Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, August 25, 2016

Tanda-tanda Cucak Ijo Banyuwangi Paling Akurat

Tipsburung.com - Cucak ijo banyuwangi adalah cucak ijo yang berasal dari kawasan banyuwangi. Penyebaran cucak ijo ini sangat luas yang meliputi beberapa hutan di daerah banyuwangi seperti kaki gunung ijen, alas pesanggaran, alas songgon, dan alas purwo. Dan di antara beberapa daerah tersebut, cucak ijo dari alas purwo dalam sejarahnya adalah yang terbaik. Konon, cucak ijo dari alas ini mempunyai keistimewaan yang luar biasa daripada cucak ijo dari daerah lain, baik dari segi mental maupun kicauan.

source: mediabnr.com

Di tengah semakin langkanya populasi cucak ijo di banyuwangi, membuat banyak para bakul burung melakukan manipulasi dengan mengklaim cucak ijo dagangannya sebagai cucak ijo banyuwangi. Padahal jika ditilik dengan cermat, kerap kali ditemukan bahwa burung tersebut bukanlah cucak ijo banyuwangi. Hal seperti ini sangat sering terjadi, baik di jual beli buurng online maupun di pasar atau kios-kios burung.

Banyaknya klaim bakul burung di pasaran sebagai cucak ijo banyuwangi terhadap barang dagangannya tidak lepas dari harga burung banyuwangi yang dalam sejarahnya memang sangat bagus, jauh melebih cucak ijo dari daerah lainnya. Karenanya, burung cucak ijo banyuwangi sangat mahal bahkan harganya bagi pemula hingga di luar nalar sehat. Bayangkan saja, burung cucak ijo yang baru ditangkap dari hutan saja harganya sudah berkisar sekitar 1.000.000.

Namun begitu, untuk saat ini, burung cucak ijo banyuwangi sudah sangat jarang ditemukan. Kalau pun ada, ya harganya sangat melabung sebagaimana di atas. Namun begitu, saat ada seseorang atau bakul yang mencoba menawarkan cucak ijo pada Anda dan diklaim sebagai cucak ijo banyuwangi, Anda jangan langsung tergiur. Telitilah terlebih dahulu dengan seksama, apakah burung cucak ijo tersebut memang cucak ijo banyuwangi atau bukan. Jangan sampai Anda terkecoh sehingga tertipu oleh bakul yang hanya ingin mendapatkan untung besar dari penderitaan konsumen.

Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa ciri dari cucak ijo banyuwangi tulen yang sangat penting untuk Anda ketahui sebelum Anda tertipu.

  • Pada umumnya, cucak ijo banyuwangi mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar daripada cucak ijo dari daerah lain. Namun begitu, ada juga beberapa jenis cucak ijo banyuwangi yang mempunyai ukuran tubuh lebih kecil.
  • Baik kecil maupun besar, tampilan postur tubuh cucak ijo banyuwangi panjang dan melengkung ke bawah.
  • Warna bulu cucak ijo banyuwangi hijau terang dan tajam, tidak ada unsur warna kuning (kekuningan) sedikit pun.
  • Bentuk ekor cucak ijo banyuwangi lebih panjang daripada cucak ijo daerah lain. Ekor ini terlihat lentur dan melengkung ke bawah sehingga tampak seperti bulan sabit.
  • Ketika ngentrok, burung cucak ijo banyuwangi jambulnya akan berdiri lebih bagus dan full njegrik dengan gaya yang aktraktif.
  • Ketika tidak sedang ada musuh, bunyi burung cucak ijo banyuwangi monoton dan tidak keras. TetapI ketika ada musuh, lagunya variatif dan tajam.

Itulah beberapa ciri dari cucak ijo banyuwangi yang harus Anda ketahui sebelum Anda hunting di pasar atau forum-forum jual beli burung online. Namun ada hal yang harus Anda ketahui, penyebutan cucak ijo banyuwangi sering kali tidak hanya merujuk pada cucak ijo yang berasal dari banyuwangi saja namun cucak ijo yang berasal dari daerah lain seperti jember dan sekitarnya. Pun banyak pedagang dan konsumen yang menyebut cucak ijo ini sebagai cucak ijo jawa timur. Hal ini disebabkan karena cucak ijo banyuwangi dan jember mempunyai ciri yang sangat identik.

Tanda-tanda Cucak Ijo Banyuwangi Paling Akurat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment