilkan keturunan yang jelek. Semuanya kembali pada kualitas setiap burung dan perawatan yang diberikan.

Dari manapun asalnya, asal burung itu bagus dan menang di lapangan, sikat saja. Sebab, koncer dan performa burung saat di lapangan tidak sepenuhnya ditentukan oleh ras. Jika ada cucak ijo asal Sumatra namun bisa mengimbangi lawan-lawannya dengan baik, tidak ada salahnya jika Anda berniat meminangnya.

Mengenal Ciri-ciri Cucak Ijo Sumatra dengan Lebih Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment