Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, August 22, 2016

Mengungkap Manfaat Kecambah untuk Burung Love Bird

Tipsburung.com - Salah satu pakan yang juga sangat penting diberikan pada burung love bird adalah kecambah. Pakan ini mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan burung. Nutrisi ini diperoleh bukan hanya dari kedelainya namun terlebih dalam proses perkecambahan (germinasi). Sebab selama prose itu, terjadi pembentukan asam-asam amino esensial yang berfungsi untuk penyusun protein.

Adapun kandungan gizi yang terdapat dalam kecambah ialah seperti vitamin A, vitamin C, vitamin C dan beberapa mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, serat, folat, asam amino, dan protein. Adapun kandungan kecambah dalam setiap 100 gram, sebagaimana dilansir dari smallcrab.com (22/08/’16) ialah sebagai berikut.




Energi         :50,00 kal
Protein         :5,70 gram
Lemak         :0,10 gram
Karbohidrat     :10 gram
Kalsium     :32 mg
Potasium     :235 mg
Seng         :960 mg
Asam folat     :160 mg
Fosfor         :96 mg
Kalium         :125 mg
Zat besi     :1,10 mg
Vitamin A    :13.00 RE
Vitamin B     :10.13 mg
Vitamin B     :20,15 mg
Vitamin C     :20,00 mg
Niacin         :1,00 mg
Serat         :0,70 gram

Dari kandungan gizi di atas, tentu saja pemberian kecambah ini sangat penting diberikan pada burung love bird sebab memang sangat menyehatkan. Namun begitu, kecambah ini hanya sebagai pakan tambahan atau EF dan karenanya hanya boleh diberikan sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak, burung bisa kelebihan birahi karena kecambah mengandung protein (nabati) yang sangat tinggi.

Kecambah pada burung love bird bisa meningkatkan sistem imun sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit. Pun kecambah dapat melancarkan sistem penecernaan, metabolisme dan birahi burung. Kecambah juga mampu meningkatkan kesuburan burung sehingga sangat cocok diberikan pada burung love bird yang disipakan untuk bereproduksi di sangakar penangkaran. Kecambah juga mampu menurunkan berat badan sehingga penting dimasukkan ke dalam menu diet burung yang biasanya sering mengalami penambahan berat badan selama berproduksi.

Kecambah juga bisa meningkatkan stamina burung love bird sehingga Anda tidak perlu menggunakan obat-obatan tertentu untuk meningkatkan performa burung di lapangan. Sebab, kecambah ini mengandung gizi yang sangat lengkap, termasuk di dalamnya protein hayati, yang bisa membantu meningkatkan stamina dan performa burung saat lomba sehingga bisa tampil maksimal di lapangan.

Untuk memanfaatkan kecambah pada burung love bird ini, Anda bisa langsung mendapatkannya di pasar-pasar tradisional, superindo, atau kios-kios sayur terdekat. Di samping itu, Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara berikut.

  • Siapkan bahan kecambah yang terdiri dari kacang hijau secukupnya dan air bersih sesuai dengan takaran kacang hijau.
  • Siapkan peralatan yang terdiri dari nampang yang berlubang layaknya saringa, baskom, dan kain untuk serbet.
  • Kacang hijau dicuci dan rendam dalam panci hingga 2-3 jam dan buang yang mengambang atau kempes.
  • Letakkan kain bersih dalam nampang sebagai lapis untuk menyaring kacang hijau. Selanjutnya siram menggunakan air bersih.
  • Tutup nampan dengan menggunakan daun pisang atau serbet lain
  • Taruh nampan ke dalam baskom lalu siram lagi dengan menggunakan air bersih sampai rata. Lakukan penyiraman ini setiap 5 jam sekali sebanyak 5 kali
  • Pada hari ketiga, Anda sudah bisa memanen kecambah tersebut dan siap diberikan pada burung love bird
  • Semakin sering Anda menyiram maka akan semakin cepat Anda memanen kecambah. Begitu juga, semakin lama Anda menyiram kecambah akan semakin panjang.

Sebaiknya, sebelum diberikan pada burung, cuci dan bersihkan kecambah terlebih dahulu untuk lebih menjaga keheginisan kecambah. Selamat mencoba…


Mengungkap Manfaat Kecambah untuk Burung Love Bird Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment