Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, August 7, 2016

Terapi Sauna Menggunakan Daun Jeruk untuk Menurunkan Birahi Burung Love Bird

Tipsburung.com - Pada artikel terdahulu telah dijelaskan mengenai khasiat daun jeruk terhadap burung yang gagal mabung atau mabung tidak tuntas. Dalam hal ini, daun jeruk sangat efektif menjatuhkan bulu burung sehingga proses mabung kembali berlanjut. Untuk selengkapnya, Anda bisa membacanya kembali di sini, Daun Jeruk Tuntaskan Burung Gagal Mabung.

Ternyata selain mampu menutaskan mabung, daun jeruk juga mempunyai manfaat menurunkan birahi burung Love Bird. Berdasarkan pengalaman beberapa para pemain burung paruh bengkok ini, daun jeruk juga bisa dijadikan media terapi untuk menurunkan birahi burung Love Bird. Namun begitu, daun jeruk dimaksud di sini bukanlah daun jeruk sembarangan tetapi daun jeruk purut yang biasa dibuat sebagai bumbu pelengkap untuk sayur yang mempunyai aroma yang khas.

Nah, sebagaimana diketahui bahwa burung Love Bird termasuk ke dalam kategori burung yang paling susah dikendalikan jika sudah mengalami over birahi. Bahkan jika sudah terlanjur over birahi dengan level yang ekstrem, perilaku burung ini juga bisa sangat ekstrem, seperti mencabuti bulu dadanya hingga habis. Kondisi ini merupakan keluhan umum bagi pemain burung Love Bird sehingga tidaklah heran jika burung Love Bird dikenal sebagai burung yang sangat sensitif.

Berbagai metode sudah dicoba namun kadang kala tetap tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Hal ini disebabkan karena penurunan level birahi pada burung Love Bird  ini memang sangat susah. Maka dari itu, dalam konteks ini, Anda bisa mencoba melakukan metode terapi sauna dengan menggunakan daun jeruk ini dengan cara sebagai berikut.


daun jeruk purut
  • Ambil beberapa daun jeruk, cuci sampai bersih, lalu rebus dalam panci sampai mendidih. Pastikan air tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit juga, disesuaikan dengan banyaknya daun jeruk.
  • Dalam kondisi panas, air bisa langsung dituangkan ke dalam baskom berukuran kecil. Pastikan sebelumnya Anda telah mempersiapkan baskom yang berukuran lebih kecil dari tebok supaya lebih mudah dalam pelaksanaan terapi.
  • Setelah itu, ambil burung Love Bird Anda lalu dudukkan tebok di atas baskom yang berisi air dan masih mengeluarkan asap tersebut. Sebelum ditaruh, periksa resleting kerodong terlebih dahulu lalu tutup sampai rapat. Pastikan tidak ada celah sedikitpun pada kerodong biar penguapan yang terjadi maksimal. Pastikan pula kerodong tersebut tidak hanya menutupi sangkar saja namun juga menutupi baskom.
  • Tunggu antara 5 sampai 10 menit lalu angkat sangkar burung tersebut, buka kerodong supaya burung mendapatkan udara segar. Sedangkan air rebusan dan daun jeruk dibuang dan terapi diulangi lagi esok harinya.
  • Waktu terbaik melakukan terapi sauna ini ialah sehabis magrib atau jam 06:00 WIB

Saat melakukan terapi sauna ini, jangan lupa untuk selalu waspada dan kontrol burung setiap waktu selama melakukan terapi. Sebab, terapi ini sangat ekstrem dan karenanya sangat berbahaya. Jika burung Love Bird Anda ternyata tidak kuat, jangan dipaksakan. Lebih baik terapi dihentikan dan Anda bisa mencobanya lagi esok hari.

Terapi Sauna Menggunakan Daun Jeruk untuk Menurunkan Birahi Burung Love Bird Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment