Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, August 8, 2016

Cara Merawat Anakan Sogok Ontong Supaya Bisa Hidup dan Cepat Besar

Tipsburung.com - Sogok Ontong yang dipelihara dari jelas mempunyai peluang gacor lebih besar daripada Sogok Ontong yang didapat dari hasil jaringan atau pikatan. Sebab burung yang dipelihara dari loloh, mempunyai adaptasi yang sangat baik dengan manusia sehingga sangat lulut. Tidak hanya itu, Sogok Ontong yang dipelihara dari loloh juga bisa lebih bagus ocehannya sebab ketika berbunyi ia bisa lebih los. Ketika berbunyi, burung bisa mengeksplorasi gayanya dengan sangat sempurna sehingga persis seperti di alam bebas.


Burung Sogok Ontong yang bagus dijadikan master burung master pada umumnya adalah Sogok Ontong yang dipelihara dari kecil. Bukan hanya karena persoalan jinaknya namun lebih pada kegacorannya. Apalagi jika burung Sogok Ontong ini saat masih kecil dimaster dengan suara masteran yang bagus, tentu hasilnya akan jauh lebih bagus lagi.

Jika Anda hendak memelihara burung Sogok Ontong ini dari kecil atau loloh, Anda harus bisa memberikan pakan yang baik pada anakan burung berparuh panjang ini. Sebab jika tidak, burung bisa berisiko mengalami kematian atau mengalami gizi buruk sehingga tidak kunjung besar. Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara yang paling baik dalam memberikan rawatan dan pilihan pakan yang baik untuk burung Sogok Ontong ini.

Jemur setiap pagi 

Pagi hari sebaiknya burung anakan Sogok Ontong dijemur supaya bisa mendapatkan vitamin D. Lama durasi penjemuran sebaiknya tidak lebih dari 15 menit.


Tidak perlu dikerodong Anakan burung Sogok Ontong sebaiknya tidak dikerodong supaya bisa mendapatkan udara yang baik. Jika cuaca ekstrem, pengerodongan bisa dilakukan. Namun begitu, alangkah lebih baik jika Anda memindahkannya saja ke kamar yang lebih nyaman.

Air gula pasirAir gula meskipun tidak terlalu baik untuk dilolohkan pada anakan Sogok Ontong namun juga sangat penting. Sebab, air gula menjadi sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan air gula ini menjadi sumber tenaga yang paling untuk burung. Karenanya, sesekali Anda perlu melolohkan air gula ini pada burung dengan cara diteteskan pada paruhnya.

Susu kentalSesekali Anda juga perlu menyuapkan susu kental ke paruh burung Sogok Ontong sebab pakan ini mengandung banyak nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan pemberian susu yang dilakukan setiap hari, akan membuat anakan burung cepat gemuk sehingga akan lebih cepat besar.

Berikan krotoKroto juga sebagai pakan burung yang mempunyai nutrisi yang sangat bagus untuk burung. Karenanya, anda bisa mengoplos kroto ini dengan susu kental supaya burung mau memakannya. Namun jika burung mau diberikan langsung, tampaknya tidak menjadi masalah.

Berikan voer

Saat anakan burug Sogok Ontong sudah mulai besar dan sehat, Anda bisa memberikan voer halus ke dalam menu pakan lolohan burung. Caranya adalah campur dengan susu atau air gula. Voer ini sangat penting diberikan pada burung Sogok Ontong karena juga banyak mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan burung Sogok Ontong yang sudah terbiasa makan voer, cara rawatannya pun akan lebih mudah.

Voer ini hanya boleh diberikan jika Anda ingin Sogok Ontong Anda kelak bisa makan voer sebagaimana burung pemakan serangga lainnya. Jika tidak, Anda tidak menjadi masalah jika tidak mau memberikannya. Sebab, jika salah dalam memlolohkannya, anakan burung Sogok Ontong bisa keselek dan berisiko mati.

Demikian cara memelihara dan beberapa pakan yang sangat penting dilolohkan pada anakan burung Sogok Ontong, semoga bermanfaat.

Cara Merawat Anakan Sogok Ontong Supaya Bisa Hidup dan Cepat Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment