Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, August 24, 2016

Terapi Lapar, Trik Jitu Membuat Burung Cepat Jinak

Tipsburung.com - Pada burung-burung tertentu, penjinakan sangat susah dilakukan. Selain karena faktor karakter burung yang memang susah jinak, jika ia burung muda hutan, mungkin faktor umur burung yang sudah terlalu tua. Kemungkinan lainnya adalah faktor rawatan dan cara penjinakannya yang salah.


Seperti sudah mafhum bahwa untuk menjadi burung yang gacor siang dan malam, modal utama burung harus jinak. Jika tidak, usaha apapun yang Anda lakukan untuk menggacorkannya tidak akan pernah berhasil dengan baik. Meskipun berbunyi, kemungkinan burung hanya akan berbunyi jika kondisi sedang sepi dan itupun dengan frekuensi yang jarang sekali.

Ada banyak alasan burung menjadi giras atau tidak jinak seperti burung muda hutan atau burung yang stres akibat lepas maupun sangkar terjatuh. Untuk burung-burung ini, tidak akan bersahabat dengan manusia, utamanya burung muda hutan atau hasil tangkapan tersebut. mengapa? Selain secara psikologis mereka sedang mengalami gangguan, burung juga belum beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Ada banyak trik dan tips bagaimana menangani burung yang masih liar ini. Setiap penghobi burung mempunyai cara sendiri-sendiri. Namun begitu, ada kalanya tips yang Anda lakukan kurang efektif karena membutuhkan waktu yang lama. Untuk itu, di sini akan dijelaskan tips yang paling jitu menurut tipsburung.com dalam menangani burung liar sehingga lebih cepat jinak.

Tips tersebut tidak lain adalah terapi lapar. Maksudnya, burung selalu dikondisikan dalam keadaan lapar sehingga akan bertergantungan pada sang majikan/ empunya. Teknik ini memang sangat efektif menangani segala jenis burung burung yang masih liar tersebut. Adapun caranya ialah sebagai berikut.

  • Pastikan burung sedang dalam kondisi sehat, sudah ngevor, dan doyan ekstra foding.
  • Jika burung pemakan serangga, maka voer diberikan dengan takaran sangat sedikit. Begitu pada burung pemakan biji-bijian, sebaiknya biji-bijian juga diberikan dalam jumlah kecil.
  • Jangan terlalu banyak memberikan jangkrik atau ekstra foding lainnya supaya perut burung tidak selalu dalam kondisi penuh.
  • Pagi hari sebelum dimandikan, goda burung dengan menggunakan jangkrik atau pakan lainnya. Jika burung masih takut dengan Anda, gunakan alat bantu lidi. Saat Anda menggodanya, usahakan burung terus mengejar jangkrik yang ada di tangan Anda sementara Anda terus menggodanya. Jika jangkrik terkena tangkap oleh burung, cukup batasi dua jangkrik saja supaya burung tetap dalam kondisi lapar.
  • Saat jemur, usahakan semua pakan dicabut, kecuali minum. Selain khawatir terkontaminasi, ini juga sebagai terapi supaya burung tetap dalam kondisi lapar.
  • Sehabis diangkat dari jemuran, goda lagi burung seperti di atas. Gunakan jangkrik atau pakan lainnya untuk menggodanya. Jika masih takut pada Anda, gunakan lagi alat bantu lidi. Batasi pemberian jangkrik hanya satu saja.
  • Selanjutnya, masukkan voer dengan takaran sebanyak ¼ cepuk atau kurang, lalu burung boleh dikondisikan, baik dikerodong lagi atau diumbar sebagaimana burung harian.
  • Sore hari, burung diberikan jangkrik lagi namun hanya dua ekor saja. Tetapi sebelum diberikan, goda burung kembali dengan jangkrik sebagaimana di atas. Setelah bermain-main dirasa sudah cukup, jangkrik bisa langsung diberikan pada burung.
  • Lakukan tips ini setiap hari hingga burung berketergantungan pada Anda dan jinak.

Demikian teknik terapi lapar untuk menjinakkan burung yang dapat Anda lakukan untuk burung-burung stres atau bakalan Anda. Dengan teknik ini, diharapkan burung Anda bisa jinak lebih cepat supaya Anda tidak bingung dan stres memikirkannya. Dan biasanya, jika tips di atas dilakukan dengan baik, kurang dari seminggu burung sudah bisa jinak.

Terapi Lapar, Trik Jitu Membuat Burung Cepat Jinak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment