Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, August 9, 2016

Perawatan Burung Sikatan Supaya Gacor Setiap Hari

Tipsburung.com - Sikatan atau Srikatan adalah burung yang mempunyai ekor yang selalu mekar ketika berbunyi hingga menyerupai kipas sehingga burung ini juga disebut sebagai burung Kipasan. Burung ini biasanya hidup di dekat-dekat kotoran hewan seperti sapi dan ayam. Hal ini disebabkan karena burung ini banyak memakan hewan-hewan kecil yang berterbangan di sekitar kotoran hewan tersebut.

Burung yang hiper aktif ini di samping banyak dipelihara sebagai burung klangenan, juga banyak dipelihara sebagai burung master. Hal ini disebabkan karena burung ini mempunyai suara yang bagus dan bernada ngerol sehingga sangat bagus untuk dibuat materi rol pada burung berkicau. Bahkan burung ini juga kerap dipelihara sebagai burung perangsang untuk Murai Batu supaya bisa berkicau dengan lebih rajin. Beberapa penangkar Murai Batu pun juga rupanya banyak yang memanfaatkan burung Sikatan ini supaya burung selalu dalam kondisi yang nyaman.



Memelihara burung Sikatan ini gampang-gampang susah sebab burung ini susah hidup, apalagi sampai gacor. Karenanya, banyak penghobi burung yang sering gagal dalam memelihara burung ini. Namun dengan perawatan yang tepat, burung ini bisa gacor sebagaimana burung-burung lain pada umumnya.

Adapun cara merawat burung Sikatan supaya gacor setiap hari ialah sebagai berikut.

Masalah mandiUntuk mandi, burung Sikatan tidak membutuhkan mandi setiap hari. Karenanya, sesuaikan dengan kebutuhan burung, apakah mau mandi dua hari kali, tiga hari sekali, atau setiap minggu sekali. Untuk itu, lalukan eksperimen untuk mendapatkan stelan mandinya.

Masalah penjemuranUntuk masalah penjemuran, sebaiknya dilakukan setiap hari sebab burung yang mendapatkan sinar matahari setiap hari bisa menjadi lebih sehat. Namun begitu, batasi durasi penjemuran tersebut sesuai dengan karakter burung. Dan yang pasti pula, waktu terbaik untuk menjemur burung Sikatan ini ialah pada pagi hari. Sebab sinar matahari pagi banyak mengandung vitamin yang sangat dibutuhkan oleh burung, utamanya dalam memelihara kesehatan dan mengobati berbagai penyakit.

Masalah EFUntuk EF seperti jangkrik harus diberikan setiap hari, pagi dan sore. Selain itu, Anda bisa memberikan kroto dua kali seminggu guna mendongkrak performa dan frekuensi bunyi burung. Ulat pun bisa Anda berikan pada burung karena pada hakikatnya burung mungil ini menyukai semua jenis serangga dan hewan kecil-kecil lainnya.

Masalah sangkarKarena burung Sikatan ini termasuk burung yang hiper aktif, maka sangat disarankan untuk memberikan sangkar yang agak besar. Hal ini bertujuan supaya burung menjadi bebas bergerak sehingga tidak hanya akan membuatnya menjadi lebih sehat namun frekuensi kicaunya juga akan bertambah.

Masalah tempat
Kadang kala, burung ini menjadi sangat pemalu sehingga jika ada manusia di dekatnya jarang berbunyi. Karenanya, sebisa mungkin burung ini ditempatkan di lokasi yang aman dan sepi supaya burung bebas berbunyi. Namun jika burung Sikatan Anda mau berbunyi di tempat manapun, sepertinya Anda ettap harus memberikan tempat yang sangat nyaman pada burung ini supaya selalu merasa aman dari gangguan apapun.

Demikian cara memberikan rawatan pada burung sikatan supaya menjadi agcor setiap hari. Semoga bermanfaat…!!!

Perawatan Burung Sikatan Supaya Gacor Setiap Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment